Agan Sista yang berbahagia. Bagi yang udah punya pacar maupun belum (tapi nasib amat idup ente, hehe..). Malam ini bakalan ada yang namanya fenomena Bluemoon alias bulan biru.
Bluemoon sendiri sebenarnya adalah istilah untuk bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan. Di bulan Juli ini, bulan purnama pertama sudah terjadi tanggal 2 kemarin, dan bulan purnama kedua akan terjadi nanti malam.
Biasanya, fenomena Bluemoon ini bakalan terjadi setiap 2-3 tahun sekali. Berdasarkan data dari Earthsky.org, Bluemoon terakhir terjadi tanggal 31 Agustus 2012 lalu.
Lalu, apakah nanti malam bulan akan benar-benar memiliki sinar berwarna Biru? Sayang banget gan, sinar bulan nggak seperti harapan. Kita bakalan ngeliat Bulan purnama penuh dengan warna kuning seperti biasanya.
Akan tetapi, Bulan bersinar dengan warna biru bisa saja terjadi, meskipun sangat langka. Earthsky.org, fenomena ini tidak bisa diprediksi kemunculannya.
Alasannya, warna biru dari cahaya Bulan terjadi akibat kondisi langit. Cahaya bulan yang berwarna kuning akan berubah menjadi biru saat melewati partikel debu di angkasa. Semakin banyak debu yang ada, kesempatan sinar Bulan untuk menjadi biru semakin tinggi.
Tapi tenang aja gan, debu luar angkasa gak bikin mata ente kelilipan kok. Hehehe..
Oleh sebab itu, Ente sebaiknya tetep berusaha mengamati Bluemoon nanti malam, karena bisa jadi bakalan ada banyak debu yang beterbangan di angkasa dan bikin bulan bersinar biru.
Permisi agan sista. Kalo selama ini kita mikir suara merdu dan paras cantik hanya dimiliki Raisa. Ane rasa sekarang saatnya ente para Jomblo melirik ke sudut dunia lain. Nyadar mbloo, masih banyak cewek di luar sana yang sekelas sama ente. Hehehe..

Ini cewek namanya Isma. Dalem video ini, ceritanya si Isma lagi curhat dalam bahasa jawa terus nyanyi Lagu Menunggu yang merupakan karya dari Legenda Dangdut H. Rhoma Irama. Dalam video tersebut nggak cuma Isma yang make hijab warna pink aja yang nongol. Terlihat pula seorang Nenek mengenakan topi bundar (hehe jadi kayak lagu anak-anak dulu).

Entah apa relasi dari sang nenek dengan si Isma ini. Tapi yang pasti, dibarengi dengan gitar akustik ukuran medium dengan penjepit warna biru. Si Isma nyanyiin lagunya dengan sangat merdu, sampe - sampe si nenek manggut-manggut tanda menikmati banget lagunya.

Sampe artikel ini di share, Video ini udah di tonton sebanyak 59 kali dalam kurun waktu tiga jam dan udah dapet lumayan banyak komentar dari penunggu Youtube.

Nah loh, gimana mblo? masih betah duduk diem aja di dalem rumah menunggu bidadarimu datang? Mulai jemput bola donk. Hehehe.





Pernah bersin-bersin, menguap, lupa jumlah rakaat, ataupun teringat sesuatu yang tadinya terlupa ketika sedang shalat? Waspadalah, itu merupakan sedikit hal yang dilakukan syetan untuk menggoda kita dalam shalat.

Sobat, sesungguhnya Allah telah menerangkan bahwa syetan adalah musuh yang nyata untuk kita, namun kebanyakan dari kita mengabaikan keterangan tersebut karena kita tak bisa melihat wujud syetan dan apa saja gangguannya.

“Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia". (Q.S. Yusuf: 5)



Apa saja tanda-tanda gangguan syetan dalam shalat? Ini dia ulasannya berdasarkan hadits Rasulullah:

1. Ragu ketika wudhu

Diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim dari Ubay bin Ka’ab bahwa Rasulullah bersabda “sesungguhnya didalam wudhu ada setan yang dikenal dengan al-Walhan. Karena itu berhati-hatilah kalian dari bisikkan air”. (dalam riwayat Ibnu Majah dan al Hakim dengan lafadz 
“sesungguhnya dalam wudhu itu ada setan yang dinamakan al Walhan karena itu waspadailah dia”)

Ibnul Qayyim rahimahullaah berkata: “Termasuk tipu daya syetan yang banyak mengganggu mereka adalah was-was dalam bersuci (berwudhu) dan niat atau saat takbiratul ihram dalam sholat”. Was-was itu membuat mereka tersiksa dan tidak tenteram.

Abu Dawud, Tirmidzi, dan an Nasa’I meriwayatkan dari Abdullah bin Mughofal, Rosulullah bersabda “Janganlah kamu kencing di air pemandian karena umumnya bisikan itu berasal dari tempat itu”. (Riwayat Abu Dawud dengan lafadz “Janganlah kamu kencing ditempat pemandian lalu mandi di tempat itu”.). Imam Ahmad menambahkan “Kemudian ia berwudhu, karena sesungguhnya was-was itu pada umumnya berasal dari situ”.

