Mengenal 6 Ciri Dajjal Menurut Al Qur'an dan Hadist

Komentar

Ilustrasi radioroja.com

Mengapa kita sebagai umat Islam perlu tahu ciri Dajjal. Sebenarnya bukan perlu, tapi kita wajib karena ini adalah sebagai bentuk keimanan kita, bahwa akan ada Dajjal jika nanti menjelang hari akhir tiba.

Dan juga jika Dajjal sudah diturunkan oleh Allah ke bumi, maka ia akan menimbulkan fitnah yang luar biasa bahkan dikatakan sebagai puncak dari fitnah di bumi ini.

Saking bahayanya fitnah Dajjal, bahkan disebutkan jika tak ada satupun yang akan selamat darinya, kecuali orang beriman yang sudah menerapkan petunjuk Rasulullah dalam membentengi diri dari fitnah Dajjal.

Alasan itulah yang membuat kita wajib mengetahui tentang cara membentengi diri dan segera lakukan upaya tersebut dari sekarang agar kelak ketika Dajjal sudah muncul, kita tidak akan terkena fitnahnya.

Baca Juga: “Di agamaku ada jaminan keselamatan, apa di Islam ada?” Tanya Gadis Khatolik ini Kepada Dr. Zakir Naik

Bicara tentang Dajjal, ternyata Rasulullah sejak dulu kala sudah memperingatkan kita tentang bahaya fitnah Dajjal dan bagaimana cara membentengi diri darinya.

Tempat kedatangan Dajjal

Dikutip dari kajianlagi.blogspot.co.id, Dajjal muncul di perbatasan antara wilayah Syam dan Iraq. Dari Nawwas bin Sam’anRadhiyallahu ‘Anhu berkata, ‘Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam menuturkan tentang Dajjal,

“Sesungguhnya ia muncul di daerah perbatasan antara Syam dan Iraq, sehingga berbuat kerusakan di kanan dan di kiri.” [HR. Muslim 2937]

Apakah Dajjal Memiliki Pasukan Khusus?

Dajjal tidak sendiri, karena dia akan diikuti 70 ribu pemuda Yahudi yang gagah dan kuat.

“Anas Bin Malik mengatakan bahwa Rasulullah saw berkata: ‘Dajjal akan diikuti 70 ribu Yahudi dari Isfahan mengenakan selendang Persia.” (Shahih Muslim, hadist ke 7034).

Dalam hadits lain disebutkan pula: “Para pengikut Dajjal adalah dari kelompok Yahudi Isfahan [salah satu wilayah Iran] tujuh puluh ribu orang yang memakai topi penutup kepala.” [HR. Muslim 2944]

Berapa Lama Dajjal Ada di Muka Bumi?

Ternyata Dajjal hanya 40 hari di bumi, namun hari-hari yang dirasakan akan semakin lama dan berat dari hari biasanya,

“Dajjal tinggal di muka bumi ini, hanya selama 40 hari. Sehari seperti setahun, sehari seperti sebulan, sehari seperti sepekan, dan sisanya seperti hari-hari biasa.” [HR. Muslim 2937]

Tempat-Tempat yang Didatangi Dajjal

Dajjal akan masuk ke seluruh negeri dengan membawa fitnah yang luar biasa bagi penduduk bumi. Meski begitu, ada dua kota yang tidak bisa dimasuki Dajjal, yakni Mekkah dan Madinah, karena jalan menuju dua kota suci tersebut dijaga ketat oleh malaikat.

Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Tidak ada satu negeri pun, melainkan semua diinjak oleh Dajjal. Kecuali Makkah dan Madinah. Semua jalan yang menuju kesana dijaga dengan malaikat dengan berbaris. Maka berhentilah Dajjal disebuah kebun [di pinggir kota Madinah]. Madinah berguncang tiga kali. Lalu – keluarlah semua orang-orang kafir dan munafik Dari kota Madinah menemui Dajjal.” [HR. Al-Bukhari 1881 dan Muslim 2943]

Baca Juga: "Saya ingin masuk Islam tetapi saya takut durhaka kepada orangtua (Katholik) saya" Tanya Wanita ini Sambil Berlinang Air Mata

Apa Sajakah Fitnah-fitnah Dajjal Itu?

