Biaya Pembuatan Kandang Ayam Petelur Close House

Penulis Taufiq F | Ditayangkan 09 Mar 2020

Biaya Pembuatan Kandang Ayam Petelur Close House

Kandang batrai ideal untuk ayam petelur - Image from wajibbaca.com

Berbisnis ayam petelur memang sangat menggiurkan. Bagaimana tidak, Indonesia sebagai negara dengan jumlah konsumsi telur yang semakin tinggi mengingat manfaatnya sangat banyak.

Dalam beternak ayam petelur, tentunya seorang peternak harus mempersiapkan kandang yang dapat memudahkan pengelolaan ayam-ayam petelurnya.

Tetapi dalam hal ini banyak dari peternak ayam petelur yang menganggap bahwa biaya pembuatan kandang ayam petelur itu tidak perlu diperhitungkan dengan matang.

Dengan beralasan bahwa harga kandang ayam petelur dari besi dan biaya pembuatan kandang ayam petelur close house yang mahal sehingga memanfaatkan bahan dan lahan yang ada.

Akhirnya ayam diletakkan di kandang yang sembarangan dan tidak memenuhi syarat dan kualifikasi kelayakan kandang.

Sebelum lanjut ke biaya pembuatan kandang ayam petelur 100 ekor dan biaya pembuatan kandang ayam petelur kapasitas 1000 ekor lebih baiknya kita mengetahui fungsi kandang untuk ayam petelur berikut ini.

Kriteria Kandang yang Cocok untuk Ayam Petelur

Biaya Pembuatan Kandang Ayam Petelur Close House

Kandang ideal untuk ayam petelur adalah kandang tipe batrai - Image from wajibbaca.com

Kandang berfungsi melindungi ayam dari terik sinar matahari, hujan, dinginnya malam dan serangan hewan pemangsa. Kandang juga harus dibuat untuk mempermudah peternak untuk memelihara ayam tersebut berikut

Kriteria kandang yang ideal

  1. Dapat memberikan kenyamanan untuk ayam yang dipelihara.
  2. Dapat memberikan kemudahan peternak untuk memelihara ayam.
  3. Tidak merugikan orang lain atau pihak lain

Kriteria kandang yang cocok untuk ayam petelur 
Sedangkan untuk kandang yang cocok bagi ayam petelur adalah kandang sistem baterai. Kandang baterai adalah kandang yang memiliki bentuk seperti sangkar atau kurungan ayam yang disusun berderet, memanjang, dan bertingkat.

Biasanya setiap kandang dapat di isi 1 atau 2 ekor ayam petelur. Namun berdasarkan penelitian yang sudah ada, pengisian 1 ekor ayam petelur per kandang itu lebih baik.

Selain itu kandang ayam baterai bisa dikatakan sebagai kandang ayam petelur modern dengan harga kandang ayam petelur modern yang murah tapi tidak terkesan murahan.

Untuk membuat kandang baterai bisa menggunakan kawat, jika tak mau repot dan mengeluarkan biaya pembuatan kandang ayam petelur untuk 10000 ekor yang sangat banyak, anda bisa menghubungi Alternas sebagai jasa pembuatan kandang ayam petelur modern dan otomatis.

Anda pun juga bisa langsung membeli kandang yang menggunakan bahan kawat berkualitas dan tidak mudah berkarat hanya di Alternas, segera hubungi no berikut wa/telp 085791546484.

Karena memang cara membuat kandang baterai dari kawat ini cukup memakan waktu dan biaya pembuatan kandang ayam petelur dengan baja ringan yang tak sedikit apalagi tingkat kerumitannya.

Harga Kandang Ayam Petelur Otomatis

Harga kandang ayam petelur sangat bervariasi, seperti harga kandang ayam petelur dari besi, harga kandang ayam petelur galvanis, atau harga kandang ayam petelur baja ringan pasti berbeda-beda.

Jika dibandingkan, harga kandang ayam petelur besi dengan harga kandang ayam petelur bambu pastinya lebih mahal dari besi. Namun bahan dari besi lebih tahan lama dan awet.

Sehingga kami lebih menyarankan untuk anda yang ingin membuat kandang dengan biaya yang efisien dan tidak memakan waktu yang banyak, lebih baik anda menggunakan kandang dari besi.

Untuk ukuran kandang yang cocok untuk ayam, berikut ini kami jelaskan.

Ukuran Kandang Baterai untuk Ayam Petelur

Biaya Pembuatan Kandang Ayam Petelur Close House

Ukuran kandang yang sesuai dapat membuat ayam nyaman sehingga bobot ayam bisa lebih besar - Image from wajibbaca.com

Ukuran kandang baterai untuk ayam petelur berbeda-beda namun banyak yang menggunakan ukuran standart kandang baterai berikut:

1. Jika Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 42 cm x tinggi belakang 37 cm.

Kandang ayam petelur dengan ukuran tersebut dapat menampung 8 ekor ayam dengan posisi kepala ayam di dalam kandang. Ukuran kandang di atas dapat di sekat menjadi 4 pintu dan tiap sekat berisi 2 ekor ayam.

2. Jika Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 35 cm x tinggi belakang 28 cm.

Kandang ayam petelur dengan ukuran tersebut sama dengan ukuran sebelumnya yang dapat menampung 8 ekor ayam petelur namun bedanya kepala ayam berada di luar.