2. Salah Bacaan

‘Utsman bin Abil ‘Ash datang kepada Rasulullah dan mengadu: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya syetan telah hadir dalam sholatku dan membuat bacaanku salah dan rancu”. Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam menjawab, “Itulah syaitan yang disebut dengan Khinzib. Apabila kamu merasakan kehadirannya, maka meludahlah ke kiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah Subhaanahu wa ta’aala Akupun melakukan hal itu dan Allah Subhaanahu wa ta’aala menghilangkan gangguan itu dariku” (HR. Muslim)

3. Lupa Rakaat Shalat

Al Bazzar dan at Thabroni mengkisahkan riwayat dari bapak Abi al Malih bahwa ada seseorang lelaki yang bertanya kepada Rosulullah “Wahai Rosulullah, aku mengadu padamu tentang bisikkan, yang menimpa dalam sholatku sehingga aku tidak mengetahui apakah bilangan sholatku genap atau ganjil”. Lalu Rosulullah bersabda “Andaikan kamu mengalami seperti itu angkatlah jemari jempol tangan kananmu lalu tusukkan pada paha kiri kamu dan ucapkan ‘bismillah’, karena itu merupakan pisau setan.

“Jika salah seorang dari kalian sholat, syetan akan datang kepadanya untuk menggodanya sampai ia tidak tahu berapa rakaat yang ia telah kerjakan. Apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) saat ia masih duduk dan sebelum salam, setelah itu baru mengucapkan salam” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Membuat Ragu Apakah Telah Kentut/ berhadas

Abdurrozaq dan Ibnu ad Dunya meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud ia berkata “Sesungguhnya setan berputar kepada salah seorang kamu di dalam sholatnya untuk mengganggu sholatnya dan apabila ia tidak berhasil maka setan meniup duburnya hingga ia ragu apakah ia hadas atau tidak. Maka janganlah seseorang kamu berpaling hingga ia mencium bau atau mendengarkan suara”.

Ibnu Mas’ud meriwayatkan ia berkata “Sesungguhnya setan-setan mengalir pada peredaran darah manusia hingga ia dating pada salah seorang kamu dalam sholatnya maka ia meniup pada duburnya dan ia membasahi saluran kencingnya kemudian ia berkata ‘engkau telah berhadas’. Maka janganlah berpaling salah seorang kamu hingga ia mencium bau atau mendengar suara atau mendapatkan basah”.

5. Merasa mengantuk

Ath Thobroni meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud ia berkata “Mengantuk ketika berperang adalah ketentraman dari Allah dan mengantuk ketika sholat adalah dari setan”.

6. Menguap, Bersin, Muntah, Mimisan

Meriwayatkan oleh Ibnu Syaibah dan ath Thobroni ia berkata “Menguap dan bersin dalam sholat adalah dari setan”.

At Tirmidzi dari Dinar ia berkata “Bersabda Rosulullah : bersin, mengantuk, menguap dalam sholat, haid, muntah dan mimisan adalah dari setan”.

“Adapun menguap itu datangnya dari syetan, maka hendaklah seseorang mencegahnya (menahannya) selagi bisa. Apabila ia berkata ha… berarti syaitan tertawa dalam mulutnya” (HR Bukhari dan Muslim)

“Apabila salah seorang dari kalian bimbang atas apa yang dirasakan di perutnya apakah telah keluar sesuatu darinya atau tidak, maka janganlah sekali-kali ia keluar dari masjid sampai ia yakin telah mendengar suara (keluarnya angin) atau mencium baunya” (HR Muslim).

7. Mengingat sesuatu yang tadinya terlupa

“Rasulullah saw bersabda, “Apabila dikumandangkan azan sholat, syetan akan berlari seraya terkentut-kentut sampai ia tidak mendengar suara azan tersebut. Apabila muadzin telah selesai azan, ia kembali lagi. Dan jika iqamat dikumandangkan, ia berlari. Apabila telah selesai iqamat, dia kembali lagi. Ia akan selalu bersama orang yang sholat seraya berkata kepadanya: “Ingatlah apa yang tadinya tidak kamu ingat!”, sehingga orang tersebut tidak tahu berapa rakaat ia sholat” (HR Bukhari)

8. Menoleh kanan kiri ketika shalat

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallaah ‘anhaa, ia berkata: “Saya bertanya kepada Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam tentang hukum menengok ketika sholat”. Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam menjawab, “Itu adalah curian syetan atas sholat seorang hamba”. (HR Bukhari)

Demikianlah tanda-tanda gangguan syetan ketika kita shalat, semoga kita mengerti bagaimana cara menangkalnya sebagaimana petunjuk Rasulullah shalallaahu alaihi wassalam.




