Manfaat Membaca Ayat Kursi Setelah Sholat

 15 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

Manfaat Membaca Ayat Kursi Setelah Sholat

Manfaat membaca ayat kursi setelah sholat - Image from zongorepublic.com

Manfaat membaca ayat kursi setelah sholat sangatlah banyak, berikut penjelasannya.

Ayat kursi adalah sebutan untuk Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat ke-255. Mengapa disebut ayat kursi? Disebut ayat kursi atau dalam bahasa Arab (آيَةُ الْكُرْسِىِّ) karena di dalam bacaannya terdapat kalimat kursiyyuhu (كُرْسِيُّهُ).

Membaca ayat kursi merupakan amalan yang sangat baik, karena terdapat manfaat yang sangat banyak di dalamnya. Kita bisa membacanya di setiap kesempatan, terutama setelah melaksanakan shalat. Dan berikut akan kami jelaskan tentang manfaat membaca ayat kursi setelah sholat.

Keutamaan Membaca Ayat Kursi Setelah Sholat

Sebelum masuk ke bab manfaat membaca ayat kursi, marilah kita mengulas tentang makna ayat kursi itu sendiri, sekaligus menjawab pertanyaan mengapa bisa disebut sebagai ayat kursi. Untuk bacaan ayat kursi, bisa Anda baca disini : Lafadz Ayat Kursi Lengkap Dengan Latin dan Artinya

Di dalam Tafsir Al Munir, Syaikh Wahbah Az Zuhaili menerangkan bahwa makna Al Kursi adalah Al ‘Ilmu (ilmu). 

Pendapat lain disampaikan oleh Syaikh Wahbah, beliau menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan Al Kursi pada Q.S Al Baqarah ayat 255 merupakan keagungan Allah SWT. Jadi dapat kita simpulkan, tidak ada makna al kursi (kursi atau tempat duduk), al qu’ud (duduk) dan al qaa’id (yang duduk) dalam ayat tersebut.

Allah SWT berfirman, 

وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالْأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّماوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ

Artinya : “Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha suci Dia dan Maha tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.” (QS. Az Zumar: 67)

Ulama besar Hasan Al Bashri mengemukakan bahwa yang dimaksud Al Kursi pada surah Al-Baqarah adalah arsy.

Sedangkan ulama Ibnu Katsir dalam tafsirnya berpendapat, "yang benar adalah bahwa Al Kursi bukanlah arsy karena arsy lebih besar dari al kursi sebagaimana dijelaskan oleh beberapa hadits dan atsar."

Begitu banyak pendapat tentang makna ayat kursi, namun hal yang harus kita ketahui adalah membaca ayat kursi memiliki banyak keutamaan. Adapun hikmah dari membaca ayat kursi antara lain adalah :

1. Ayat kursi merupakan ayat yang paling agung.

Ayat kursi merupakan ayat yang paling agung dalam Al-Qur'an, disebut demikian karena terdapat dalil yang menjelaskannya.

Sebagaimana yang terdapat dalam pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah kepada sahabat Ubay bin Ka’ab, “Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim).

2. Keagungan ayat kursi melebihi langit dan bumi.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)”

Sufyan ats-Tsauri menjelaskan, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi” (HR. At-Tirmidzi)

3. Ayat kursi merupakan bacaan dzikir sebelum tidur.

Ayat kursi merupakan bacaan dzikir sebelum tidur yang menjadikan tidur menjadi nyenyak dan insya Allah akan mendapat mimpi yang indah.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan syaitan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari).

Oleh karena itu, jadikanlah ayat kursi sebagai amalan dzikir yang rutin dibaca ketika hendak tidur. Selain itu, ayat kursi juga merupakan amalan dzikir saat pagi dan petang.

4. Ayat kursi merupakan salah satu alasan masuk surga.

Ayat kursi merupakan salah satu sebab seorang muslim masuk surga, hal ini dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Selain ayat kursi, terdapat bacaan dalam Al-Qur'an yang juga memiliki keistimewaan, salah satunya adalah surat yasin. Baca selengkapnya disini :
1. Kandungan dan Keutamaan Surah Yasin
2. Faedah Surat Yasin : "Tangan dan Kaki Berbicara Kelak di Hari Kiamat"

Manfaat Membaca Ayat Kursi Setelah Sholat

Adapun hadits yang telah disebutkan diatas menerangkan tentang betapa luar biasanya keutamaan yang dimiliki oleh ayat kursi. Dan diantara hikmah atau manfaat baca ayat kursi setelah sholat adalah sebagai berikut:

1. Barangsiapa yang membaca ayat kursi dengan niat yang istiqomah setiap selesai melaksanakan shalat fardhu, setiap pagi dan petang, setiap kali masuk kerumah atau pasar, setiap kali masuk ke kamar tidur dan musafir, insyaallah ia akan diamankan dari godaan syaitan, dan dari kejahatan para raja yang kejam, diselamatkan dari kejahatan manusia dan kejahatan binatang yang buas. Serta akan terpelihara dirinya dan keluarganya, demikian hartanya.

2. Barangsiapa yang membaca ayat kursi sebanyak 18 kali, insya Allah ia akan hidup dengan jiwa yang tauhid, dibukakan baginya berbagai hikmat, dipermudah rezekinya, dinaikkan martabatnya, diberikan pengaruh kepadanya agar orang selalu segan kepada dia, serta ia akan dipelihara dari berbagai macam bencana atas izin Allah Ta'ala.

3. Barangsiapa yang membaca ayat kursi sebanyak 7 kali setiap harinya, maka akan ada benteng pertahanan Rasulullah SAW terhadap dirinya.

4. Barangsiapa yang membaca ayat kursi sebanyak 50 kali, kemudian ia tiupkan pada air hujan kemudian diminum, maka insya Allah Allah Ta'ala akan mencerdaskan akalnya dan memudahkannya dalam memahami pelajaran yang ia pelajari.

5. Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah melaksanakan shalat fardhu 5 waktu , maka Allah akan mengampuni dosanya.

6. Barangsiapa yang membaca ayat kursi ketika hendak tidur, maka ia akan terpelihara dari gangguan syaitan, dan barangsiapa yang membaca ayat kursi saat ia marah, maka Allah akan hilangkan amarahnya.

7. Barangsiapa yang membaca ayat kursi sebanyak 170 huruf, maka insya Allah Allah Ta'ala akan memberikan pertolongan kepadanya dalam segala hal, kemudian Allah menunaikan segala hajatnya, dilapangkan pikirannya, dipermudah rezekinya, dihilangkan rasa sedihnya, dan diberikan apa yang diinginkannya.

8. Barangsiapa yang membaca ayat kursi sebanyak 1000 kali dalam sehari semalam selama 40 hari lamanya, maka demi Allah, demi Rasul-Nya, dan demi Al-Qur'an yang mulia, Allah akan membukakan baginya pandangan rohani, dipenuhi yang dimaksudkannya, dan diberi pengaruh kepada manusia.

Demikianlah artikel tentang manfaat membaca ayat kursi setelah sholat ini, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk selalu mengamalkan ayat kursi di setiap keadaan Anda.