Tunangan Adalah: Pengertian, Rincian Biaya dan Caranya

 29 Oct 2019  Taufiq F

Tunangan Adalah: Pengertian, Rincian Biaya dan Caranya

Tunangan adalah - Image from popbela.com

Bagi pasangan yang sudah menjalani hubungan serius, mereka biasanya dihadapkan dengan suatu proses yang bakal ia jalani yaitu tunangan.

Tunangan adalah satu tahap yang harus dilalui sebelum memutuskan untuk menikah. Tunangan juga dianggap sebagai langkah awal untuk menggapai tujuan pernikahan dalam islam.

Pernikahan itu penting dan memiliki makna yang sakral, berikut penjelasan lengkapnya (Baca: Makna Sakral Pernikahan Dalam Islam)

Pihak lelaki akan datang melamar pihak wanita bersama keluarganya, dengan begitu para pihak lelaki juga perlu memperhatikan apa saja yang harus dipersiapkan ketika menghadapi proses tunangan.

Berapa pula biayanya? Tunangan bawa apa saja? Dan juga lainnya, maka dari itu pada kesempatan kali ini wajib baca akan membagikan cara mempersiapkan tunangan, berapa biayanya, dan apa saja yang harus dipersiapkan serta perbedaan tunangan dan lamaran.

Langsung saja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Tunangan

Tunangan adalah suatu penyataan keinginan menikah yang disampaikan oleh calon suami kepada calon istri baik secara langsung apapun melalui perantara keluarga.

Apabila kedua pihak laki-laki dan perempuan sudah sepakat untuk saling menerima, maka terjadilah perjanjian untuk melangsungkan pernikahan. Dalam tunangan, calon suami belum berhak atas apapun calon istri.

Hal ini dikarenakan kedudukan calon istri masih tetap pada perempuan asing bagi calon suami. Namun demikian, calon istri sudah terikat hukum dan sama sekali tidak boleh menerima calon suami lain.

Ingin beda saat prosesi ijab qabul? Pakai ucapan ijab qabul bahasa Arab berikut ini (Baca: Bacaan Ijab Qobul Bahasa Arab)

Sedangkan untuk perbedaan lamaran dan tunangan akan dilanjutkan dalam pembahasan dibawah ini.

Bingung pengucapan akad nikah? Belajar dulu disini (Baca: Teks Bacaan Akad Nikah Dalam Bahasa Arab, Indonesia dan Inggris)

Tunangan dan Lamaran Apa Bedanya

1. Tunangan

Seperti yang kita ketahui pengertian tunangan diatas yaitu kesepakatan bersama menjadi suami istri, yang biasanya dilakukan di depan orang banyak.

Tunangan juga bisa diartikan meningkatnya status dari pacaran menjadi lebih serius. Biasanya di dalam tunangan dilakukan penyematan cicin dari pihak lelaki ke pihak perempuan.

Walau ada yang berpendapat bahwa prosesi lamaran tingkatannya lebih tinggi ikatannya dan lebih serius ketimbang tunangan, tetapi ada juga yang berpendapat sebaliknya.

Sedangkan lamaran adalah sebagai berikut penjelasannya.

2. Lamaran 

Lamaran adalah menanyakan pada pihak wanita untuk menjadi pasangan hidup pihak pria. Biasanya prosesi lamaran dilakukan dengan mempertemukan keluarga inti dari masing-masing mempelai.

Biasanya pada prosesi lamaran, mempelai pria akan membawa syarat, seperti cincin pernikahan dan seserahan. Namun ada yang berpendapat sebaliknya, menurut beberapa orang, lamaran hanyalah prosesi dimana masih menanyakan keseriusan pihak wanitanya saja.

Selain bacaan diatas berikut bacaan akad nikah paling lengkap (Baca: Bacaan Akad Nikah Paling Lengkap Beserta Terjemahannya)

Kesimpulannya

Jika ditelaah dari maknanya tunangan lebih tinggi daripada lamaran, karena lamaran ditujukan untuk meminta restu, dan keseriusan pihak perempuan, sedangkan tunangan adalah lebih kepada mengikat.

