8 Surah yang Wajib Dihafal! Agar Selamat Dunia Akhirat

09 Mar 2020  Rizal H

8 Surah yang Wajib Dihafal! Agar Selamat Dunia Akhirat

hutang wajib dibayar - Image from wajibbaca.com

Surah yang wajib dihafal - Al-Quran merupakan pedoman dan petunjuk bagi semua mahluk yang ada alam semesta ini. Setiap langkah dan perbuatan manusia semua diatur didalamnya;
Al-quran bisa menjadi hidayah bagi bagi orang orang yang bertaqwa karena mampu menggetarkan jiwa dan senantiasa merasa takut kepada allah.
Dalam Al-Quran Allah berfirman melalui QS. Az-Zumar [39] yang berbunyi sebagai berikut:

ٱللَّهُ نَزَّلَ أَحۡسَنَ ٱلۡحَدِيثِ كِتَٰبٗا مُّتَشَٰبِهٗا مَّثَانِيَ تَقۡشَعِرُّ مِنۡهُ جُلُودُ ٱلَّذِينَ يَخۡشَوۡنَ رَبَّهُمۡ ثُمَّ تَلِينُ جُلُودُهُمۡ وَقُلُوبُهُمۡ إِلَىٰ ذِكۡرِ ٱللَّهِۚ ذَٰلِكَ هُدَى ٱللَّهِ يَهۡدِي بِهِۦ مَن يَشَآءُۚ وَمَن يُضۡلِلِ ٱللَّهُ فَمَا لَهُۥ مِنۡ هَادٍ ٢٣

"Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) al-Qur’an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit (tubuh) orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barang siapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorang pun pemberi petunjuk baginya"

Ada beberapa surah di dalam Al quran yang wajib dihafal dikarenakan memiliki kelebihan dibandingkan dengan surah yang lain.

Beberapa hadist Nabi memerintahkan untuk membaca ayat tersebut setiap hari dan diwaktu tertentu. 

Berikut surah surah yang wajib dihafal:

1. Surah Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah merupakan ummu Al-Qur'an atau induk Al-Qur'an. Setiap orang muslim harus hafal surat ini karena Al-Fatihah merupakan bacaan wajib pada saat sholat. Maka dari itu surah ini surah yang wajib dihafalkan agar sholat kita sah.

Berdasarkan HR. Bukhari no. 756 dan Muslim no. 394, Nabi Muhammad SAW bersabda:

لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ

“Tidak sah shalat seseorang jika tidak membaca Al-Fatihah” 

Adapun manfaat lain surat Al-Fatihah bila rutin dibaca

Baca surat Al-Fatihah sebelum tidur sebanyak 3 kali dikuti dengan surat al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas maka akan terhindar dari gangguan syaitan.

Baca surat Al-Fatihah sebanyak 44 kali, membantu mengobati sakit mata, perut, gigi dll.

Membaca surah Al-Fatihah sebanyak 17 kali untuk mencegah kemarahan Allah. 

2. Surah Al-Baqarah: 255 (Ayat Kursi)

Ayat kursi menjadi salah satu ayat yang wajib dihafal. 

Syaikh As-Said rahimaullah menjelaskan bahwa ayat kursi merupakan ayat yang paling agung, paling utama dan mulia. Hal ini karena ayat ini menjelaskan perkara agung dan sifat allah yang mulia.

Dari Ubay bin Ka'ab radiyallhu'anhu ia berkata: Rasulullah SAW bersabda:

يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِي أَيُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ قَالَ قُلْتُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِي أَيُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ قَالَ قُلْتُ { اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ } قَالَ فَضَرَبَ فِي صَدْرِي وَقَالَ وَاللَّهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ

“Hai Abu Mundzir! tahukah kamu, ayat manakah di antara ayat-ayat Al-Qur-an yang ada padamu yang paling utama?” Abu Mundzir berkata: saya menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Beliau bertanya lagi: “Hai Abu Mundzir, tahukah kamu, ayat manakah di antara ayat-ayat Al-Qur-an yang ada padamu yang paling utama?” Abu Mundzir berkata: Saya menjawab, “Allahu laa ilaaha illaa huwal Hayyul Qayyum” Abu Mundzir berkata: lalu Beliau menepuk dadaku seraya bersabda: “Demi Allah, semoga dadamu dipenuhi dengan ilmu, wahai Abu Mundzir”(HR. Muslim no 810)

Dianjurkan Membaca ayat kursi setiap pagi dan sore sebelum tidur dan sesudah sholat fardhu agar selalu berada lindungan Allah SWT dan terhindar dari godaan syaitan.

3. Surah Yasin 

Surah Yasin sering dibaca ketika acara tahlil atau ketika seseorang mengalami kematian selain itu surah yasin juga dianjurkan ketika hari Jum'at.

Keutamaan membaca Surah yasin pada hari jum'at juga ditegaskan oleh hadist riwayat Abu Daud sebagai berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).


