Mengenal Toxic Parents, Apakah Kita Salah Satunya?

Penulis Larensi Mahligai | Ditayangkan 25 May 2023

Mengenal Toxic Parents, Apakah Kita Salah Satunya?

Toxic Parents - Image from hallosehat

Apa sih sebenarnya Toxic Parents itu? dan Apa dampak untuk anak kita kedepannya?

Toxic Parents adalah orang tua yang menjadi sumber luka dan menjadi racun untuk anak. Orang tua yang merusak fitrah baik anak-anak, sehingga bisa mengganggu pertumbuhan psikis dan tumbuh kembang anak.

Kebanyakan orang tua memang tanpa sadar melakukan hal-hal yang termasuk Toxic Parents. Karena banyak yang melakukan hal ini karena orang tua belum selesai dengan diri sendiri, ada trauma di masa lalu, atau disfungsional pada keluarganya dahulu.

Ciri-Ciri Toxic Parents

1. Egois dan kurang empati pada anak

2. Reaktif atau emosional

Bereaksi secara berlebihan, padahal seharusnya bisa berkata dengan lembut, bisa bersabar sebentar lagi, dan tidak berbicara kasar pada anak. Karena saat kita reaktif, kita malah semakin lelah. Semakin ingin berteriak dan marah-marah. Semua yang ada di depan kita terlihat salah.

3. Mudah menyalahkan anak atas emosi yang terjadi pada diri sendiri (Sumbu Pendek)

Sumbu pendek adalah kode dari Allah jika kita tidak baik2 saja. Kita perlu menenangkan diri. Seperti kata-kata ini:

"Kamu nih, bikin mama enggak bisa fokus kerjaan."

"Jangan nangisan dong, mama pusing denger kamu menangis terus, mama stres."

Tanpa sadar kata-kata tersebut kita lontarkan begitu saja, tetapi ternyata bisa melukai hati anak. Ada anak yang sangat perasa, jadi ketika mendengar kata-kata tidak mengenakkan, dia bisa sedih. Jangan berikan tanggungjawab pada anak atas apa yang kita rasakan. Belajar untuk bersabar dan mengontrol emosi dan perkataan. 

Karena 'anak bisa saja salah mendengar, tetapi tidak mungkin salah mencontoh kita sebagai orang tua.'

4. Menuntut berlebihan

Menuntut anak untuk mampu melakukan apa yang anak lain bisa secara berlebihan atau memaksa anak menyelesaikan obsesi orang tua. Misalkan dulu kita tidak bisa masuk ke sekolah dan jurusan impian, maka anak kita yang harus melanjutkannya. Padahal sebenarnya anak sudah menolaknya, tetapi kita paksakan.

Pola asuh kita saat ini sangat berpengaruh pada perkembangan anak kedepannya. Jadi, jika ada beberapa ciri Toxic Parents yang sering kita lakukan, segeralah diperbaiki. Terkadang masa lalu membuat orang tua mengulang sejarah pola asuh yang kurang ideal, sehingga bisa jadi mata rantai yang susah putus.

Semangat, Parents


SHARE ARTIKEL