Doa Untuk Mayit Laki-Laki dan Perempuan

 26 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Untuk Mayit Laki-Laki dan Perempuan

Ilustrasi doa untuk mayit - Image from m.suara.com

Doa untuk mayit. Ketika ada saudara yang meninggal yang bisa kita lakukan adalah mendoakannya.

Jika ada saudara, kerabat atau keluarga kita yang meninggal, maka kita harus sering-sering mengirim doa untuk mereka, terlebih lagi jika kedua orang tua kita yang meninggal, maka sebagai anak yang berbakti tentu kita harus selalu mendoakannya.

Kebanyakan dari kita mengenal doa bagi mayit dengan doa allahummaghfirlahu. Lalu bagaimana lafadz lengkapnya? Berikut dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang
Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu tulisan Arab.

Doa Untuk Mayit

Mendoakan orang yang sudah mendahului kita sangat dianjurkan bagi kita yang masih hidup, kita bisa membaca doa orang meninggal Allahummaghfirlahu ketika sedang ziarah kubur, ataupun setelah membaca Surat Yasin setiap malam Jum'at.

Dan berikut doa untuk orang meninggal Allahummaghfirlahu lengkap,

1. Doa untuk orang meninggal laki laki

Berikut lafadz doa untuk mayat laki, 

Allahummaghfirlahu Arab :

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ. اَللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرَنَا وَكَبِيْرَنَا وَذَكَرِنَا وَاُنْثَانَا. اَللهُمَّ مَنْ اَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَاَحْيِهِ عَلَى اْلاِسْلاَمِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلاِيْمَانِ. اَللهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَتُضِلَّنَا بَعْدَهُ بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

ALLAAHUMMAGHFIRLAHU WARHAMHU WA'AAFIHII WA'FU ANHU WA AKRIM NUZU LAHU WA WASSI' MADKHOLAHU WAGHSILHU BILMAAI WATS-TSALJI WALBARODI WANAQQIHI MINAL KHOTHOOYAA KAMAA YUNAQQOTS TSAUBUL ABYADHU MINADDANASI WA ABDILHU DAARON KHOIRON MIN DAARIHI WA AHLAN KHOIRON MIN AHLIHI WAZAUJAN KHOIRON MIN ZAOJIHI WA ADKHILHULJANNATA WA 'AIDZHU MIN 'ADZAABILQOBRI WAFITNATIHI WAMIN 'ADZAABINNAARI. ALLOOHUMMAGHFIR LIHAYYINAA WAMAYYITINAA WASYAAHIDINAA WAGHOOIBINAA WASHOGHIIRONAA WAKABIIRONAA WADZAKARINAA WAUNTSAANA. ALLOOHUMMA MAN AHYAITAHU MINNAA FA AHYIHI 'ALAL ISLAAMI WAMAN TAWAFFAITAHU MINNAA FATAWAFFAHU 'ALAL IIMAANI. ALLOOHUMMA LAA TAHRIMNAA AJROHU WALAA TUDHILLANAA BA'DAHU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIINA. WALHAMDU LILLAAHI ROBBIL 'AALAMIINA.

Artinya :
"Wahai Allah, ampunilahrahmatailah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami (istri) yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka. Wahai Allah berikanlah ampun, kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia, kami yang hadir, kami yang ghoib, kami yang kecil-kecil kami yang dewasa, kami yang pria maupun wanita. Wahai Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman. Wahai Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Tuhan lebih belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam".

Ketika ziarah kubur, selain membaca doa kita juga harus memperhatikan adab-adab ziarah kubur, baca selengkapnya disini :
1. Doa Masuk Kuburan Ketika Akan Memasuki Area Makam
2. Adab Ziarah Kubur Sesuai Ajaran Rasulullah SAW
3. Jika Ziarah ke Makam Rasul, Sebaiknya Perhatikan Adab dan Larangannya Berikut ini

Adapun Allahummaghfirlahu artinya adalah "Wahai Allah ampunilah" , Warhamhu adalah "Rahmatilah", jadi kita bisa mengambil kesimpulan bahwa makna arti allahummaghfirlahu warhamhu adalah kita berharap agar Allah SWT mengampuni dosa-dosa sang mayit semasa hidupnya, serta merahmati sang mayit agar terjauh dari siksa kubur yang pedih.

Untuk mempermudah, kami sertakan gambar kaligrafi Allahummaghfirlahu warhamhu.

Doa Untuk Mayit Laki-Laki dan Perempuan

Gambar kaligrafi Allahummaghfirlahu warhamhu - Image from fimadani.com

2. Doa Bagi Mayit Perempuan

Berikut doa orang meninggal Allahummaghfirlaha untuk perempuan :

Allahummaghfir Laha Warhamha Wa ‘Aafihi Wa’fu ‘Anha Wa Akrim Nuzulaha Wa Wassi’ Mudkhalaha Waghsilha Bilmaa`I Wats Tsalji Wal Baradi Wa Naqqihi Minal Khathaayaa Kamaa Naqqaitats Tsaubal Abyadla Minad Danasi Wa Abdilha Daaran Khairan Min Daarihi Wa Ahlan Khairan Min Ahlihi Wa Zaujan Khairan Min Zaujihi Wa Adkhilhal Jannata Wa A’idzhu Min ‘Adzaabil Qabri Au Min ‘Adzaabin Naar. Alloohummaghfir lihayyinaa wamayyitinaa wasyaahidinaa waghooibinaa washoghiironaa wakabiironaa wadzakarinaa wauntsaana. Alloohumma man ahyaitaha minnaa fa ahyihi ‘alal islaami waman tawaffaitaha minnaa fatawaffaha ‘alal iimaani. Alloohumma laa tahrimnaa ajroha walaa tudhillanaa ba’daha birohmatika yaa arhamar roohimiina. Walhamdu lillaahi robbil ‘aalamiina

Adapun perbedaan dari dua doa diatas adalah lafadz Allahummaghfirlahu untuk lelaki, sedangkan Allahummaghfirlaha digunakan untuk do a untuk mayit perempuan.

Selain doa untuk mayit laki laki sesuai sunnah dan arti Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu diatas, terdapat doa untuk mayit lainnya yang bisa kita gunakan sebagai doa orang meninggal laki2 atau pun doa meninggal perempuan, yaitu :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni minhu ‘uqba hasanah.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah diriku dan dia serta berikan kepadaku darinya pengganti yang lebih baik.”

Jangan lupa untuk selalu mendoakan orang-orang yang telah mendahului kita dengan membaca lafadz Allahummaghfirlahu warhamhu Arab. Akan tetapi jika Anda belum hafal, Anda bisa membaca Allahummaghfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu artinya saja.

Karena suatu saat nanti kita pasti akan menyusul orang-orang yang sudah meninggal. Dengan selalu mengirim doa kepada mayit, terutama kedua orang tua, semoga nanti ketika kita meninggal juga selalu dikirimi doa Allahumma firlahu oleh orang-orang yang masih hidup.

Demikian artikel tentang doa khusus bagi mayit baik doa mayit laki2 maupun doa orang meninggal wanita ini. Sekiranya doa khusus bagi mayit di atas terlalu sulit untuk dihafalkan karena memang lafadznya yang panjang, maka tidak mengapa jika Anda mengganti membaca tulisan arab Allahummaghfirlahu warhamhu tersebut dengan bahasa Indonesia.

Hal yang harus diperhatikan adalah menyebut nama almarhum atau almarhumah, kemudian meminta kepada Allah SWT agar Ia menghapus segala dosa almarhum/almarhumah, melapangkan kuburnya, menghindarkannya dari siksa kubur. Wallaahu a’lam.