9 Gejala Kolesterol Tinggi yang Patut Diwaspadai

 23 Dec 2019  Isfatu Fadhilatul

9 Gejala Kolesterol Tinggi yang Patut Diwaspadai

Ilustrasi gejala kolesterol tinggi - Image from www.chrissalin.com

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol adalah lemak yang sangat baik untuk tubuh. Sebenarnya kolesterol tidak selalu berdampak buruk bagi tubuh, pasalnya tubuh memerlukan zat tersebut untuk mendukung proses metabolisme, membangun sel-sel baru, membantu produksi vitamin D, serta membentuk hormon.

Namun sayangnya, gaya hidup zaman sekarang yang tidak sehat merupakan faktor utama penyebab meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Apabila kondisi ini terus dibiarkan, maka kolesterol akan membentuk suatu plak yang dapat menghambat aliran darah, yang memicu timbulnya penyakit jantung dan pembuluh darah.

Nah, untuk mengetahui kadar kolesterol yang normal, Anda perlu memahami dulu jenis kolesterol serta fungsinya. Faktanya, kolesterol tidak bisa larut dalam darah. sehingga organ hati memproduksi zat yang bernama lipoprotein untuk menyalurkan kolesterol ke seluruh tubuh. Utamanya, lipoprotein terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. Low-density lipoprotein (LDL)
    LDL atau yang lebih dikenal sebagai ‘kolesterol jahat’ ini berfungsi sebagai carrier atau pembawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri. Jika kadarnya terlalu tinggi, maka LDL akan menumpuk di dinding pembuluh arteri.

  2. High-density lipoprotein (HDL)
    HDL yang dikenal sebagai ‘kolesterol baik’ ini berfungsi mengembalikan kolesterol berlebih ke hati, untuk dikeluarkan dari tubuh.

Selain itu, terdapat jenis lemak lainnya yang disebut dengan trigliserida. Berbeda dengan kolesterol yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel dan beberapa hormon, trigliserida digunakan untuk sumber tenaga.

Pembentukan trigliserida terjadi ketika tubuh mengubah sisa kalori yang tidak terpakai. Jika tubuh terus menerus mendapat asupan kalori secara berlebihan dibandingkan dengan yang dibutuhkan (yang dipakai), maka kadar trigliserida akan naik. Kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Berikut nilai kolesterol normal yang terdiri dari LDL, HDL, trigliserida, serta kolesterol total, yang dapat diketahui dari pemeriksaan darah : 

  • LDL : kurang dari 100 mg/dL.
  • HDL : 60 mg/dL atau lebih.
  • Trigliserida : kurang dari 150 mg/dL.
  • Kolesterol total : kurang dari 200 mg/dL.

Perlu diketahui bahwa semakin tinggi kadar kolesterol HDL, maka akan lebih baik bagi tubuh. Dan sebaliknya, makin tinggi kadar kolesterol LDL, trigliserida, dan kolesterol total, maka akan semakin buruk untuk kesehatan. Dari sini dapat kita tarik kesimpulan bahwa kolesterol tinggi merupakan gabungan dari nilai kolesterol total dan LDL yang tinggi, serta HDL yang rendah. 

Gejala Kolesterol Tinggi

9 Gejala Kolesterol Tinggi yang Patut Diwaspadai

Ilustrasi gejala kolesterol tinggi - Image from hellosehat.com

Gejala kolesterol tinggi adalah tanda-tanda atau ciri-ciri yang menandakan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Sebenarnya, tidak ada keluhan pasti yang dapat menggambarkan kolesterol yang tinggi. Akan tetapi, ada beberapa gejala yang sering dirasakan oleh seseorang yang mengalami kolesterol tinggi, di antaranya yaitu : 

  1. Nyeri di bagian tengkuk
    Meski tidak selalu disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi, nyatanya nyeri di bagian tengkuk ini cukup sering dialami oleh penderita kolesterol tinggi. Hal ini erat kaitannya dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher, yang mana dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher menuju ke otak.

  2. Mudah merasa lelah
    Salah satu gejala kolesterol tinggi dan asam urat adalah mudah lelah. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, dapat membentuk suatu plak di pembuluh darah, hal ini menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh, sehingga tubuh akan lebih mudah merasa lelah.

    Disamping itu, apabila penumpukan plak ini terjadi pada pembuluh darah di kaki, maka akan menimbulkan, gejala kolesterol tinggi pada pria, dan gejala kolesterol tinggi pada kepala gejala pada kaki seperti kaki terasa berat, nyeri, bahkan terasa perih seperti terbakar.

  3. Sakit kepala, kesemutan, dan pegal-pegal,
    Gejala kolesterol tinggi pusing dapat terjadi terlebih jika Anda juga menderita darah tinggi, maka sakit kepala ini akan langsung menyerang. Sakit kepala yang muncul bisa sangat mengganggu dan bahkan terasa berat, akan tetapi akan membaik setelah serangan kolesterol tinggi mereda.

    Selain itu, sering merasa kesemutan atau bahkan pegal-pegal, juga merupakan gejala kolesterol tinggi. Kesemutan biasanya terjadi hanya karena Anda duduk terlalu lama dengan posisi tubuh yang tidak berubah.

    Akan tetapi, sering kesemutan, sakit kepala dan pegal-pegal bukanlah satu-satunya gejala dari kolesterol tinggi, bisa jadi gejala tersebut merupakan tanda adanya masalah kesehatan yang lain. Oleh karena itu, segera periksakan ke dokter untuk memastikan kondisi Anda

  4. Nyeri di bagian dada
    Ketika kadar kolesterol pada tubuh terlalu tinggi, maka penumpukan plak juga bisa terjadi di area pembuluh darah jantung, yang mana hal ini dapat mengganggu, bahkan menghambat aliran darah menuju jantung.

    Salah satu gejala kolesterol tinggi pada wanita yang umumnya muncul akibat hal tersebut adalah nyeri di bagian dada. Bahkan jika sumbatannya terjadi secara total atau keseluruhan, maka hal ini bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung.

    Nyeri yang muncul biasanya akan terasa lebih berat apabila kolesterol naik bersamaan dengan perasaan tertekan atau stres berlebihan. Oleh karena itu, selain menjalani pola hidup yang sehat, Anda juga harus menjauhi faktor penyebab stres.

  5. Nyeri sendi
    Gejala kolesterol dan asam urat yang paling sering terjadi adalah rasa nyeri atau ngilu pada persendian, yang disertai dengan pembengkakan dan kemerahan.

  6. Sulit bernafas
    Meskipun gejala ini lebih sering dikaitkan dengan penyakit asma, akan tetapi masalah kesehatan ini juga termasuk dalam gejala kolesterol tinggi. Oleh karena itu, segera periksakan ke dokter apabila Anda merasakan gejala ini, agar segera mendapatkan tindakan yang sesuai.

  7. Jantung berdebar-debar
    Gejala kolesterol tinggi selanjutnya adalah jantung berdebar-debar, yang disebabkan oleh banyaknya kolesterol di dalam tubuh sehingga jantung memerlukan kerja yang ekstra untuk memompa darah. Parahnya lagi, jika kondisi ini terus berulang dalam jangka waktu yang cukup lama, maka akan mengakibatkan penyakit gagal jantung yang sangat berbahaya.

  8. Gejala Stroke
    Kolesterol yang menumpuk dan menjadi plak di pembuluh darah otak, menyebabkan otak terhambat mendapatkan aliran darah dan oksigen yang cukup. Hal ini mengakibatkan gejala seperti sebelah sisi tubuh lemah, muntah, serta nyeri kepala. Mengingat gejala ini merupakan kondisi yang serius, maka penderita harus segera mendapatkan penanganan.

  9. Xanthelasma
    Xanthelasma merupakan kondisi dimana kolesterol yang tinggi menumpuk dan mengendap di bawah kulit. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala seperti munculnya warna kuning muda di ujung kelopak mata atau bentol kecil di bagian tubuh yang terlipat seperti lutut, tumit, ataupun siku.

Perlu diketahui bahwa gejala-gejala di atas tentunya bukanlah suatu kepastian dari kolesterol tinggi, akan tetapi penderita kolesterol tinggi pasti akan mengalami minimal satu dari gejala di atas.

Oleh karena itu, untuk Anda yang merasakan gejala diatas, segeralah periksa ke dokter untuk mendapatkan kepastian dan penanganan yang sesuai.

Jangan lupa, selalu jaga pola makan dan gizi Anda, serta jalani pola hidup yang lebih sehat. Jangan biarkan kolesterol tinggi merusak kesehatan jasmani Anda. Semoga bermanfaat.