Namun, semuanya kembali lagi ke pihak masing-masing, apalagi di Indonesia memiliki hukum adat yang kental. Banyak adat yang melewati prosesi tunangan, jadi dari lamaran langsung ke pernikahan.

Tata Cara Tunangan 

Cara tunangan adalah cara atau proses dimana laki-laki datang meminta kepada seorang perempuan untuk menjadi istrinya.

Cara-cara yang umum dilakukan yang berlaku di masyarakat adalah pihak laki-laki datang bersama keluarga dengan maksud untuk meminang si perempuan.

Selanjutnya pihak perempuan akan menerima bila memang suka dari lamaran pihak lelaki, maka sah pasangan tersebut dinyatakan telah bertunangan.

Dalam proses ini juga akan dibahas persiapan-persiapan menikah seperti prosesi lamaran, akad, dan resepsi. Tunangan cara islam disebut dengan "Khitbah".

Tata cara tunangan dalam islam adalah proses atau pelaksanaan khitbah atau lamaran ini ada dua syarat yang harus dipenuhi oleh kedua pasangan yaitu.

1. Syarat mustahsinah dalam tata cara tunangan

Syarat ini dianjurkan pada pihak laki-laki untuk meneliti dahulu wanita yang akan dipinang atau dikhitbahnya. Syarat ini sebenarnya tidak wajib dilakukan sebelum meminang sesorang perempuan.

Tujuannya adalah agar mengetahui pasti sifat-sifat perempuan yang akan dipinang. Perlu diperhatikan bagaimana agama sang wanita, keturunan, kedudukan, lemah lembutnya, serta kesehatan jasmani dan rohaninya.

Hal ini sesuai dengan Hadist Rasulullah SAW sebagai berikut:

"Wanita dikawin karena empat hal, karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya, maka akan memelihara tanganmu”. (Hadist Riwayat Abu Hurairah).

Hati-hati menyandingkan kedua mempelai saat akad nikah itu keliru, ini penjelasannya (Baca: Kekeliruan Akad Nikah Menyandingkan Kedua Mempelai, Apa Benar Nikahnya Tidak Sah?)

2. Syarat lazimah pada tata cara tunangan

Syarat lazimah adalah syarat yang wajib dipenuhi sebelum melakukan peminangan dan apabila tidak dilakukan maka pinangannya atau tunangannya tidak sah. Syarat lazimah meliputi beberapa hal berikut ini:

"Janganlah seseorang dari kamu meminang (wanita) yang dipinang saudaranya, sehingga peminang sebelumnya meninggalkannya atau telah mengizinkannya.” (HR Abu Hurairah)

Artinya wanita yang dipinang tidak dalam status pinangan laki-laki lain karenanya harus menunggu sampai pinangan sebelum terputus.

"Dan suami-suaminya berhak merujukinya dalam masa menanti itu, jika mereka (para suami) menghendaki ishlah.” (Al-Baqarah:228)

Maksudnya bagi wanita yang sedang dalam talak raj'i tidak dianjurkan untuk dipinang dan tidak boleh berpisah dengan mantan suaminya sebelum masa iddah habis.

Tunangan Hukum Islam

Menurut sebagian besar ulama, tunangan hukumnya adalah mubah (boleh) karena tunangan dikategorikan sebagai proses pendahuluan atau persiapan yang dilakukan lelaki sebelum menikah dan melakukan khitbah atau pinangan yang mengikat seorang wanita selama syarat dan ketentuan khitbah dipenuhi.

Tunangan atau khitbah diperbolehkan dalam islam karena melihat tujuan peminangan atau tunangan hanyalah sekedar mengetahui kerelaan dari pihak wanita yang dipinang sekaligus sebagai janji bahwa sang pria akan menikahi tersebut.

Sebagaimana hadist berikut ini:

"Jika di antara kalian hendak meminang seorang wanita, dan mampu untuk melihat darinya apa-apa yang mendorongnya untuk menikahinya, maka lakukanlah.” (Hadist Riwayat Imam Ahmad dan Abu Dawud).

