Pengertian Tabayyun Adalah? Berikut Kami Jelaskan Lengkap dan Terperinci

Komentar

rajakamil.biz

Banyak orang yang keliru arti tabayyun yang sebenarnya. Karena selain tabayyun ada juga yang namanya Tatsabbut..

Dibawah ini pengertian dari tabayyun itu apa. Simak penjelasan berikut ini...

Apa itu tabayyun, Arti Tabayyun? Pengertian tabayyun dibedakan menjadi dua, yaitu pengertian secara bahasa dan istilah.

Secara bahasa tabayyun adalah mencari kejelasan tentang sesuatu hingga jelas dan benar keadaan sesungguhnya. Secara istilah tabayyun adalah meneliti dan menyeleksi suatu berita, tidak secara tergesa-gesa dalam memutuskan suatu permasalahan baik dalam perkara hukum, kebijakan dan sebaginya hingga sampai jelas benar permasalahnnya, sehingga tidak ada pihak yang merasa terdzolimi atau tersakit.

Tabayyun sangat dibutuhkan di zaman yang penuh fitnah ini. Allah SWT telah memerintahkan kita untuk tabayyun,

Allah Ta'ala berfirman:

يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوْا أَنْ تُصِيْبُوْا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوْا عَلىَ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِيْنَ
“Wahai orang-orang yang beriman, apabila datang kepada kalian orang fasiq dengan membawa berita, maka periksalah dahulu dengan teliti, agar kalian tidak menuduh suatu kaum dengan kebodohan, lalu kalian menyesal akibat perbuatan yang telah kalian lakukan.” (QS. Al Hujurat : 6).

Imam Asy Syaukani rahimahullah berkata, “Yang dimaksud dengan tabayyun adalah memeriksa dengan teliti dan yang dimaksud dengan tatsabbut adalah berhati-hati dan tidak tergesa-gesa, melihat dengan keilmuan yang dalam terhadap sebuah peristiwa dan kabar yang datang, sampai menjadi jelas dan terang baginya.” (Fathul Qadir, 5:65).

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Allah SWT berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu pergi [berperang] di jalan Allah, maka lakukanlah tabayyun (telitilah) dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan “salam” kepadamu: “Kamu bukan seorang mu’min” [lalu kamu membunuhnya], dengan maksud mencari harta benda kehidupan di dunia, karena di sisi Allah ada harta yang banyak. Begitu jugalah keadaan kamu dahulu lalu Allah menganugerahkan ni’mat-Nya atas kamu, maka telitilah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al-Qur’an, Surah An-Nisa, Ayat 94).

Manfaat tabayyun

1. Menjaga Silaturahmi

Silaturahim bisa saja punah hanya karena informasi yang diberikan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Informasi yang salah dapat merusak silaturahim yang sudah dibangun sejak lama. Untuk itu jagalah silaturahim dengan menajga dan melaksanakan tabayyn sebelum menyebarkan berita ke khalayak umum

2. Informasi yang diberikan valid

Dengan adanya tabayyun maka segala informasi akan dipastikan terlebih dahulu kebenaran dan keberadaannya, tentu jika kebenaran dan keberadaan ini salah akan membuat masalah nantinya. Untuk itu tabayyunilah terlebih dahulu apa yang kau dengar, jika itu benar adanya boleh lah kau berikan berita itu kepada orang lain. Jika tidak benar, berhentilah sampai pada mu saja.

3. Menjaga persahabatan

Persahabatan pun dapat hancur karena informasi yang tidak di tabayyuni terlebih dahulu. Untuk itu pentingnya tabayyun sangat kuat. Agar tidak sembarangan memberikan informasi kepada setiap orang. Dengan prinsip ini setiap orang akan lebih banyak mendapatkan informasi yang benar dari pada yang salah.

4. Menyelamatkan dari salah paham

Kesalahpahaman sering terjadi dalam suatu hubungan, kesalahpahaman dapat dikatakan sangat sulit dihindari, karena kesalahpahaman ini dapat berdampak buruk. Untuk itu sebelum kesalah pahaman meraja lela, lebih baik melakukan tabayyun terlebih dahulu dengan apa yang kau dengar, carilah kebenarannya terlebih dahulu maka kamu akan mengetahuinya. Jika berita itu benar adanya, maka kesalah pahaman akan dapat dikurangi adanya.

5. Tidak menyebarkan berita hoax

Saat ini berita hoax sangat banyak ada di sosial media. Untuk itu janganlah sering-sering menyebarkan berita jika kau tidak mengetahui atau belum mentabayyuni kejadian pastinya. Agar kamu tidak ikut menyebarkan berita hoax

6. Menjaga lisan dari dosa
Lisan yang penuh dosa adalah lisan dimana lisan itu tidak digunakan dengan baik, artinya banyak menyebarkan berita bohong. Sehingga dapat menimbulkan perpecahan. Dengan adanya tabayyun akan membantu menjaga lisan agar tidak menyebarkan berita bohong.

7. Memberikan ketentraman pada jiwa

Jika perlakuan baik, maka jiwa akan tenang, begitu pula dingan lisan dan diri ini, jika lisan tidak pernah mengatakan hal yang menyakiti atau menyusahkan jiwa maka jiwa pun akan merasa tenang.

8. Menghindari dari fitnah
Berita yang salah dapat menyebabkan fitnah yang kejam, untuk itu mengklarivikasi berita terlebih dahulu sangat penting agar jatuhnya tidak menajadi fitnah.

Karena itu, dalam ajaran Islam terdapat tradisi yang disebut dengan tabayyun. Tabayyun merupakan mencari kejelasan tentang sesuatu hingga jelas benar keadaannya. Sedangkan secara istilah tabayyun adalah meneliti dan meyeleksi berita, tidak tergesa-gesa dalam memutuskan masalah baik dalam hal hukum, kebijakan dan sebagainya hingga jelas benar permasalahannya.

Demikianlah artikel kali ini tentang tabayyun dalam islam, semoga bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan kita lebih mawas diri akan informasi yang masuk. Terima Kasih.
Top