Doa Bepergian Agar Selamat di Jalan

 17 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Bepergian Agar Selamat di Jalan

Ilustrasi doa selamat sampai tujuan - Image from pixabay.com

Perjalanan jauh sering ditempuh oleh orang yang sering bepergian, contohnya seperti wirausaha yang memiliki urusan bisnis hingga ke luar kota, orang yang gemar bertamasya, hingga orang yang jihad di jalan Allah SWT.

Tidak ada yang tahu bagaimana nasib seseorang ketika berada dalam perjalanan, apakah perjalanan tersebut lancar sampai tujuan atau ada kehendak Allah lainnya sehingga terjadi kecelakaan atau hal-hal lainnya yang tentu saja siapapun tidak ingin kejadian ini terjadi.

Oleh karena itu, ketika dalam perjalanan kita perlu menyiapkan segala perlengkapan dan juga membaca doa agar selamat sampai tujuan. Bagaimana lafadz doa selamat di jalan tersebut? Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan membahasnya.

Doa Agar Selamat di Jalan

Tidak sedikit juga orang yang telah meyiapkan segala sesuatu dengan sangat baik, akan tetapi di perjalanan mengalami berbagai masalah. Oleh karena itu, doa agar selamat di perjalanan wajib dilafazkan agar Allah senantiasa memberi keselamatan selama di perjalanan. Yang harus diingat bahwa kita jangan sampai lalai dalam berdoa dan juga dalam menunaikan kewajiban kepada Allah SWT saat di perjalanan agar selalu diberi keselamatan oleh-Nya. Sebagaimana yang tertuang dalam hadits riwayat berikut :

Abu Abbas Abdullah bin Abbas RA berkata, suatu hari aku berada di belakang Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam (membonceng), Beliau bersabda, “Nak, aku hendak mengajarimu beberapa kalimat: Jagalah Allah, pasti Dia menjagamu. Jagalah Allah, Dia senantiasa bersamamu. Jika kamu memohon sesuatu, mohonlah kepada-Nya. jika meminta pertolongan, mintalah tolong kepada-Nya. Ketahuilah seandainya semua umat manusia bersatu untuk memberikan suatu kebaikan kepadamu, mereka tidak akan mampu kecuali yang sudah ditetapkan Allah untukmu. Dan seandainya semua umat manusia bersatu untuk mencelakakanmu, mereka tidak mampu kecuali keburukan yang telah ditetapkan oleh Allah untukmu. Pena sudah diangkat dan tinta sudah kering.” (HR Tirmidzi)

Dari hadits diatas, dapat kita ketahui bahwa dengan senantiasa berdoa dan mengingat Allah SWT, maka Ia juga akan mengingat kita. Hal ini bisa kita amalkan saat berada dalam perjalanan, berikut lafadz doa selamat di jalan :

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلآءِ وَدَرْكِ الشَّقَآءِ وَسُوْءِالْقَضَآءِ وَشَمَاتَةِاْلاَعْدَآءِ

ALLOOHUMMA INNII A'UUDZUBIKA MIN JAHDIL BALAA-I DARQISY SYAQOO-I WA SUU-IL QODOO-I WA SYAMAATATIL A'DAA-I

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari kengerian balak, menemui kesengsaraan, qadla yang buruk dan merasa senangnya musuh".

Baca Juga : Doa Keluar Rumah Agar Keselamatan Kita Selalu Terjamin Aman Saat Berada di Luar Rumah

Doa Selamat Sampai Tujuan

Selain doa keselamatan di jalan yang sudah disebutkan diatas, ada juga doa lainnya yang bisa kita lafadzkan ketika di perjalanan guna memohon keselamatan dari Allah. Berikut kumpulan doa selamat sampai tujuan yang bersumber dari Al-Qur'an dan Al-Hadits.

1. Doa agar selamat di perjalanan I

اَللَّـهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّـفَرِ وَ الْـخَلِيْفَةُ فِـى اْلاَهْلِ, اَللَّـهُمَّ إِنِّى اَعُـوْذُ بِكَ مِنَ الضَّبْنَةِ فىِ السَّفَرِ وَ الْكَابَةِ فىِ الْـمُنْقَلَبِ , اَللَّـهُمَّ اطْوِلَنَا اْلاَرْضَ وَهَوِّنْ عَلَيْنَا السَّفَرَ

Allahumma antash shaahibu fis safar, wal khaliifatu fil ahli. Allahumma inniy ‘audzu bika minadl dlabnah fis safar, wal kaabati fil munqalabi; Allahummathwilanaal ardla, wa hawwin ‘alainaas safar

Artinya : "Ya Allah, Engkaulah sebagai teman dalam perjalanan, sebagai pengganti bagi keluarga. Ya Allah, aku berlindung dari berteman dengan orang yang tidak berguna dalam perjalanan, dan beroleh kekecewaan di waktu pulang nanti. Ya Allah, dekatkanlah bagi kami jarak bumi, dan mudahkanlah perjalanan kami".

2. Doa agar selamat di perjalanan II

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzii Layadhurru maaismihi syaiun fil ardhi wala fissama' wahuassamiul 'aliim

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)” (HR. Abu Daud & Tirmidzi)

Lalu dilanjutkan dengan membaca takbir sebanyak tiga kali, kemudian bacalah doa berikut : 

سُـبْحَانك لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ , قَدْ ظَـلَمْتُ نَفْـسِى, فَاغُـفِرْ لِـى, إِنَّهُ لاَ يَغْـفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Subhaanaka laa ilaha illa anta, qad dzalamtu nafsii, faghfir liy, innahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta

Artinya : "Maha Suci Engkau, tiada Tuhan melainkan Engkau, aku telah menganiaya diriku sendiri, maka ampunilah aku, karena, sesungguhnya tiadalah yang dapat mengampuni dosa itu melainkan Engkau". (HR. Ibnu Hibban)

Jika Anda bepergian untuk urusan kerja, jangan lupa untuk berdoa agar pekerjaan Anda lancar, baca selengkapnya disini : Bacaan Doa Sebelum Bekerja dalam Ajaran Islam Lengkap dengan Artinya

Demikian artikel tentang doa selamat di jalan ini, semoga bermanfaat. Dan semoga kita semua merupakan orang-orang yang selalu mengamalkan doa tersebut sehingga Allah senantiasa menjaga kita.

Kita semua juga harus selalu waspada, karena mengingat bahwa angka kecelakaan yang terjadi di dunia semakin tinggi. Hal yang dapat dijadikan pelajaran adalah, agar kita lebih berhati-hati lagi ketika bepergian.