Apa Perbedaan Keputihan Akan Haid dengan Hamil?

Penulis Larensi Mahligai | Ditayangkan 20 Jul 2023

Apa Perbedaan Keputihan Akan Haid dengan Hamil?

Ilustrasi Keputihan - Image from aido.id

Keputihan pada wanita tidak hanya bisa menandakan datangnya menstruasi, tapi juga menjadi salah satu tanda kehamilan. Lantas, apa perbedaan keputihan tanda haid dan keputihan karena mau hamil?

Keputihan merupakan sebuah kondisi yang terjadi ketika lendir atau cairan keluar dari vagina. Keputihan adalah cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan serta kelembaban organ kewanitaan pada wanita. Saat keputihan terjadi, cairan yang diproduksi oleh kelenjar vagina akan keluar dengan membawa berbagai sel mati dan bakteri. Akibatnya, vagina akan terlindungi dari berbagai infeksi dan bakteri.

Kondisi ini terjadi karena kadar hormon yang meningkat pada saat PMS atau pre menstruasi syndrom dapat membuat vagina lembab sehingga keputihan terjadi. Tak hanya itu, kondisi ini juga dapat meningkatkan aliran darah di area pelvis sehingga menghasilkan lendir dalam jumlah banyak di vagina.

Keputihan tergolong normal jika terjadi pada wanita pada masa menjelang menstruasi serta ibu hamil yang sedang mengalami perubahan hormon. Namun pada wanita yang telah mengalami menopause, keputihan sudah jarang terjadi, bahkan tidak terjadi lagi.

Perbedaan Keputihan Tanda Hamil dengan Keputihan Menjelang Haid
Untuk bisa mendeteksi kehamilan lebih awal, Anda harus bisa membedakan ciri keputihan tanda hamil dan keputihan menjelang haid. Berikut ini adalah perbedaan yang perlu Anda ketahui:

Jumlah keputihan
Jika Anda tidak bisa menentukan apakah keputihan yang terjadi merupakan tanda haid atau hamil, coba perhatikan volumenya.
Salah satu perbedaan antara keputihan tanda hamil dengan keputihan menjelang haid adalah pada jumlahnya. Keputihan tanda hamil umumnya berjumlah lebih banyak daripada keputihan menjelang haid. Jadi, Anda juga akan merasa celana dalam Anda menjadi lebih cepat basah.

Warna keputihan
Berbeda dengan keputihan biasa, keputihan tanda hamil cenderung berwarna putih susu. Namun, terkadang keputihan juga bisa berwarna putih kekuningan.

Warna keputihan saat haid dan hamil sama-sama tidak normal jika berubah menjadi kehijauan dan disertai bau tidak sedap yang menyengat. Perubahan warna tersebut menunjukkan adanya infeksi pada vagina. Segera hubungi dokter untuk penanganan yang tepat.

Tekstur keputihan

Meski agak sulit dibedakan, tekstur keputihan tanda hamil berbeda dengan tekstur keputihan menjelang haid. Tekstur keputihan tanda hamil cenderung lebih cair dan lengket.

Meski begitu, untuk memastikan bedanya keputihan karena haid dan hamil, Anda perlu melakukan pemeriksaan lanjutan seperti tes kehamilan atau pergi ke dokter.

Tenang, keputihan saat hamil bukan sesuatu yang berbahaya, kok. Namun, makin cepat kehamilan diperiksakan, makin baik. Selain untuk memantau kehamilan sejak awal, pemeriksaan ini juga perlu dilakukan untuk memastikan tidak adanya kehamilan ektopik atau kehamilan kosong. Anda juga bisa diberikan penanganan, termasuk peresepan obat keputihan pada ibu hamil yang sesuai.

SHARE ARTIKEL