Obat Tetes Telinga untuk Mengeluarkan Kotoran

24 Dec 2019  Isfatu Fadhilatul

Obat Tetes Telinga untuk Mengeluarkan Kotoran

Ilustrasi Obat Tetes Telinga - Image from hellosehat.com

Obat Tetes Telinga untuk Mengeluarkan Kotoran Kenali berbagai macam obat tetes telinga, obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran, obat tetes telinga forumen, dan efek sampingnya berikut ini

Kita pasti sering mengalami telinga gatal, telinga infeksi, atau masalah lainnya. Obat acapkali digunakan untuk mengatasi berbagai masalah tersebut.

Dan berikut kami akan membahas beberapa obat tetes telinga gatal, obat tetes telinga berdengung, obat tetes telinga anak untuk mengeluarkan kotoran yang paling sering digunakan, meliputi komposisi, cara penggunaan, serta efek sampingnya.

Obat Tetes Telinga

Obat tetes telinga umumnya digunakan untuk mengatasi berbagai bentuk perawatan, misalnya seperti mengobati infeksi telinga, hingga mengeluarkan kotoran yang ada di telinga.

Obat tetes telinga bisa dibeli langsung di apotek (tanpa resep dokter) dan bisa juga menggunakan resep dari dokter. Terlepas dari apapun jenis obat tetes telinga yang digunakan, sangat penting untuk menggunakan obat tetes telinga secara benar sesuai anjuran pemakaian dan dosisnya.

1. Obat tetes telinga Otopain

Obat Tetes Telinga untuk Mengeluarkan Kotoran

Obat Tetes Telinga Otopain - Image from perawatankesehatan.com

Otopain merupakan obat tetes telinga produksi interbat yang efektif untuk mengatasi penyakit infeksi pada telinga dengan gejala seperti nyeri, bengkak, gatal serta telinga berair. Obat tetes telinga otopain merupakan obat kombinasi yang terdiri dari antibiotik, analgetik, serta anti radang.

Antibiotik yang terkandung pada Otopain berupa polimiksin B sulfat dan neomisin sulfat yang mempunyai spektrum luas. 

Sedangkan kandungan radang dalam Otopain berupa Fludrokortison Asetat yang mempunyai efek anti inflamasi, anti alergi, sekaligus anti gatal.

Nah, untuk pereda nyeri (analgetik) dalam Otopain berupa Lidocain HCl yang merupakan zat anestesi lokal, yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit pada telinga.

Obat tetes telinga otopain dikemas dalam botol kecil dengan netto 8 ml yang juga dilengkapi dengan penetes telinga, Anda bisa mendapatkannya dengan kisaran harga Rp. 87.000. Adapun komposisi untuk setiap 1 ml nya adalah : 

  1. 10,000 IU Polimiksin B Sulfat 
  2. 5 mg Neomisin Sulfat 
  3. 1 mg Fludrocortisone Acetate
  4. 40 mg Lidocaine HCl

Apa sih kegunaan obat tetes telinga otopain? Nah, sesuai dengan kandungan, serta cara kerjanya masing-masing, otopain bisa digunakan untuk mengatasi infeksi telinga luar, seperti otitis eksterna akut dan kronis yang disebabkan karena bakteri yang sensitif terhadap Polimiksin dan Neomisin Sulfat.

Otopain mengatasi infeksi dengan cara membunuh bakteri penyebabnya. Selain itu, obat ini juga membantu mengobati rasa sakit serta peradangan yang terjadi. Berikut cara pemakaian obat tetes telinga otopain :

  1. Teteskan pada telinga yang sakit sebanyak 4-5 tetes.
  2. Pengobatan diberikan 2-4 kali dalam sehari, tergantung tingkat keparahan penyakit.
  3. Lamanya pengobatan tidak lebih dari 10 hari, oleh karena itu segera hubungi dokter apabila tidak ada perbaikan selama periode ini.

Apakah obat tetes telinga otopain menimbulkan efek samping? Jawabannya adalah ya. Obat ini bisa menimbulkan efek samping sensitisasi pada kulit antara lain :

  • Rasa terbakar
  • Rasa gatal
  • Iritasi
  • Kulit menjadi kering
  • Munculnya folikulitis (bruntusan seperti jerawat)
  • Munculnya hipertrikosis (bulu-bulu)
  • Mengalami hiperpigmentasi (perubahan warna kulit menjadi lebih gelap)
  • Dermatitis kontak alergi
  • Maserasi kulit dan atrofi
  • Infeksi sekunder (terutama ketika digunakan dalam waktu yang lama)
  • Striae dan miliaria.

2. Obat tetes telinga Vital

Obat Tetes Telinga untuk Mengeluarkan Kotoran

Obat Tetes Telinga Vital - Image from www.halodoc.com

Obat tetes telinga vital diproduksi oleh Medikon Prima Laboratories. Obat ini merupakan cairan tetes telinga yang mengandung Thymol, Oleum Menthol, serta Oleum Camphora

Indikasi umum obat ini adalah untuk otitis eksterna, otitis media, dan radang telinga. Selain itu, cairan ini juga digunakan untuk mengatasi beberapa masalah telinga seperti melunakkan kotoran pada telinga dan mencegah infeksi telinga.

Kisaran harga obat ini adalah Rp. 17.000. Adapun kemasan VITAL EAR OIL adalah botol berisi 10ml, dengan komposisi antara lain :

  • 10 mg Thymol 
  • 20 mg Menthol 
  • 600 mg Camphor 
  • 10 ml Paraffin liquid ad

Bagaimana penggunaan obat tetes telinga vital? Nah, untuk penggunaannya sendiri, caranya yaitu diteteskan pada telinga yang sakit, sebanyak 2 tetes, dan lakukan 3 kali dalam sehari.

Hati-hati ya, obat ini tidak disarankan untuk orang yang mengalami hipersensitif terhadap bahan aktif yang terkandung, dan perforasi gendang telinga. 

Mengingat obat ini adalah obat yang keras, maka cegah kontak langsung dengan mata. Apabila sudah menggunakan obat ini namun keluhan masih berlanjut, maka konsultasikan ke dokter.

Baca Juga :
1. Bahayakah Benjolan di Belakang Telinga Pada Bayi?
2. Obat Mujarab Sariawan di Lidah yang Alami
3. Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis

3. Obat tetes telinga Santadex

Obat Tetes Telinga untuk Mengeluarkan Kotoran

Obat Tetes Telinga Santadex - Image from teknonatura.wordpress.com

Obat tetes telinga santadex produksi PT. Sandai Farma ini memiliki indikasi antiseptik, adstringens, dan anti iritasi. Sehingga bermanfaat untuk mengobati infeksi pada telinga, mengobati iritasi pada telinga, dan membantu melunakkan kotoran telinga supaya mudah dikeluarkan.

Obat ini mengandung komposisi 3.000 % Acidum Boricum dan 0.500 % Zinc Sulfate. Anda bisa mendapatkannya dengan kisaran harga Rp. 16.500.

Cara pemakaian obat tetes telinga santadex adalah dengan meneteskannya pada telinga yang sakit sebanyak 2 tetes, dan lakukan 3 kali dalam sehari atau sesuai petunjuk dokter.

Itulah penjelasan tentang beberapa macam obat tetes telinga ini, perlu diperhatikan bahwa mungkin Anda memiliki alergi terhadap suatu bahan tertentu, oleh karena itu konsultasikan dahulu ke dokter sebelum membeli obat tetes telinga. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa