Memalukan! Aksi Pungli Oknum Petugas Dishub Medan Terekam Kamera



Pemberantasan pungli saat ini sedang gencar-gencarnya. Dalam beberapa hari ini banyak sekali oknum PNS yang kedapatan melakukan pungli. Seperti 3 orang di Kemenhub dan ratusan oknum polisi. Serta yang baru 9 kepala sekolah diberhentikan Wali Kota Bandung, dan ada juga kisah penyamaran Kapolda Sumatera. Hingga terangkat kembali kisah Irjen Suhardi yang kala itu menyamar sebagai warga sipil melapor ke polsek.

Baca disini selengkapnya,
Jokowi Ikut Datang dalam Operasi Pemberantasan Pungli di Kemenhub. Fahri Hamzah: "Cari Sensasi"
Kenapa Para Pelaku Pungli dari Oknum Polisi Tak Pernah Ditunjukkan ke Publik? Ini Pembelaanya
Begini Kronologi Kapolda Sumsel Terobos Lampu Merah, Hingga Dipalak Anggotanya
Salut! Ridwan Kamil Telah Berhentikan 9 Kepala Sekolah Negeri yang Lakukan Pungli
Shafa, Siswi Yatim ini Dipukul Guru Hingga Giginya Rontok dan Trauma, Hanya Karena Tak Hafal Rumus

Kali ini ada dua buah video yang viral. Video ini diunggah oleh akun Facebook Mandey Lim. Dalam video itu memperlihatkan dua orang oknum petugas dari Dinas Perhubungan melakukan pungli (pungutan liar) di Jalan Aksara, Medan, Sumatra Utara. Dalam dua video pendek tersebut, sang pengunggah mencantumkan sebuah keterangan,

'Bagiii dunkkk pakkkkkkk … Lokasi Jln.Aksara … Hahahaha .. Pakdeeee tuh salam tempelnya asikk sekali yaa pakkdeee , maaf yaaa pakdee sudah kurekam pakkdeee , bukan maksud hatii mengganggu pakkdeee tapi kasian tuhhhh supir2nya … pakkdeee cuman salam2 ajaaa.. 
katanya si kalau ada pungli direkam aja , yaaauwesss kurekam ya pak kapoldaa ..'

Dikutip dari planet.merdeka.com, dalam video pertama berdurasi 1 menit 20 detik, memperlihatkan seorang oknum petugas mengenakan rompi DISHUB melakukan 'pemalakan'. Begitu juga dalam video ke dua yang berdurasi 52 detik, diduga oknum petugas yang sama melakukan pungli terhadap seseorang yang diduga sopir.

Pada video pertama, terlihat oknum berseragam berbincang-bincang dengan seseorang yang dijelaskan Mandey sebagai sopir. Tak berselang lama, rekan dari oknum yang berseragam mendekat.

Tidak jelas apa yang dibicarakan antara oknum dengan sopir, si sopir kemudian mengeluarkan dompet, menghitung sejumlah uang dan menyerahkan pada oknum berseragam tadi.

Pada video kedua, oknum dengan citra fisik yang sama sedang menerima uang dari seseorang berkaos merah yang kemudian pergi dan terlihat si oknum menghitung uang pungli yang di dapatnya.

Video tersebut telah dibagikan 4.260 kali, mendapatkan 277 like, dan 133 komentar.


Kami doakan semoga lekas sembuh dari pikiran-pikiran buruk pak, agar Indonesia ke depan lebih baik.
loading...
Top