Hadits diatas menjelaskan bahwa islam memperbolehkan laki-laki untuk meminang atau melakukan khitbah kepada seorang wanita dan mengikatnya dengan tali pertunangan namun dengan syarat hal-hal yang disyaratkan dalam hukum islam telah dipenuhi sebelumnya.

Tunangan Berapa Lama Sebelum Pernikahan?

Ada banyak pilihan waktu yang dapat ditentukan pasangan untuk memberi jeda antara pertunangan dengan pernikahan.

Banyak pasangan memilih waktu cepat supaya semua urusan segera selesai dan bisa melakukan segala usaha untuk mencapai tujuan bersama.

Ada juga yang ingin agak lama memberi jeda kedua momen tersebut sembari menabung. Semua terserah pada kedua belah pihak.

5 Rukun nikah ini juga perlu anda ketahui selain persyaratan dan antaran diatas (Baca: 5 Rukun Nikah dalam Islam yang Wajib Diketahui Semua Calon Pengantin)

Persiapan Pertunangan dan Estimasi Biayanya

Tunangan bawa apa aja? Ada banyak persiapan pertunangan yang harus didaftar. Karena tidak bisa di handle secara mendadak, jadi kedua belah pihak baik pria maupun wanita harus mempersiapkannya jauh-jauh hari supaya semuanya matang.

Tidak hanya pasangan yang ingin betunangan, tetapi pihak keluarga pun juga akan kerepotan jika persiapan terlalu mendadak.

Berikut adalah beberapa persiapan tunangan yang harus sudah disiapkan.

1. Lokasi

Lokasi pertunangan bisa dilakukan di rumah calon mempelai wanita atau tempat lain. Supaya lebih hemat, jika rumahnya mencakupi untuk semua undangan maka akan lebih baik memilih tempat di sana.

Jadi, tidak ada budget tambahan yang diperlukan untuk menyewa lokasi. Sebelum menentukan di mana lokasi yang anda pakai, sebaiknya bicarakan dulu tentang jumlah undangan antara kedua belah pihak.

2. Pakaian

Pakaian apa yang dikenakan ketika proses tunangan harusnya sudah anda tentukan sebelum prosesi. Pada beberapa kebudayaan, pakaian adat cenderung menjadi pilihan utama ketika ada acara sakral semacam ini.

Tetapi, jika harga pakaian adat terlalu mahal, gunakan pakaian lain yang bisa dibuat dengan biaya lebih terjangkau.

3. Foto

Saat ini sudah banyak jasa fotografi yang dibandrol dengan harga murah karena persaingan bisnis amat ketat.

Manfaatkan paket diskon atau konveksi pertemanan untuk harga lebih terjangkau.

Jangan menggunakan anggara terlalu tinggi untuk jasa fotografi, sebaiknya gunakan anggaran untuk alokasi lain yang tidak bisa ditinggalkan seperti katering.

4. Undangan

Jika ingin menekan anggaran untuk undangan, maka cetak untuk keluarga atau kerabat saja. Jadi, bagi tamu yang seumuran undangan online bisa diprioritaskan sehingga sangat menekan biaya.

Harga undangan sangat variatif mulai dari 5.000 sampai 100.000. Jika ingin memperkecil biaya untuk undangan, lebih baik mendesain sendiri dan tinggal mencetaknya.

5. Katering

Biaya katering merupakan salah satu anggaran yang paling mahal. Tetapi bisa dengan meminta jasa para tukang masak rumahan supaya lebih terjangkau.

Ada beberapa pasangan yang lebih memilih makanan gerobak seperti bakso, tahu tek, mie ayam, atau lainnya.

Selain itu, makanan gerobak juga lebih bersahabat dengan lidah para undangan karena rasanya sesuai permintaan pasar.

Berhemat dalam Menyiapkan Pertunangan

Pertunangan memang acara yang cukup penting, namun ingat masih ada acara besar yang menunggu. Anda bisa kok menyiapkan acara pertunangan dengan sederhana namun tetap berkesan.

Lebih baik simpan dana anda untuk penikahan dan kehidupan pasca pernikahan yaitu berumah tangga.

Demikianlah penjelasan mengenai tunangan adalah dan perbedaan antara lamaran dan tunangan yang dapat wajibbaca.com sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kita semuanya.