Doa Untuk Orang Tua yang Masih Hidup dan Sudah Meninggal

 30 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Untuk Orang Tua yang Masih Hidup dan Sudah Meninggal

Ilustrasi orang tua - Image from pixabay.com

Doa orang tua. Orang tua selalu berusaha agar kelak anaknya menjadi sukses. Oleh karena itu kita harus membalas jasa orang tua dengan selalu mendoakannya.

Orang tua merupakan pengertian umum dari seseorang yang telah melahirkan kita , yaitu orang tua biologis. Akan tetapi orang tua juga tidak selalu dalam pengertian seseorang yang melahirkan. Orang tua juga bisa didefinisikan terhadap seseorang yang telah memberikan arti kehidupan bagi kita, mengasihi kita, dan memelihara kita sejak kecil. Misalnya seperti orang tua angkat atau orang tua asuh.

Baik orang tua kandung maupun orang tua asuh, mereka pasti sama-sama menginginkan anaknya untuk menjadi anak yang soleh solehah, mempunyai pengetahuan yang luas, agar kelak menjadi orang yang sukses.

Orang tua bekerja dengan keras untuk menghidupi anak-anaknya, mereka tidak peduli hujan maupun panas tetap berusaha. Orang tua melakukannya dengan ikhlas tanpa pamrih, tanpa menginginkan imbalan dari anak-anaknya. Oleh karena itu, sebagai anak kita harus berbakti dan senantiasa mendoakan orang tua apapun keadaan mereka.

Lalu bagaimana lafadz doa orang tua itu? Berikut dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang doa orang tua dan artinya lengkap. 

Doa Untuk Kedua Orang Tua

Berbakti kepada orang tua tidak harus dengan selalu memberi mereka uang, akan tetapi bisa dilakukan dengan bersikap baik dan menjalankan perintah orang tua selama itu masih dalam syariat Islam.

Allah SWT berfirman,

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Artinya : “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia” (QS. Al Isra: 23).

Dari firman diatas, Allah pun melarang kita untuk membentak orang tua. Jangankan membentak, kita berkata 'ah' pun sudah merupakan perbuatan dosa.

Mendoakan orang tua merupakan amalan anak yang soleh-solehah. Selain itu, doa dari anak yang soleh-solehah merupakan salah satu doa yang diijabah oleh Allah SWT. Dan berikut lafadz doa orang tua :

1. Doa untuk orang tua yang masih hidup


Bacaan doa orang tua yang masih hidup :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

“ALLAHUMMA FIGHFIRLII WA LIWAA LIDHAYYA WARHAM HUMAA KAMAA RABBAYAA NII SHOKHIROON.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, baik ibu dan bapakku, kasihanilah keduanya seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.”

Baca Juga : Yang Masih Itung-itungan Ngasih Uang ke Orang Tua, Baca ini

2. Doa untuk orang tua yang sedang sakit

Berikut adalah lafadz doa orang tua sakit : 

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“ALLAHUMMA ROBBANNAASI ADZHIBIL BA’SA WASY FIHU, WA ANTAS SYAAFI, LAA SYIFAA-A ILLA SYFAAUKA, SYIFAAN LAA YUGHAADIRU SAQAAMA.”

Artinya: “Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Adapun lafadz doa orang tua sakit diatas merupakan doa yang kita panjatkan apabila orang tua kita tidak sakit parah, misalnya seperti sakit flu, demam, sakit gigi, dan lain sebagainya.

Beda lagi jika orang tua kita sakit parah hingga membutuhkan banyak kegiatan medis, terlebih lagi jika sakit itu menyebabkan orang tua kita sengsara karena tidak bisa bangun dari tempat tidur dan lain sebagainya.

Dan berikut lafadz doa untuk orang tua yang sakit parah. 

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

“ALLAHUMMA AHYINI MAA KAA NATIL KHAYATU KHOIROLLI, WATAWAF FANNI ADZA KAANAT WAFAATU KHIROLLI.”

Artinya: “Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.”
 
3. Doa untuk orang tua yang sudah wafat

Doa dari anak yang soleh-solehah untuk orang tuanya yang telah wafat merupakan salah satu dari keutamaan yang disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya : “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Berikut lafadz doa orang tua meninggal :

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

“ALLAHUMMAGHFIR LAHU WARHAMHU WA ‘AAFIHI WA’FU ‘ANHU WA AKRIM NUZULAHU WA WASSI’ MADKHOLAHU, WAGHSILHU BIL MAA I WATS-TSALJI WALBARODI WA NAQQIHII MINAL KHOTHOO YA KAMAA YUNAQQOTS- TSAWBUL ABYADHU MINAD DANAS, WA ABDILHU DAARON KHOIRON MIN DAARIHII WA AHLAN KHOIRON MIN AHLIHII WA ZAWJAN KHOIRON MIN ZAWJIHI, WA ADKHILHUL JANNATA WA A ‘IDZHU MIN ‘ADZAABIL QOBRI WA FITNATIHI WA MIN ‘ADZAABIN NAAR.”