Dajjal merupakan fitnah terbesar di bumi ini sejak diciptakannya Adam hingga hari kiamat, bahkan saking dahsyatnya fitnah Dajjal, maka akan banyak manusia menjadi pengikutnya.

Padahal, barang siapa yang menjadi pengikut Dajjal, maka dia akan kafir selamanya hingga hari kiamat, bahkan meskipun Dajjal sudah tidak ada sekalipun. Naudzubillah. Berikut ini beberapa jenis fitnah Dajjal yang wajib anda tahu:

1. Mematikan dan menghidupkan seseorang
Atas ijin Allah Subhanallahu Wa Taala, Dajjal memiliki kemampuan menghidupkan dan mematikan orang. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

“Keluarlah pada hari itu seorang yang terbaik atau di antara orang terbaik. Dia berkata: ‘Aku bersaksi engkau adalah Dajjal yang telah disampaikan kepada kami oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.’ Dajjal berkata (kepada pengikutnya): ‘Apa pendapat kalian jika aku bunuh dia dan aku hidupkan kembali apakah kalian masih ragu kepadaku?’ Mereka berkata: ‘Tidak.’ Maka Dajjal membunuhnya dan menghidupkannya kembali….” (HR. Muslim no. 2938)

2. Memiliki surga dan neraka
Tidak hanya itu saja, ternayta Dajjal juga membawa surga dan neraka. Padahal kenyatannya, surganya Dajjal adalah neraka yang sebenarnya dan Nerakanya adalah surga. Dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Dajjal cacat matanya yang kiri1, keriting rambutnya, bersamanya surga dan nerakanya. Nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka.” (HR. Muslim, no. 2934)

3. Memerintahkan langit untuk menurunkan hujan
Tipu daya lainnya yang membuat banyaknya orang percaya dan sujud kepadanya adalah karena dia memiliki kemampuan memerintahkan langit untuk menurunkan hujan. Dari An-Nawwas bin Sam’an radhiyallahu ‘anhu:

“… dia datang kepada satu kaum mendakwahi mereka. Merekapun beriman kepadanya, menerima dakwahnya. Maka Dajjal memerintahkan langit untuk hujan dan memerintahkan bumi untuk menumbuhkan tanaman, maka turunlah hujan dan tumbuhlah tanaman….” (HR. Muslim no. 2937)

4. Diikuti harta melimpah
Dalam hadits An-Nawwas bin Sam’an radhiyallahu ‘anhu disebutkan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“…Dia mendatangi reruntuhan dan berkata: ‘Keluarkanlah perbendaharaanmu.’ Maka keluarlah perbendaharaannya mengikuti Dajjal seperti sekelompok lebah.” (HR. Muslim no. 2937)

5. Dajjal akan datang bersama air, sungai, dan gunung roti, dan api
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “…Sesungguhnya bersama dia ada surga dan nerakanya, sungai dan air, serta gunung roti. Sesungguhnya surganya Dajjal adalah neraka dan nerakanya Dajjal adalah surga.” (HR. Ahmad. Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu berkata: sanadnya shahih. Lihat Qishshatu Masihid Dajjal)

Dijelaskan pula dalam hadits lainnya, Dari ‘Uqbah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata tentang Dajjal:

“Sungguh Dajjal akan keluar dan bersamanya ada air dan api. Apa yang dilihat manusia air sebenarnya adalah api yang membakar. Apa yang dilihat manusia api sesungguhnya adalah air minum dingin yang segar. Barangsiapa di antara kalian yang mendapatinya hendaknya memilih yang dilihatnya api, karena itu adalah air segar yang baik.” (HR. Muslim no. 2935)

6. Menggergaji anak muda dan menghidupkan kembali
“Menggergaji seseorang kemudian membangkitkannya kembali” ( HR. Muslim , 2938 / 113 )

Kapan Dajjal Akan Meninggal?
“Sesungguhnya Isa Bin Maryam Akan Membunuh Dajjal Di Bab Lud (suatu desa dekat Baitul Maqdis, di Palestina).” (HR. Muslim 2937]

Semoga Allah melindungi dan menyelamatkan kita dan keluarga tercinta dari fitnah Dajjal. Aamiin ya Rabb.
Top