Lafadz Doa Sesudah Adzan Tulisan Arab Latin dan Artinya

 17 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Lafadz Doa Sesudah Adzan Tulisan Arab Latin dan Artinya

Doa setelah adzan - Image from thegorbalsla.com

Saat waktu shalat fardhu tiba, kita pasti mendengar dikumandangkannya adzan dari sejumlah masjid di sekitar lingkungan kita. Dalam Islam sendiri, mengumandangkan adzan setiap memasuki waktu shalat fardhu hukumnya adalah sunnah, yang mana hal tersebut sangat dianjurkan.

Adzan dan shalat merupakan dua pilar Islam yang harus selalu diamalkan oleh umat muslim. Hal ini sesuai hadits riwayat berikut :
Dari Imam Ahmad disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

مَا مِنْ ثَلاَثَةٍ فِي قَرْيَةٍ لاَ يُؤَذَّنُ وَلاَ تُقَامُ فِيهِمْ الصَّلاَةُ إِلاَّ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمْ الشَّيْطَانُ

Artinya : “Tidak ada tiga orang di satu desa, yang mana azan tidak dikumandangkan dan shalat tidak dilaksanakan, melainkan setan akan memangsa mereka.”

Ada dua hal yang harus kita amalkan saat mendengar adzan, yang pertama adalah memperhatikan dan menjawab kalimat adzan sesuai dengan yang dikumandangkan muadzin. Sedangkan yang kedua adalah membaca doa sesudah adzan yang mengandung bacaan shalawat bagi Nabi Muhammad SAW.

Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Abdullah bin Umar, bahwa dia mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda :

إِذَا سَمِعْتُمْ الْمُؤَذِّنَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ ثُمَّ صَلُّوا عَلَيَّ فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى الله عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا ثُمَّ سَلُوا الله لِي الْوَسِيلَةَ فَإِنَّهَا مَنْزِلَةٌ فِي الْجَنَّةِ لاَ تَنْبَغِي إِلاَّ لِعَبْدٍ مِنْ عِبَادِ الله وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَا هُوَ فَمَنْ سَأَلَ لِي الْوَسِيلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ

Artinya : “Jika kalian mendengar muadzin, maka jawablah seperti apa yang ia katakan, kemudian bershalawatlah untukku, karena barangsiapa yang bershalawat untukku, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Kemudian mintakanlah kepada Allah untukku alwasilah, karena ia adalah satu kedudukan di surga yang tidak pantas diperoleh kecuali untuk seorang hamba Allah; dan aku berharap, (bahwa) akulah hamba Allah itu. Barangsiapa yang memohonkan untukku alwasilah, maka akan mendapat syafaatku.”

Lalu bagaimana lafadz doa sesudah adzan tulisan arab itu? Berikut dalam artikel ini akan membahas mengenai lafadz doa setelah adzan.

Doa Sesudah Adzan Tulisan Arab

Untuk lafadz adzan sudah kita bahas sebelumnya, untuk merefresh ingatan Anda silahkan cek disini : Lafadz Adzan

Dan berikut lafadz doa sesudah adzan tulisan arab, latin, dan artinya : 

اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLOOHUMMA ROBBA HAADZIHID DA'WATIT TAAMMATI WASHSHOLAATIL QOO-IMATI AATI MUHAMMADANIL WASHIILATA WAL FADHIILATA WASY SYAROFA WAD DARAJATAL 'AALIYATAR ROFII'ATA WAB'ATSHU MAQOOMAM MAHMUUDAL LADZII WA'ADTAH INNAKA LAA TUKHLIFUL MII'AADA YA ARHAMAR ROOHIMIINA

Artinya : "Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, karuniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang".

Adapun keistimewaan dari membaca doa diatas, sudah disebutkan dalam sebuah hadist riwayat Jabir bin Abdullah RA, ia mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa setelah adzan), maka masuklah syafaatku baginya di hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Syafaat nabi Muhammad SAW mempunyai makna sebagai pertolongan beliau untuk umatnya kelak di hari kiamat. Syafaat Nabi Muhammad di hari kiamat ada berbagai macam, diantaranya yaitu syafaat beliau guna menanggung dosa-dosa yang dilakukan oleh umatnya agar mereka mendapatkan pengampunan dari Allah SWT.

Baca Juga : Doa Sebelum Adzan yang Penting Untuk Mengusir Jin dan Setan

Syafaat Rasulullah lainnya yaitu untuk memasukkan umatnya ke surga tanpa hisab, serta untuk meninggikan derajat setiap umatnya, yang mana dipilih sesuai yang pantas baginya.

Waktu yang mustajab untuk berdoa selain di sepertiga malam, adalah setelah dikumandangkannya adzan. Oleh karena itu hal yang harus kita amalkan ketika adzan adalah menjawab adzan tersebut, dan juga juga membaca doa setelah adzan.

Dalam pernyataan Rasulullah lainnya tentang syafaat, terdapat juga kabar gembira bagi umat yang selalu membaca doa setelah adzan, yakni ia akan dikaruniai husnul khatimah di akhir hidupnya. Mengapa bisa begitu? Alasannya adalah jika seorang hamba telah berhak atas mendapat syafaat Rasulullah SAW, maka sudah dapat dipastikan bahwa ia adalah seorang yang dikaruniai keimanan saat meninggal kelak.

Namun hal yang harus diperhatikan adalah, untuk meraih keistimewaan syafaat diatas tentu tidak cukup hanya dengan membaca doa sesudah adzan di lisan saja, namun juga harus mengetahui makna dan menghayatinya dalam hati secara ikhlas.

Bacaan Doa Sesudah Iqomah Tulisan Arab

Selain doa sesudah adzan tulisan arab diatas, kita juga harus mengamalkan doa sesudah iqomah. Berikut lafadz doa setelah iqomah :

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

AQOOMAHALLOOHU WA-ADAAMAHAA MAADAAMATIS SAMAAWAATU WAL-ARDLU

Artinya : "Semoga Allah menegakkan dan mengekalkan shalat selama masih ada langit dan bumi".

Demikian artikel tentang doa sesudah adzan tulisan arab ini, semoga dapat bermanfaat.