25 November Peringatan Hari Guru Nasional, Sudah Berterimakasih pada Para Guru?

Penulis Larensi Mahligai | Ditayangkan 24 Nov 2023

25 November Peringatan Hari Guru Nasional, Sudah Berterimakasih pada Para Guru?

hari guru 2023 - Image from kaltimtoday


Beberapa tahun terakhir ini, peringatan Hari Guru sangat ramai, baik di medsos maupun di lingkungan sekolah. Tepat tanggal 25 November setiap tahunnya adalah momen spesial ini awalnya terkait dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1945. Jadi, ini bukan cuma hari libur biasa! Sebelumnya, mereka dikenal sebagai Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912, lalu berubah jadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932.

Tema Hari Guru Nasional 2023

Disadur dari Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023, tema yang diusung pada peringatan Hari Guru Nasional 2023 adalah “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”

25 November Peringatan Hari Guru Nasional, Sudah Berterimakasih pada Para Guru?

logo hari guru 2023 - Image from kemendikbud

Filosofi Logo Hari Guru Nasional 2023

Berdasarkan informasi dari Panduan Penggunaan Logo Hari Guru Nasional 2023 Visual Guidelines, berikut filosofi dari logo yang diusun

  • Elemen-elemen desain yang terdiri atas figur Bapak dan Ibu Guru serta siswa/i tampak dinamis dan ceria dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

  • Penggunaan teknologi digambarkan dengan simbol-simbol wifi, laptop, handphone serta aplikasi Zoom Meeting, yang memiliki relevansi kuat sebagai alat penunjang kegiatan pembelajaran.

  • Bentuk hati menggambarkan seluruh komponen pendidikan mulai dari Guru, peserta didik hingga orang tua yang bersinergi mewujudkan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta agar memberikan hasil yang terbaik untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Banyak murid-murid yang memanfaatkan momen hari guru ini untuk berterimakasih dan memberi kenangan indah pada guru favoritnya. Biasanya ada yg memberi setangkai bunga, bucket hadiah, atau sekedar mengucapkan selamat hari guru dengan tulus pada guru saja sudah membuat beliau-beliau bangga bukan?

Masyarakat Indonesia diimbau untuk turut serta memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional, salah satunya melalui postingan media sosial. Dengan mencantumkan tagar #HGN2023 dan #terimakasihguruku dalam postingan konten peringatan Hari Guru Nasional 2023 di media sosial. Yuk, ramaikan Hari Guru Tahun ini





SHARE ARTIKEL