3. Jika Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 42 cm x tinggi belakang 37 cm.

Untuk model kandang ayam ini sama seperti pada nomor 1, kandang dengan ukuran ini dapat menampung 6 ekor ayam dengan kandang di sekat menjadi 6 pintu dan di setiap pintu di isi 1 ekor saja.

4. Jika Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 35 cm x tinggi belakang 28 cm.

Untuk ukuran kandang ini sama seperti model nomor 3 hanya saja ini versi minimalisnya. Kandang dengan ukuran diatas bisa menampung hingga 6 ekor ayam.

NB: Kandang dengan ukuran yang ada di nomor 3 dan 4 memiliki kelebihan yaitu anda bisa mengetahui kualitas telur yang dihasilkan dan dapat mengetahui produktivitas masing-masing ayam.

Selain ukuran dan kenyamanan kandang, tempat makan dan minum untuk ayam petelur ini cukup penting. Sebaiknya tempat makan dan minum terletak berada di bawah agar terjangkau ayam. 

Bahan yang digunakan bisa dari pipa atau kayu, jika anda tak ingin repot dan ingin yang praktis serta fungsinya yang modern anda bisa menggunakan tempat makan dan minum yang telah disiapkan secara lengkap oleh jasa pembuatan kandang ayam close house jika anda menggunakannya.

Sedangkan untuk biaya pembuatan kandang ayam petelur close house berikut rinciannya.

Rincian Biaya Pembuatan Kandang Ayam Petelur

Hal yang mesti diketahui sebelum membuat kandang ayam petelur ataupun ayam boiler adalah mengetahui fungsi kandang yang ingin dibuat. Jika sudah mengetahui fungsinya barulah mulai memikirkan kandang yang akan dibuat seperti apa.

Apakah kandang akan dibuat open house, atau close house, jika sudah memilih tipe kandang barulah mempertimbangkan konstruksi. Dengan begitu, maka pengusaha ternak akan mudah mengestimasikan biaya pembuatan kandang ayam petelur yang akan dikeluarkan.

Saran dari kami, lebih baik menggunakan kandang close house karena sudah modern dan serba otomatis sehingga mempermudah perawatan ayam tersebut.

Untuk anda yang tak ingin pusing mengurus konstruksi dan segala macamnya, anda bisa menyewa jasa pembuatan kandang ayam close house Alternas. 

Biaya pembuatan kandang ayam petelur yang ditawarkan juga dapat disesuaikan dengan anggaran dari pembuat kandang ayam petelur tersebut.

Biaya pembuatan kandang ayam petelur kapasitas 5000 ekor

Yang menjadi pertanyaan bagi banyak orang adalah berapa rincian biaya pembuatan kandang ayam petelur kapasitas 5000 ekor. 

Untuk menjawab itu tergantung jenis kandang ayam petelur yang hendak dibangun. Karena ada dua bentuk kandang ayam petelur yaitu kandang ayam petelur bertingkat dan kandang memanjang.

Nah berikut rincian biaya pembuatan kandang ayam petelur kapasitas 5000 ekor, antara lain:

  1. Pembelian baja ringan atau bambu harga Rp 1-3 Juta.
  2. Pembelian papan atau baja ringan untuk penyangga harga Rp 4-6 Juta.
  3. Paku dan lainnya harga Rp 500-1 Juta.
  4. Upah tukang harga Rp 3-5 Juta.
  5. Biaya lain-lainnya Rp 1-2 Juta.

Perkiraan total biaya pembuatan kandang ayam petelur kapasitas 5000 ekor kurang lebih sebesar 20-50 Juta. Perhitungan biaya tersebut tergantung harga setempat dan berbeda-beda di setiap wilayah. Dan biaya diatas belum termasuk biaya peralatan kandang.

Jika ditotal dari biaya pembangunan kandang ayam petelur modern bisa dirata-rata Rp 21.000 hingga Rp 55.000 per ekor.

Artinya, jika anda ingin membangun kandang dengan kapasitas 10.000 ekor ayam, estimasi biayanya 210 hingga 550 juta.

Biaya diatas juga belum termasuk biaya untuk lahan dan sebagainya.

Dengan tingginya modal yang dikeluarkan, bisa dipastikan anda tidak ingin menjalankan bisnis yang hanya “coba-coba”.

Disinilah sangat diperlukan kemampuan seorang ahli di bidang peternakan khusus kandang ayam close house.

Beruntung bagi banyak peternak dengan modal terbatas namun bisa memenuhi standart, karena jasa pembuatan kandang ayam Alternas ini dapat menyesuaikan anggaran yang anda siapkan.

Karena itu bagi anda yang belum berpengalaman dengan konstruksi kandang dan segala macamnya, anda bisa menyewa jasa pembuat kandang ayam petelur close house. 

Biaya pembuatan kandang ayam petelur yang ditawarkan dapat disesuaikan dengan anggaran yang peternak sediakan.

Dan juga menyediakan jasa custom kandang ayam close house yang disesuaikan budget dari peternak.

Serta yang pasti kandang ayam close house yang dikerjakan sebanding dengan anggaran yang disiapkan. Anda tak perlu repot, ayam pun sehat, senang dan menghasilkan telur yang baik, serta usaha pun lancar.

Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai pembuatan kandang ayam close house silahkan hubungi no berikut ini gratis tidak dipungut biaya. Wa/telp 085791546484.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb