Makanan untuk Ibu Hamil Trimester Pertama, Kedua, dan Ketiga

 26 Dec 2019  Isfatu Fadhilatul

Makanan untuk Ibu Hamil Trimester Pertama, Kedua, dan Ketiga

Ilustrasi Makanan Untuk Ibu Hamil - Image from www.motherandbaby.co.id

Makanan untuk Ibu Hamil Trimester Pertama, Kedua, dan Ketiga Yuk, penuhi nutrisi Ibu hamil dan janin dengan berbagai macam makanan untuk Ibu hamil berikut ini.

Ibu hamil memerlukan banyak nutrisi dan vitamin, karena sekarang Bunda tidak hanya makan untuk diri sendiri melainkan juga untuk si Kecil yang sedang ada dalam kandungan. Dengan nutrisi dan vitamin yang tercukupi, maka tumbuh kembang si Kecil akan semakin bagus. Lalu apa aja sih makanan untuk Ibu hamil itu? Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Juga :
1. Anemia Pada Ibu Hamil: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya
2. Tinggi Badan Ideal Bayi dan Balita, Bunda Wajib Tahu!
3. Penyebab, Gejala, dan Penanganan Bayi Baru Lahir Kuning

Makanan Untuk Ibu Hamil

Mengapa Ibu hamil harus mendapatkan nutrisi dan vitamin yang cukup? Nah, jika Bunda tidak menerapkan pola hidup sehat, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, maka bisa saja membuat sel-sel janin yang sedang berkembang menjadi organ tubuh, mengalami kerusakan atau bahkan tidak terbentuk dengan sempurna.

Yang mana kondisi tersebut dapat beresiko terjadinya cacat bawaan lahir, bahkan keguguran. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mengetahui jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi selama trimester pertama hingga trimester ketiga atau menjelang melahirkan.

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Trimester pertama berlangsung selama 13 minggu, pada fase ini, si Kecil akan berukuran 6 – 7 mm dan akan terus berkembang dengan baik apabila mendapatkan gizi yang cukup dari Bunda.

Adapun makanan untuk Ibu hamil muda adalah makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, vitamin, serta mineral. Nutrisi tersebut bisa Bunda dapatkan dari :

  1. Sayuran hijau

    Beberapa contoh sayuran hijau yang baik dikonsumsi sebagai makanan untuk Ibu hamil 1 bulan adalah brokoli, bayam, sawi, kale, serta kubis. Sayuran tersebut mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh Ibu hamil, seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, serat, folat, kalium, serta antioksidan.

    Kandungan serat yang tinggi di dalamnya juga bisa mencegah sembelit yang biasa terjadi pada Ibu hamil. Selain itu, mengkonsumsi sayuran hijau juga dipercaya mampu menurunkan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

  2. Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan untuk Ibu hamil 8 minggu yang wajib untuk dikonsumsi, hal ini karena kacang-kacangan mengandung folat yang tinggi, yang berguna untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf serta lahir dengan berat badan rendah. Bunda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kedelai, kacang panjang, kacang polong, kacang tanah, dan lentil.

  3. Buah-buahan

    Seperti halnya sayuran hijau, buah-buahan juga merupakan makanan untuk Ibu hamil 2 bulan yang wajib untuk dikonsumsi, pasalnya buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang mampu menjaga kesehatan pencernaan serta mencegah konstipasi.

    Buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi Ibu hamil di trimester pertama adalah jeruk, pepaya, mangga, melon, alpukat, stroberi, pisang, serta kiwi.

    Bunda disarankan untuk mengkonsumsi 5 porsi buah dengan warna yang berbeda setiap harinya. Apabila bosan dengan buah segar, Bunda juga bisa mengolahnya menjadi jus buah. Tapi ingat ya Bun, cuci dulu buah-buahan tersebut sampai benar-benar bersih sebelum mengolahnya.

    Hal yang tak kalah penting adalah, hindari menambahkan gula atau pemanis pada olahan buah yang akan dimakan, karena bisa meningkatkan kadar gula darah serta merusak kesehatan gigi.

  4. Susu dan produk olahan susu

    Susu serta berbagai produk olahan susu, seperti yoghurt dan keju, sangat baik dikonsumsi sebagai makanan untuk Ibu hamil 3 bulan. Hal ini karena susu mengandung banyak kalsium dan protein yang bermanfaat untuk pertumbuhan janin serta kesehatan tulang ibu hamil.

    Selain itu, susu dan produk olahan susu juga mengandung fosfor, vitamin B, magnesium, zinc, serta probiotik yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan pencernaan Ibu hamil.

    Bunda disarankan untuk memilih susu atau produk olahan susu yang rendah lemak dan gula, serta hindari mengkonsumsi susu dan produk olahan susu yang tidak dipasteurisasi karena beresiko mengandung bakteri yang berbahaya bagi Ibu hamil dan juga janin.

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

Trimester kedua dimulai pada minggu ke-14 hingga minggu ke-27 usia kandungan. Pada fase ini tumbuh kembang si Kecil sudah semakin pesat, alis, bulu mata, kelopak mata, kuku hingga rambutnya pelan-pelan akan mulai terbentuk.

Agar anggota tubuh si Kecil semakin berkembang dengan baik, Bunda perlu mengkonsumsi makanan yang tinggi asam folat, asam lemak omega-3, kalsium, zat besi, dan zinc. Setidaknya, Bunda membutuhkan asupan tambahan 300 hingga 500 kalori dalam sehari.

Hal yang harus diingat adalah, meskipun Bunda telah menginjak trimester kedua, bukan berarti makanan pada trimester pertama harus dikurangi ataupun diganti.

Bunda tetap harus mengkonsumsi makanan yang sebelumnya sudah dijelaskan pada trimester pertama, kemudian ditambah dengan mengkonsumsi makanan di trimester kedua, seperti :

  1. Ubi

    Ubi merupakan salah satu makanan untuk Ibu hamil 4 bulan, hal ini karena kandungan vitamin A dalam ubi sangat penting untuk pertumbuhan sel serta jaringan si Kecil.

  2. Ikan salmon

    Ikan salmon termasuk sumber vitamin hewani yang harus dijadikan makanan untuk Ibu hamil 5 bulan, hal ini karena ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 seperti EPA dan DHA, yang berperan penting dalam perkembangan otak serta mata si Kecil yang sedang tumbuh.

  3. Telur

    Telur termasuk makanan sehat bagi Ibu hamil terutama ketika kehamilan menginjak trimester kedua, hal ini karena telur sangat bagus untuk meningkatkan asupan gizi secara keseluruhan. Selain itu, kandungan kolin dalam telur bermanfaat untuk kesehatan otak dan perkembangan si Kecil.

  4. Daging

    Daging-dagingan seperti daging sapi, daging ikan, dan daging ayam merupakan makanan berprotein tinggi yang sangat bagus dikonsumsi sebagai makanan untuk Ibu hamil. Selain itu, setiap daging juga mempunyai kandungan zat besi yang berperan sebagai mineral yang dibutuhkan oleh sel darah merah, yang mana sel darah merah ini memiliki peran penting untuk mengantarkan oksigen ke semua sel dalam tubuh.

  5. Sereal

    Sereal mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat, dan kalsium yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi si Kecil. Selain itu, sereal juga bisa mengatasi gangguan mual, muntah bahkan kehilangan nafsu makan ketika Ibu hamil mengalami morning sickness.

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Trimester ketiga dimulai pada minggu ke-28 hingga minggu ke-41 atau mendekati waktu melahirkan. Pada fase ini, mata si Kecil sudah mulai terbuka, rambutnya sudah tumbuh, bahkan berat badannya pun bertambah.

Nah, agar tumbuh kembangnya semakin matang dan untuk menghindari bayi lahir dengan berat badan rendah, maka Bunda harus mengkonsumsi makanan yang sesuai, antara lain :

  1. Alpukat

    Alpukat merupakan makanan untuk Ibu hamil 7 bulan yang tidak boleh dilupakan, hal ini karena alpukat mengandung banyak zat besi dan omega-3 yang merupakan nutrisi fokus saat kehamilan trimester ketiga. Selain alpukat, Bunda juga bisa mendapatkan lemak baik dari minyak zaitun, kacang-kacangan dan sereal gandum.

  2. Selai kacang

    Selai kacang menjadi salah satu opsi makanan untuk Ibu hamil 9 bulan karena mengandung lemak baik seperti asam lemak omega-3, yang diketahui sangat baik untuk perkembangan otak si Kecil. Tapi sebelum mengkonsumsinya, pastikan dulu Bunda tidak alergi kacang ya!

  3. Ikan

    Untuk menu lauk, Bunda bisa memilih ikan, karena ikan mengandung zat besi yang sangat penting untuk tubuh Bunda maupun si Kecil selama kehamilan. Seperti yang kita ketahui, kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia, yang akan memicu rasa mudah lelah dan pusing pada Ibu hamil.

    Selain itu, ikan juga kaya akan nutrisi penting lainnya seperti protein, yang membuat makanan ini menjadi salah satu makanan sehat untuk Ibu hamil trimester ketiga.

Demikian beberapa contoh makanan untuk Ibu hamil. Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi, jangan lupa ya Bun, selalu minum air putih yang cukup, dan tetap rutin berkonsultasi ke dokter kandungan untuk memeriksa kondisi si Kecil. Semoga bermanfaat.