Silent Walking, tren olahraga gratis segudang manfaat

Penulis Larensi Mahligai | Ditayangkan 19 Oct 2023


Silent Walking, tren olahraga gratis segudang manfaat

berjalan kaki - Image from https://www.klikdokter.com/


Seperti namanya, silent walking adalah olahraga dengan berjalan kaki tanpa menggunakan headphone atau memainkan hp

Ya, anak muda sekarang cenderung tidak bisa lepas dengan hp. Apa lagi olahraga berjalan kaki atau lari yang biasanya dilakukan sendirian. Merasa kesepian atau memang menghidari suara bising dari sekitarnya, sehingga kebanyakan orang memilih memakai headphone.

Tetapi saat ini muncul tren olahraga baru yaitu silent walking. Berjalan kaki memang sangat baik untuk tubuh, tetapi yuk kita coba berjalan tanpa sibuk dg hp dan headphone. Hanya diri kita sendiri sambil lingkungan sekitar.

Ada yang mengaku lebih mindful karena berhasil memaksimalkan inderanya untuk mendengar suara alam, melihat alam yang indah, pikiran yang jernih, hingga muncul ide-ide kreatif. Silent Walking juga bisa menghilangkan stres.

Gagasan silent walking di alam sangat mengingatkan kita pada praktik tradisi meditasi mindfulness yaitu berjalan dengan penuh kesadaran, atau meditasi berjalan,” kata Rael Cahn, PhD, MD, pakar di Departemen Psikiatri dan Ilmu Perilaku University of Southern California.

Jika selama ini dipikiran kita seperti berisik sekali padahal sedang ditempat sepi, bisa jadi terapi baru dengan menggunakan Silent Walking ini

Silent Walking ini jika dilakukan dengan benar, bisa melatih otak kita untuk fokus pada masa kini, tidak melamun, tidak khawatir dengan masa depan, dan tidak merenungi pengalaman masa lalu. Praktik ini biasanyadisebut sebagai mindfulness.

Menurut Cahn, penelitian menunjukkan bahwa jalan-jalan di alam dengan penuh kesadaran dapat memperbaiki gejala kecemasan dan depresi. Meluangkan waktu untuk fokus pada momen saat ini juga dapat menurunkan tekanan darah atau meningkatkan kualitas tidur.

Kita bisa memaksimalkan panca indera dengan merasakan angin sepoi-sepoi, sinar matahari di wajah, mendengar suara burung, atau sensasi alami lainnya saat berjalan.

Mungkin awalnya memang bosan hingga tidak nyaman untuk kita sering melakukan hal secara multitasking atau mengandalkan musik, maka dari itu disarankan untuk konsistem melakukan Silent Walking untuk mendapatkan manfaat yang luar bias.

Tertarik untuk mencoba?

Kita bisa memulai dengan berjalan-jalan di dalam rumah atau sekitar kompleks rumah saja kok. Selamat mencoba!

SHARE ARTIKEL