Peluang Besar Usaha Kerajinan Akrilik

 12 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

Peluang Besar Usaha Kerajinan Akrilik

Kerajinan akrilik - Image from tokopedia.com

Kerajinan akrilik dapat menjadi usaha yang menghasilkan omset puluhan juta per bulannya. Berikut penjelasannya.

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan akrilik, apalagi jika kita orang yang gemar berwisata dan membeli cinderamata. Cinderamata berbahan akrilik selain mempunyai bentuk yang indah, bahannya juga awet sehingga tidak mudah rusak.

Usaha akrilik ini merupakan ide usaha yang sangat bagus apalagi jika tempat tinggal Anda merupakan daerah wisata yang ramai. Nah, jika Anda tertarik dengan kerajinan akrilik, berikut akan kami jelaskan mengenai kerajinan akrilik lebih jauh.

Pengertian Akrilik 

Kerajinan akrilik adalah kerajinan yang berbahan dasar akrilik, yaitu polymethyl methacrylate berupa polimer sintetis dari metil metakrilat yang sifatnya mencair apabila dipanaskan serta memiliki permukaan yang transparan.

Akrilik sendiri diperkenalkan pertama kali pada tahun 1928 di berbagai laboratorium dunia, yang kemudian dijual ke pasaran pada tahun 1933 oleh Rohm and Haas Company.

Biasanya polymethyl methacrylate dijual dengan merek Limacryl, Plexiglas, Acrylite, Altuglas, Vitroflex, Perspex, Acrylplast, Lucite dan secara umumnya dikenal dengan kaca akrilik atau akrilik saja.

Karakter akrilik ini sangat unik, yaitu berupa lembaran plastik yang sangat keras. Warna akrilik tidak cepat pudar, dan bobotnya pun ringan, tak heran jika akrilik menjadi salah satu bahan baku unggulan untuk kerajinan.

Selain itu, akrilik sangat mudah dibentuk dan mudah meleleh, sehingga dapat dengan mudah dijadikan berbagai macam benda. Misalnya cinderamata, piala, piagam, bingkai foto, dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri, penghasil kerajinan akrilik terbanyak dapat kita jumpai di Kota Gede Yogyakarta, dan juga di Kota Bandung.

Kerajinan akrilik Jogja biasanya berupa gantungan kunci dan souvenir lainnya, yang mana berbahan baku perak kemudian dilapisi dengan akrilik.

Baca Juga :
9 Contoh Kerajinan dari Tanah Liat yang Bermanfaat

Cara Membuat Plastik Akrilik

Plastik akrilik bisa Anda buat sendiri loh, sehingga produktivitas bisa semakin naik.

Nah, jika Anda berencana membuat bahan akrilik sendiri, Anda bisa menggunakan serbuk yang berpolimerisasi suspensi, kemudian tangguhkan monomer dalam larutan air dan tambahkan juga katalis.

Hal seperti ini akan menyebabkan terbentuknya polimer di antara tetesan pada monomer. Polimerisasi suspensi ini dapat membentuk butiran-butiran plastik akrilik dengan ukuran yang sangat spesifik.
 
Anda juga bisa menggunakan polimerisasi massal untuk membuat plastik akrilik yang pertama, yaitu dengan cara menuangkan monomer dan katalis ke dalam cetakan.

Polimerisasi massal meliputi dua prosedur terpisah, yang mana berdasarkan pada ukuran ketebalan lembaran plastik akrilik tersebut.

Jika Anda berniat membuat lembaran plastik akrilik yang lebih tebal dan kuat, maka Anda harus menggunakan polimerisasi massal sel batch.

Polimerisasi massal yang berkelanjutan akan sangat bagus untuk lembaran yang lebih tipis dari ukuran 0.06 inci. Sedangkan polimerisasi massal sel batch lebih baik digunakan ketika lembaran tersebut memiliki ketebalan lebih dari 0.06 inch hingga 6 inch.

Lakukan polimerisasi massal yang berkelanjutan dengan cara terus mencampur bahan monomer dengan katalis. Campuran monomer dan katalis ini kemudian akan berjalan di antara sepasang sabuk baja pada paralel.

Keuntungan yang kita peroleh dari metode ini adalah proses yang berjalan tanpa batas, sehingga menghasilkan produktivitas yang jauh lebih tinggi.

Jangan lupa gunakan juga sepasang piring kaca yang dipisahkan oleh spacer untuk merakit cetakan dan mengatur spacer ke ketebalan yang Anda inginkan. Cetakan ini dapat berkontraksi selama proses polimerisasi, karena spacer bersifat cukup fleksibel.

Berikut video cara membuat kerajinan akrilik: 

Baca Juga Ide Kreatif Lainnya:
1. 11 Ide Kreatif Kerajinan Dari Koran Bekas yang Mudah Dibuat
2. 10 Ide Kreatif Kerajinan Tangan Dari Kertas

Kerajinan Akrilik Terbaru

Souvenir dengan bahan akrilik sudah sangat biasa kita jumpai di berbagai tempat wisata. Nah, semakin berkembangnya zaman, kerajinan akrilik juga semakin berkembang pesat.

Contohnya adalah kerajinan akrilik Bandung, yang sekarang banyak menciptakan inovasi, misalnya kerajinan akrilik LED. 
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan akrilik LED antara lain lampu LED, LED driver, dan tentunya plastik akrilik yang sudah diberi gambar atau diwarnai.

Adapun rangkaian lampu LED dapat Anda letakkan di pijakan akrilik sehingga akrilik dapat berdiri. 
Untuk lebih jelasnya, berikut kami sudah menyiapkan gambar kerajinan akrilik LED yang bisa Anda gunakan untuk referensi. 

Peluang Besar Usaha Kerajinan Akrilik

Gambar kerajinan akrilik 1 - Image from shopee.co.id

Peluang Besar Usaha Kerajinan Akrilik

Gambar kerajinan akrilik 2 - Image from tukangprint.com

Peluang Besar Usaha Kerajinan Akrilik

Gambar kerajinan akrilik 3 - Image from www.tokopedia.com

Demikianlah artikel tentang kerajinan akrilik terbaru ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi ide usaha Anda.