Artinya: “Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dam muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.” 

Baca Juga : Lebih Baik Mana Sedekah Kepada Orang Tua dengan Sedekah Kepada Istri/ Anak Yatim?

Doa Orang Tua Untuk Anaknya

Selain doa anak soleh-solehah untuk orang tua, terdapat pula lafadz doa orang tua untuk anaknya yang bisa orang tua amalkan setiap saat, khususnya ketika sang anak sedang berikhtiar mencari pendamping hidup.

Hal yang bisa dilakukan orang tua ketika anaknya berikhtiar menemukan jodohnya adalah selalu memberikan support dan mengamalkan doa orang tua agar anaknya cepat menikah. Karena doa yang berasal dari orang tua merupakan salah satu doa yang mustajab.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Artinya : “Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Abu Daud no. 1536. Syaikh Al Albani katakan bahwa hadits ini hasan).

Bisa jadi, mengapa sang anak belum dipertemukan dengan jodohnya padahal ia sudah berikhtiar, melakukan puasa Senin Kamis, sholat lima waktu, dan selalu bersodaqoh adalah karena anak tersebut belum mendapat doa orang tua untuk anak perempuan agar cepat dapat jodoh.

Adapun orang tua bisa mengamalkan doa dalam Q.S Al-Furqan ayat 74 sebagai doa agar anaknya lekas bertemu dengan jodoh, berikut lafadznya :

 رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا 

Rabbanā hab lanā min azwājinā wa żurriyyātinā qurrata a'yuniw waj'alnā lil-muttaqīna imāmā

Artinya : "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Disamping berdoa, ketika berikhtiar mencari jodoh juga bisa melaksanakan shalat istikharah dan shalat hajat untuk jodoh, baca selengkapnya disini :
1. Tata Cara Shalat Istikharah Jodoh, Mulai Niat dan Doa Lengkap Hingga Selesai
2. Tata Cara Sholat Hajat Jodoh untuk yang Susah Jodoh

Selain doa orang tua agar anaknya cepat menikah diatas, sang anak juga harus berdoa. Mereka bisa mengamalkan doa berikut :

1. Doa yang dipanjatkan anak laki-laki

Robbi Hablii Milladunka Zaujatan Thoyyibah Akhubuha Wa Atzawwaj Biha Watakuna Shoohibatan Lii Fiddiini Waddunyaa Wal Akhiroh.

Artinya : “Ya Allah berikanlah padaku istri terbaik dari sisi-Mu, istri aku lamar dan nikahi, dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia serta di akhirat nanti.”

Allahumma inni uriidu an atazawwaja, Allahumma faqoddirli minannisaai a’affahunna farojan, wa ahfazhohunna lii fii nafsiha wafii maali, wa awsa’ahunna rizqon wa a’zhomahunna barokatan, waqoddirli minhaa waladan thayyiban taj’aluhu kholfan shoolihan fi hayaati wa ba’da mauti.

Artinya : “Ya Allah aku ingin cepat menikah. Ya Allah tetapkan untukku wanita mulia kehormatannya, paling menjaga dirinya untukku serta untuk hartaku paling luas rezekinya paling banyak berkahnya, dan tetapkan untukku darinya anak yang baik. Engkau jadikan ia sebagai penerusku yang shaleh pada masa hidupku setelah kematianku.”

2. Doa yang dipanjatkan anak perempuan

Robbi Hablii Milladunka Zaujan Thoyyiban Wayakuuna Shoohiban Lii Fiddiini Waddunyaa Wal Akhiroh.

Artinya : “Ya Allah berikanlah padaku suami terbaik dari sisi-Mu, suami dan menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia serta di akhirat nanti.”

Allahumma inni uriidu an atazawwaja, allahumma faqoddirlii minarrijali ahsanuhum kholqon wakhulqon, wa awsa’ahum rizqon, a a’zhomahum barokatan, warzuqni waladan thoyyiban taj’aluhu fakhron fii hayaati wafawzan ba’da mauti.

Artinya : “Ya Allah aku ingin cepat menikah. Ya Allah tetapkan untukku pria tampan rupa akhlaknya paling luas rezekinya paling banyak berkahnya karuniakan aku anak yang baik. Engkau jadikan ia sebagai kebanggaanku di masa hidupku setelah kematianku.”

Demikian artikel tentang kumpulan doa orang tua ini, semoga bermanfaat.