Saat balita menderita batuk atau pilek, maka pernapasannya akan terganggu karena ada dahak pada saluran ternggorokan. Hal ini menyebabkan hidung mampet dan sulit untuk bernapas. Dampaknya, balita atau anak-anak sering mengalami susah tidur di malam hari.

Berikut ini ada cara ampuh dan alami yang mampu mengeluarkan dahak Balita, seperti dilansir dari Sukan Star TV :

1. Tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom bersih, lalu tuangkan air panas mendidih ke dalam baskom berisi minyak tadi (gambar 1).

Untuk perbandingan antara air panas yang dituangkan dengan minyak kayu putih dapat Anda kira-kira sendiri. Usahakan air panas yang ditambahkan tidak terlalu banyak, sehingga aroma kayu putih dapat keluar.

2. Uapkan wajah anak Anda dalam keadaan tengkurap (gambar 2)
Hal ini bertujuan agar Balita Anda dapat menghirup uap dari minyak kayu putih yang kita tambahkan air panas. CATATAN PENTING : JAGA TANGAN ANAK ANDA! JANGAN SAMPAI DIA MERAIH ATAU MASUK DALAM AIR PANAS ..

3. Tepuk-Tepuk punggung Sisi Kiri dan Kanan Balita Anda, guna Teknik Cupping(gambar 3)
Jangan tepuk di tengah-tengah punggung Balita Anda. Kenapa kiri dan kanan punggung saja tidak menepuk di tengah punggung? Karena bila kita tepuk kiri dan kanan punggung anak, kita menepuk area paru-paru anak .. dan di tengah punggung itu tulang rusuk syaraf pusat. Tepuk secukupnya jangan terlalu keras.

Saat inilah anak Anda akan meronta-ronta minta dilepaskan. Dia akan menjerit atau menangis. Saat seperti ini memang terkadang membuat Anda selaku orang tua tidak tega. Tapi ini cara yang aman alami dan untuk kesehatan buah hati kita.

4. Setelah 5 – 10menit, akan keluar lendir dahak dari hidung si kecil (gambar 4)
Lendir dahak akan keluar sampai berbalon-balon dari hidung Balita Anda. Itulah hasil dahak yang dikeluarkan dari hidung. Setelah itu bersihkan dengan tisu dahak yang keluar tersebut. Kemudian oleskan minyak kayu putih dan bawang putih di tapak kaki serta punggung Balita Anda. Setelah itu pernapasannya pun akan mulai sedikit lega dan tersenyum serta akan nyenyak tertidur.


Demikian cara alami yang mampu mengeluarkan dahak balita anda. Selamat mencoba dan semoga balita anda lekas sembuh dan kembali bermain dengan ceria.




Uang kertas Rp1,000 dan Rp 100,000 dibuat dari kertas yg sama dan diedarkan oleh Bank Indonesia (BI). Ketika dicetak, mereka bersama, tetapi berpisah di bank dan beredar di masyarakat.


Bagaimanapun, 4 bulan kemudian mereka bertemu secara tidak sengaja di dalam dompet seorang pemuda.

Maka mereka pun ngobrol:

Uang Rp 100,000 bertanya kepada Rp 1,000 ; "Kenapa badan kamu begitu lusuh, kotor dan berbau amis?" Rp 1,000 menjawab; "Karena begitu aku keluar dari bank, terus ke tangan orang bawah dari kalangan buruh, penjaja, penjual ikan dan di tangan pengemis." Lalu Rp 1,000 bertanya balik kepada Rp 100,000; "Kenapa kau begitu baru, rapi dan masih bersih?" Rp 100,000 menjawab; "Karena begitu aku keluar dari bank, terus disambut perempuan cantik, dan beredarnya pun di restoran mahal, di kompleks pasar raya mall bergengsi dan juga hotel berbintang serta keberadaanku selalu dijaga dan jarang keluar dari dompet." Lalu Rp 1,000 bertanya lagi;
"Pernahkah engkau berada di tempat ibadah?" Rp 100,000 menjawab;
"Belum pernah"

Rp 1,000 pun berkata lagi; "Ketahuilah walaupun aku hanya Rp 1,000 tetapi aku selalu berada di seluruh tempat ibadah, dan di tangan anak-anak yatim piatu dan fakir miskin bahkan aku bersyukur kepada Tuhan semesta alam. Aku tidak dipandang sebagai sebuah nilai, tetapi adalah sebuah manfaat.

Lantas menangislah Rp 100,000 karena merasa besar, hebat, tinggi tetapi tidak begitu bermanfaat selama ini.

Semoga cerita ini memberi pengajaran kepada kita semua bahwasanya sebuah nilai tak akan berarti jika tak memberi manfaat untuk banyak orang. Ini artinya, kekayaan, kedudukan, dan pangkat yang tinggi yang tak memiliki manfaat juga tak lebih baik daripada orang miskin dan berprofesi rendah tapi memberi banyak manfaat untuk orang lain. Jangan pernah menyombongkan diri kita untuk apa yang kita miliki sekarang sebelum semua itu benar-benar berguna dan bermanfaat bagi banyak orang.