Dari hadist lain Ma'qal bin Yasar menyebutkan bahwa: 

يس قَلْبُ القُرْآن لَا يَقْرَؤهَا رَجُلٌ يُرِيْدُ اللهَ وَالدَّارَ الآخِرَةَ إلَّا غَفَرَ لَهُ اقْرَءُوْهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ

Surat Yasin adalah jantung Al-Qur'an. Siapa saja yang membacanya semata-mata karena Allah dan berharap kebahagiaan akhirat maka ia akan diampuni. Maka bacakanlah Yasin di samping saudaramu yang sedang sekarat.

Pada kitab Audhaul Ma’ani Ahadits Riyadh as Shalihin disebutkan bahwa bacaan yaasin bisa menjadi bekal bagi yang sedang mendekati ajal seperti halnya dia membawa susu kental ketika sedang perjalanan.

4. Surah Al-Mulk 

Surah Al-Mulk merupakan surah yang masuk kedalam golonga surah Makiyah yang terdiri dari 30 ayat. Surah Al-Mulk memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur, anjuran ini diriwayatkan dalam sebuah hadits riwayat At Tirmidzi
Telah menceritakan kepada kami Huraim bin Mis’ar At Tirmidzi telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Iyadh dari Laits dari Abu Az Zubair dari Jabir bahwa.

 “Tidaklah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidur hingga beliau membaca Alif laam miim tanzil (surat As Sajdah) dan Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al Mulk) ( HR At Tirmidzi)"
Adapun keutamaan lain dari surah Al-Mulk adalah sebagai berikut:

  • Diampuni dosanya​
  • Dihidari dari siksa kubur dan siksa neraka
  • Menjauhkan diri dari maksiat
  • Menjadikan diri kita sebagai orang yang bertawakkal

5. Surah Al-Kahfi 

Surah Al-Kahfi dianjurkan dibaca ketika sholat jum'at terutama 10 ayat awal agar terhindar dari fitnah dajjal.

Hal ini tercantum dalam sebuah Hadits Riwayat Muslim no 809, dari Abu Darda' RA Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah).

Surah Al-Kahfi sendiri masuk dalam surah ke-18 dalam Al-Qur'an dan mempunyai 110 ayat, selain terhidar dari fitnah dajjal surah Al-Kahfi Memiliki Keutamaan diantaranya adalah diterangi cahaya, diampuni dosa,pengingat hari kiamat dan kisah Al-Kahfi.

6. Surah Al-Ikhas

Ketika kita membaca surah Al-Ikhlas berarti kita telah membaca sepertiga dari Al-Qur'an karena didalamnya mengandung kekuasaan dan keesaan Allah SWT.

Imam Bukhori meriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa Rasullalah bersabda : 

“Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman kekuasaan-Nya, sesungguhnya surat Al-lkhlas itu benar-benar sebanding dengan sepertiga Alquran”.

Dan manfaat lain dari membaca surah Al-Ikhlas adalah disayang allah, Jalan masuk surga dan jika dia mengamalkannya dengan ikhlas di akan terhindar dari kesusahan duniawi, dimudahkan dari gelombang sakaratul maut dan dihindari dari kegelapan kubur.

7. Surah Al-Falaq

Surah Al-Falaq merupakan surat ke 113 dari keseluruhan Al-Qur'an dan termasuk kedalam golongan surat makkiyah yaitu surat yang diturunkan sebelum hijrahnya Nabi Muhammad SAW, surat ini tepat diturunkan setelah surat Al-Fill dan sebelum surat An-Nas.

Isi kandungan dari surah Al-Falaq secara umum adalah meminta perlindungan kepada Allah, surah ini merupakan perintah Allah kepada Nabi Muhammad agar selalu ber-ta'awudz (meminta perlindungan) di waktu Falaq atau subuh hari.

Berikut keutamaan membaca surah Al-Falaq adalah sebagai bentuk pelindung dari kejahatan terutama yang berkaitan dengan sihir, bermanfaat sebagai penyembuhan dan juga terhindar dari kedengkian dan Rasulullah menganjurkan para sahabat untuk membaca Al-Falaq di akhir sholat.

8. Surah An-Nas 

Surah An-Nas masuk kedalam golongan surah Makkiyah, sama seperti surah Al-Falaq surah ini diturunkan sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah.

Surah An-Nas sendiri artinya adalah manusia, isi kandungan dari surah ini yakni menganjurkan manusia untuk memohon perlindungan kepada Allah agar terhidar dari godaan syaitan yang berasal dari golongan jin maupun manusia.

Salah satu manfaat membaca surah An-Nas adalah agar kita terhidar dari sihir, tenung maupun santet. Rasullulah selalu membaca surah An-Nas ketika hendak tidur bersamaan dengan surah Al-Ikhlas dan Al-Falaq. 

Dari Aisyah R.a menerangkan : Bahwa Rasulullah SAW pada setiap malam apabila hendak tidur,beliau membaca Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq,Surat An-Naas, kemudian ditiupkan pada kedua telapak tangannya kemudian diusapkan keseluruh tubuh dan kepala. Keterangan : Agar terhindar dari sihir, tenung, santet dan lainnya.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa