Apakah Membeli Rumah dengan DP Rendah Lebih Menguntungkan?

Penulis Robby Awaludin | Ditayangkan 13 Apr 2022

Apakah Membeli Rumah dengan DP Rendah Lebih Menguntungkan?

dp rumah - Image from pinhome

Berminat untuk mencari dan membeli rumah di perumahan di Bintaro atau Bandung? Namun, kamu masih bingung dalam menentukan Down Payment (DP) rumah dengan metode KPR? Pernah tidak kamu melihat tulisan DP rendah atau DP 0%? Memang benar, nilai DP rumah itu biasanya mencapai 20-30% harga rumah. Selain itu ada biaya administrasi tambahan sekitar 10%. 

Apa itu DP Rumah?

Umumnya untuk rumah seharga 500 juta, kamu perlu menyiapkan dana DP sekitar 80 juta di awal. Bukan nominal yang sedikit, bukan? Kondisi ini pun membuat sebagian besar masyarakat was-was dan benar-benar mempersiapkan diri untuk menyediakan DP rumah. 

Ada yang rela untuk menabung bertahun-tahun demi mengumpulkan DP bahkan ada yang menjual aset lain seperti kendaraan pribadi. Dikarenakan dana DP rumah tidak sedikit, ini membuat inisiatif dari pemerintah dan developer yang membuat promo DP 0% alias tidak perlu membayar DP. Artinya nasabah bisa mengajukan pinjaman tanpa membayar uang muka. 

Membayar DP rendah

Pertanyaannya, apakah mengajukan pinjaman KPR ke bank tanpa membayar uang DP terlebih dahulu lebih menguntungkan dan hemat dari sisi nasabah?

Pada dasarnya uang muka atau DP untuk pembiayaan rumah berfungsi sebagai tanda jadi kamu melakukan transaksi pembelian rumah. Ibaratnya itu seperti uang komitmen. Dari sisi bank, uang tersebut akan menjadi jaminan nasabah agar tidak lari dari tanggung jawab untuk melunasi rumah. 

Namun, apakah DP rumah yang rendah tersebut malah menguntungkan dari kedua belah sisi? Masih tajam ingatan kita saat pandemi terjadi. Banyak sektor yang terguncang dan masyarakat menjadi pengangguran dalam seketika karena adanya pemecatan karyawan secara global. Melihat kondisi ini pemerintah memberikan kebijakan DP 0% untuk beli rumah yang di saat bersamaan menjadi ancaman bagi bank. Mengapa demikian? Ya, karena apabila banyak masyarakat yang gagal bayar tentu pihak bank akan semakin rugi bukan?

DP Rendah Tidak Membuat Hemat

Apakah kamu tahu bahwa sebenarnya DP 0% atau DP rumah rendah itu tidak membuat kamu hemat dalam membeli rumah? Ya, ilustrasinya adalah seperti kamu membeli barang dengan uang DP. Semakin besar DP maka cicilan bulanan akan semakin kecil. Begitu sebaliknya, jika DP rumah semakin kecil maka cicilan akan semakin besar.  Jadi, dengan kata lain kamu tidak akan menjadi lebih hemat ketika DP rumah yang dibayarkan lebih rendah atau 0%. 

Tips Mengumpulkan Dana DP Rumah

Untuk mengumpulkan dana DP rumah pada dasarnya sedikit tricky. Artinya kamu harus paham betul pemasukan dan juga pengeluaran kamu sebulan. Nanti hal ini akan berkaitan dengan uang yang harus kamu sisihkan untuk ditabung sebagai dana uang muka rumah. Berikut ini ada beberapa tips mengumpulkan DP rumah,

  • Upayakan kamu mengurangi jajan dan makan di luar. Buatlah prep meal untuk mempermudah kamu masak sehari-hari dengan jadwal dan menu yang telah ditentukan.

  • Buatlah rekening sendiri agar dana DP rumah tidak tercampur dengan rekening untuk jajan dan keperluan bulanan.

  • Pastikan kamu membuat target dana DP. Selain itu sediakan juga 10% sebagai dana tambahan.

  • Pastikan kamu memiliki dana darurat juga ya. Nominal dana darurat bisa 6-12 kali pengeluaran bulanan. 

Nah, jadi kalau kamu sudah ada niatan untuk membeli rumah dan mengajukan KPR, pastikan dana DP sudah tersedia ya. Jadi, ketika kamu bermaksud membeli rumah dijual di Bandung atau kota lain, kamu sudah siap dengan uang muka yang tersedia. 



SHARE ARTIKEL