Kandang Ayam Petelur Close House

09 Mar 2020 Taufiq F

Kandang Ayam Petelur Close House

Kandang ayam petelur - Image from wajibbaca.com

Punya bisnis ternak ayam tapi lama berkembang padahal sudah maksimal melakukan perawatan?

Coba cek kandang ternak Anda, apakah sudah cukup nyaman untuk dihuni oleh hewan ternak anda?

Atau jangan-jangan masih belum memenuhi standar kualitas kandang ayam petelur yang baik?

Karena Anda masih belum tahu standart kandang yang bagus.

Tahukah Anda, ada teknologi kandang ayam modern saat ini?

Kabar baiknya, teknologi ini sudah terbukti meningkatkan profit lebih dari 30%. Minim operasional dan panen yang maksimal.

Jika Anda bersungguh-sungguh ingin mengembangkan bisnis ternak ayam Anda, informasi yang Anda baca ini sangat tepat.

Disini akan dijelaskan mulai dari pembangunan kandang, perawatan, sampai Anda akan kagum dengan hasil panen yang berkali-kali lipat dari kandang pada umumnya. (read-tips mahal ini langsung kami dapatkan dari ahlinya).

Pertama ada syarat pembuatan kandang yang terbaik. Silahkan baca hingga akhir, hingga Anda tahu alasan, kenapa sistem ini bisa mendatangkan keuntungan berkali kali lipat.

Syarat Pembuatan Kandang Ternak

Kandang Ayam Petelur Close House

Hal yang perlu anda persiapkan sebelum membangun kandang close house - Image from wajibbaca.com

Agar kandang dapat berfungsi secara optimal, untuk itu anda sebagai para peternak harus mengetahui syarat-syarat sebelum membuat kandang ayam petelur berikut ini:

  1. Tanah milik sendiri dan terbebas dari masalah.Tak merugikan pihak lain.
  2. Lokasi harus jauh dari pemukiman warga sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi ayam yang sedang bereproduksi dan pastinya tak mengganggu masyarakat disekitarnya.
  3. Memudahkan bagi peternak dalam pemeliharaan dan berjalannya usaha ternak ayam.
  4. Demi mencapai kondisi lingkungan yang nyaman, sebaiknya arah dan letak kandang yang dibangun membujur dari timur ke barat.

Setelah memenuhi syarat di atas anda bisa memilih jenis kandang ayam petelur yang sesuai dan ideal, berikut ini penjelasan cara memilih jenis kandang ayam jika dilihat dari usia ayam.

Memilih Jenis Kandang Berdasarkan Usia Ayam

Kandang Ayam Petelur Close House

Memilih kandang yang sesuai dengan hewan ternak sangatlah penting untuk kelangsungan hidup hewan ternak - Image from wajibbaca.com

Terdapat 4 kelompok usia ayam petelur mulai dari periode indukan (Umur 0-3 minggu), periode starter (umur 3-8 minggu), periode grower (umur 9-16 minggu), dan periode produksi (umur lebih dari 16 minggu).

Berikut penjelasan detail penggunaan kandang ayam petelur berdasarkan umurnya:

  1. Periode indukan (umur 0-3 minggu) = Jenis kandang koloni dengan lantai litter.
  2. Periode starter (umur 3-8 minggu) = Jenis kandang baterai dengan bahan kawat.
  3. Periode grower (umur 9-16 minggu) = Jenis kandang baterai dengan bahan kawat.
  4. Periode produksi (umur lebih dari 16 minggu) = Jenis kandang baterai dengan bahan kawat

Apa sih yang Dimaksud Kandang Baterai?

Jenis atau model kandang ayam petelur perlu ditentukan, seperti jenis kandang ayam petelur dari bambu atau kandang ayam petelur besi. Hal ini sangat menentukan untuk mencapai kenyamanan ayam petelur itu sendiri,

Jenis kandang ayam juga ada kandang postal dan kandang baterai, disini kami akan menjelaskan kandang baterai karena yang akan kita gunakan adalah kandang baterai.

Kandang baterai itu sendiri adalah kandang ayam petelur yang berukuran panjang 40cm dan lebar 20cm. Dan untuk tinggi kandang ayam biasanya disesuaikan tinggi ayam, biasanya sekitar 30cm - 40cm dan kandang dibuat bersambung antara satu sama yang lain.

Sehingga dapat menampung ayam petelur hingga ratusan bahkan ribuan ekor. Kandang ayam petelur tipe baterai ini sangat baik untuk diterapkan pada pemeliharaan ternak ayam petelur.

Karena kandang ini memiliki sistem yang sangat baik mulai dari ventilasi udara yang dapat leluasa masuk ke dalam kandang baterai ini.

Kandang baterai ini juga dapat disusun sesuai keinginan dan dapat dibuat 2 lantai, untuk lapisan lantai biasanya menggunakan sekam atau bekas gergajian kayu, berikut penjelasannya.

Tipe Lantai yang Biasa Digunakan untuk Kandang Ayam Petelur

Terdapat beberapa tipe kandang ayam yang memiliki lantai berbeda-beda. Hal ini dikarenakan tipe lantai menyesuaikan dengan bentuk kandang ayam petelur tersebut.

Biasanya kandang ayam petelur berlantai tanah atau semen kemudian diatasnya diberikan lapisan sekam atau bekas gergajian atau yang biasa disebut litter.

Ada juga tipe lantai kandang panggung atau slat. Kandang tipe baterai biasa menggunakan tipe kandang panggung. Karena pada kandang baterai dibuat bertingkat menggunakan kawat.

Biasanya kandang baterai ini digunakan pada kandang pada sistem close house yang tersistematis secara modern. Jika anda tak ingin ribet-ribet dan memakan waktu banyak, anda bisa menyewa jasa pembuatan kandang ayam close house.

Keuntungan Menggunakan Kandang Ayam Petelur Jenis Baterai Close House

  1. Ventilasi udara yang masih alami sehingga udara dapat keluar masuk dengan lancar dan ayam pastinya akan merasa lebih nyaman.
  2. Dapat meminimalisir kematian akibat kanibalisme atau sifat saling mematuk.
  3. Dapat lebih mudah mengontrol ayam yang terkena penyakit.
  4. Ayam tidak mudah lemas atau kehilangan energi.
  5. Produksi telur lebih baik karena sudah dalam keadaan bersih dan tidak terkena kotoran atau sisa makanan.

Dengan memilih kandang yang tepat untuk ternak anda hal ini pastinya berpengaruh besar pada bisnis anda untuk melesat lebih jauh lagi. 

Mengenai harga kandang ayam petelur dapat disesuaikan dengan ukuran kandangnya. Anda bisa membuat kandang ayam tanpa repot-repot dengan hanya menyewa jasa pembuatan kandang ayam close house.

Rekomendasi Jasa Pembuatan Kandang Ayam Close House.

Anda juga bisa custom kandang sesuai keinginan dan sesuai anggaran yang sudah anda siapkan, dan akan dibuatkan kandang ayam petelur close house yang terbaik dan ideal untuk ternak anda. 

Selain anda akan mendapatkan pelayanan yang cepat dan tepat, anda bisa konsultasi gratis mengenai sistem kandang ayam close house, silahkan hubungi no berikut ini wa/telp 085791546484.

HUB WA

informasi lebih lanjut
share wa 0857-9154-6484