Tips Membuat Kambing Guling yang Empuk

Komentar

kambing guling via berkah-kambing-guling.blogspot.com

Kambing guling adalah membakar bagian tubuh secara utuh di atas tungku pembakaran. Biasanya kambing guling digunakan untuk acara-acara tertentu, salah satunya adalah acara aqiqah. Sehingga, banyak orang yang mencari cara membuat kambing guling yang empuk dan enak.

Kambing guling itu sebutan dari hewan kambing yang sudah dikuliti semua, di buang jeroannya dan kepalanya, jadi yang tersisa hanya daging kambing yang masih berbentuk seperti tubuh kambing dan proses pematangannya di bakar.

Awal mula adanya kambing guling yaitu Warga Negara Timur sering melakukannnya untuk kebutuhan makanan. Biasanya kambing guling ini disajikan sudah berbentuk irisan daging yang di tempatkan di wadah prasmanan, tetapi ada juga yang tidak mau di iris, jadi masih berbentuk daging.

Agar rasa kambing guling lebih enak, kita pilih kambing muda karena dagingnya belum banyak lemaknya, masih padat dan empuk, kebalikan dari kambing tua.

Baca Juga : Ketahui Syarat Kambing Aqiqah Sesuai dengan Syariat Islam Sebelum Membelinya

Ingin Tahu Cara Bikin Kambing Guling Yang Empuk? Yuk simak

Kali ini, kami bakalan ngasih tahu Bunda cara bikin kambing guling yang empuk. Simak yang baik yah, biar rasa kambing gulingnya mantap dan lezat.

Bahan utama

ilustrasi kambing aqiqah via kambingaqiqahjakarta.com

1 ekor kambing guling muda yang ukurannya bisa disesuaikan dengan budget. Minta tukang potong kambing buat membersihkan bagian isinya, dan juga dibuang kepala serta kakinya. Biar gak mubazir, kepala sama kakinya bisa dijadikan tambahan sop kaki kambing atau tongseng kambing juga Bun.

Bahan untuk bumbu

  • 150 gram gula merah
  • 100 mili liter minyak goreng
  • 1 botol kecap manis (bebas mereknya Bun)
  • ¼ kilogram bawang putih yang sudah dihaluskan
  • ½ kilogram ketumbar yang sudah disangrai dan dihaluskan
  • 1 sendok teh biji pala halus
  • 1 sendok makan lada bubuk
  • 2 sendok makan garam
ilustrasi bahan bumbu via deddyabdikarsa.blogspot.com

Bumbu cocolan saus sambal kambing guling

  • Daun jeruk 30 lembar
  • Bawang merah 200 gram yang sudah dipotong-potong
  • Jeruk limau 10 buah kecap manis ½ botol
  • Tomat ½ kilogram yang dipotong kotak-kotak kecil
  • Cabe hijau ¼ kilogram yang sudah dirajang

Cukup banyak sekali perlengkapan bumbunya ya Bun? Ya iyalah, namanya juga bikin makanan buat acara aqiqah buah hati tersayang.

Cara bikin kambing guling empuk

ilustrasi kambing guling enak via malesbanget.com
  1. Siapkan 1 kambing muda yang sudah dibersihkan bagian isi perut, kaki dan kepalanya.
  2. Siapkan sebuah wadah besar dan masukkan bahan-bahan seperti gula merah yang diiris tipis, minyak goreng, kecap manis, bawang putih, ketumbar dan juga biji pala. Tak ketinggalan juga lada bubuk dan 2 sendok garam. Aduk hingga merata Bun biar mantap.
  3. Setelah siap, lumuri daging kambing dengan bumbu tersebut ke semua bagian. Biar gampang, gunakan tangan saja sehingga setiap bagiannya terolesi.
  4. Nah biar bumbu meresap dengan sempurna, diamkan kambing guling itu selama 1 jam. Biar ga kesel nunggu lama, mendingan ngaji dulu atau nonton tausiyah biar berpahala juga Bunda puasanya. Sekalian biar ga terlalu kepikiran gimana rasanya tuh kambing.
  5. Sembari nunggu juga, siapkan panggangan khusus buat kambing guling yang bisa Bunda beli di toko khusus perlengkapan alat panggang atau barbeque. Nah panggang tuh kambing di atas bara api sambil diputar-putar layaknya kambing yang sedang bergulingan. Sebaiknya gantian buat memutar alat tersebut biar gak pegal. Jarak terbaik buat manggang kambing biasanya 40 cm dari atas batu bara.
  6. Sesekali olesi juga kambing tersebut dengan sisa bumbu yang sebelumnya sudah dioles. Terus panggang kambingnya Bun hingga berubah warna dan terlihat cukup matang.
  7. Biar gak saling berebut, iris daging kambing itu ke setiap piring yang sudah dikasih kecap manis.
  8. Untuk saus sambel cocol, Anda bisa mencampur semua bahan saus sambal dan aduk hingga merata.

Agar lebih mantap, yuk simak video di bawah ini

Demikian artikel tentang cara membuat kambing guling yang empuk. Cukup mudah kan Bunda resep bikin kambing guling yang empuk. Bisa dicoba untuk acara aqiqah buah hati, selain itu bisa dijadikan sebagai masakan berbuka puasa. Semoga bermanfaat.
Top