Seorang Ibu Harus Bisa Mengajarkan 8 Hal ini Kepada Anak Laki-Laki Mereka



pesantrentahfidzonline.blogspot.com

Sebagai seorang Ibu yang mempunyai anak laki-laki, bunda harus mengajarkan kepada mereka segala hal untuk menjadi sosok lelaki yang baik dan idaman. Berikut apa yang bisa diajarkan seorang Ibu kepada anak lelaki mereka.

1. Menghormati wanita
Laki-laki yang gentleman harus bisa menghormati wanita. Karena itu sedari kecil anak laki-laki harus diajarkan untuk menyadari perbedaan peran mereka dengan wanita, dan tidak menyakiti apalagi melecehkan wanita tetapi harus menghormati mereka.

Menghargai dan menghormati wanita dapat ditunjukkan dengan hal-hal sederhana seperti mendahulukan wanita saat berpapasan di depan pintu, hingga mendahulukan kepentingan wanita (istrinya) dalam mengambil keputusan.

Wanita ingin dihargai, salah satu caranya adalah dengan mendengarkan pendapat mereka. Anak kecil diajari untuk mendengarkan pendapat orang lain dan mengambil keputusan dengan mempertimbangkan pendapat orang tersebut.

2. Berani
Menjadi pemberani untuk seorang laki-laki itu harus. Dan Ibu sepatutnya bisa mengajarkan keberanian pada anak laki-lakinya agar kedepannya bisa menghadapi tantangan kehidupan yang semakin berkembang.

3. Dapat mengambil keputusan
Seorang laki-laki dewasa suatu saat pasti akan dihadapkan dengan pilihan-pilihan penting dalam hidupnya. Terutama saat menjadi kepala rumah tangga, dan dituntut mengambil keputusan yang terbaik untuk orang-orang yang dicintainya. Ajarkan sedari kecil agar anak lelaki memiliki kebebasan memilih dan mengambil keputusan, serta bertanggung jawab terhadap pilihannya tersebut.

BACA JUGA
- Gara-Gara Bermain Slime Kedua Tangan Anak ini Melepuh Seperti Terbakar
- Ini Cara yang Dilakukan Rasulullah untuk Mengobati Berbagai Penyakit, Mari Kita Coba!

4. Pantang menyerah
Tidak dipungkiri, lelaki juga kerap lemah untuk hal-hal tertentu. Akan tetapi seorang Ibu harus mengajarkan anaknya untuk kuat, tidak mudah menyerah.

Laki-laki yang tangguh dan pantang menyerah bisa diandalkan. Mereka dituntut harus kuat dalam menjalani kehidupan yang tidak selamanya seindah yang dibayangkan. Karenanya biasakan mereka untuk berani dan kuat menghadapi permasalahannya. Dengan membiasakan hal seperti itu, kelak mereka akan menjadi pribadi yang tangguh dan bisa diandalkan.

Sikap pantang menyerah penting diajarkan sejak dini, dan dapat diajarkan dari hal yang paling sederhana seperti menyelesaikan permainannya, menyelesaikan pekerjaan rumahnya dan lain sebagainya. Hal ini kelak akan mengajarkan mereka untuk tidak mudah menyerah dalam segala permasalahan kehidupan.

5. Bertanggung jawab
Tanggung jawab adalah pendidikan yang seharusnya diajarkan kepada anak sejak dini. Terutama untuk anak laki-laki yang kelak akan menjadi kepala rumah tangga. Sejak mereka kecil, sebaiknya Ibu mengajarkan mereka arti pentingnya bertanggung jawab agar kelak mereka menjadi sosok lelaki yang baik dan bertanggung jawab terhadap setiap keputusan yang diambilnya.

6. Melindungi wanitanya
Wanita pada hakikatnya makhluk yang lebih lemah secara fisik dibandingkan dengan pria. Seorang laki-laki sedari kecil diajarkan hal tersebut dan mengerti perannya sebagai pelindung wanita, termasuk melindungi Ibunya.

7. Disiplin
Kedisiplinan sangat penting di kehidupan mendatang, dalam lingkup pekerjaan, kehidupan bermasyarakat dan lainnya. Sedari kecil bekali anak laki-laki Anda tentang kedisiplinan, misalnya dalam merapikan tempat tidur di pagi hari, berangkat sekolah tepat waktu dan lain sebagainya.

8. Mempunyai prinsip yang benar
Hal ini sedikit mirip dengan berani mengambil keputusan. Tetapi tentu prinsip orang berbeda-beda, karena kebenaran itu menurut pandangan setiap orang akan berbeda.

Namun prinsip yang benar bisa jadi dasar untuk menyelesaikan permasalahan, termasuk dalam kehidupan berumah tangga. Sedari kecil, ajarkan anak Anda tentang kebenaran dan hal yang baik serta tidak baik dilakukan agar kelak mereka memiliki dasar yang baik dalam mengambil setiap keputusan.


yang terpenting tanamkan nilai agama sejak ia kecil

Dan tujuan dari semua itu adalah seorang lelaki harus bisa menjadi imam yang baik. Tentunya point yang paling penting adalah bunda harus bisa menanamkan nilai - nilai agama, karena itu sudah sangat cukup untuk bekal dunia dan di akhirat kelak.

Merasa artikel ini bermanfaat? Share ke teman-temanmu juga yuk untuk amal baikmu! LIKE juga fanspage kami untuk mengetahui informasi bermanfaat dan menarik lainnya, Orang Tua Teladan dan Berita Islam

Top