Kumpulan Doa Minta Rezeki yang Halal dan Baik 

 16 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Kumpulan Doa Minta Rezeki yang Halal dan Baik 

Ilustrasi doa minta rezeki - Image from pixabay.com

Sebagai seorang muslim kita pasti selalu menginginkan untuk mendapatkan rezeki yang halal dan barokah. Yang mana dari halal dan  barokah tersebut, maka kita bisa menunaikan ibadah dengan baik, bersedekah, membayar zakat, melaksanakan infaq dan wakaf, bahkan juga berjihad dijalan Allah SWT untuk mencari ridha-Nya.

Dari hal-hal diatas kita bisa mengetahui betapa pentingnya peran rezeki yang halal dan berkah itu. Namun terkadang harapan kita tidak sesuai dengan kenyataan, karena jika kita menginginkan sesuatu namun Allah tidak menghendakinya, maka hal itu tidak akan pernah terjadi.

Dalam agama Islam kita diajarkan bagaimana caranya mendapatkan rezeki yang halal dan baik. Tentunya dengan bekerja dan usaha secara tekun sesuai anjuran Rasulullah, dan juga dengan mengucap doa untuk kelancaran rezeki. Berikut dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kumpulan doa minta rezeki. 

Doa Enteng Rezeki

Rezeki bahasa arab adalah الرِّزْقُ (Rizqu). Rezeki merupakan rahasia dari Allah yang tidak satupun tahu berapa besar dan dari mana datangnya rezeki tersebut. Namun tentu saja Allah akan memberikan rezeki sesuai kebutuhan kita, bukan sesuai kemauan kita. Allah SWT berfirman dalam QS. Asy Syuraa ayat 27 :

۞ وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَٰكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

Artinya : "Dan jikalau Allah melapangkan rezeki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat".

Agar Allah melancarkan rezeki kita, kita harus berusaha dan juga senantiasa membaca doa mencari rezeki yang halal. Berikut lafadz doa minta rezeki yang halal :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ رَزَقَنِىْ هذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَقُوَّةٍ، اَللهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

AL-HAMDU LILLAAHIL LADZII ROZAQONII HAADZA MIN KHOIRI HAULIN MINNII WA LAA QUWWATIN, ALLOOHUMMA BAARIK FIIHI

Artinya : "Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizkiku".

Apa saja jenis-jenis rezeki yang diberikan Allah pada kita? Baca selengkapnya disini : 8 Rezeki yang Sudah Dibocorkan Dari Al-Qur'an dan Cara Mendapatkannya

Doa Mohon Diberi Rizqi yang Halal dan Baik

Selain doa mohon rezeki yang halal diatas, kita juga bisa melafadzkan doa dibawah ini yang memiliki tujuan yang sama, yakni meminta kepada Allah rezeki yang halal dan barakah. 

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA AN TARZUQONII RIZQON HALAALAN WAASI'AN THOYYIBAN MIN GHAIRI TA'ABIN WALA MASYAQQATIN WALAA DLOIRIN WALAA NASHABIN INNAKA 'A-LAA KULLI SYAI-IN QODIIR

Artinya : "Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu".

Kumpulan Doa Minta Rezeki

Terdapat banyak sekali doa enteng rezeki, berikut sudah kami rangkumkan kumpulan doa minta rezeki yang berasal dari sunnah Nabi dan juga dari hadits riwayat sahih.

1. Doa Nabi Muhammad

Doa ini merupakan doa yang dilafadzkan oleh Rasulullah SAW setiap beliau melakukan ibadah shalat shubuh. Setelah salam beliau membaca do’a berikut ini,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

2. Doa dari hadits sahabat Ali RA

Doa kelancaran rezeki selanjutnya adalah doa dari hadits sahabat yakni Ali RA, Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa berikut ini,

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

3. Doa dari hadits Thoriq bin Asy-yam RA

Dari Thoriq bin Asy-yam radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

Dari Thoriq bin Asy-yam –radhiyallahu ‘anhu-, ia berkata,كَانَ الرَّجُلُ إِذَا أسْلَمَ عَلَّمَهُ النَّبيُّ – صلى الله عليه وسلم – الصَّلاَةَ ثُمَّ أمَرَهُ أنْ يَدْعُوَ بِهؤلاَءِ الكَلِمَاتِ : (( اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي )) .

Artinya : “Jika seseorang baru masuk Islam, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan pada beliau shalat, lalu beliau memerintahkannya untuk membaca do’a berikut: “Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii.” (HR. Muslim no. 35, 2697)

Adapun doa diatas merupakan kandungan yang ada pada do’a duduk diantara dua sujud dalam shalat fardhu dan sunnah.

Selain dengan berdoa, kita juga bisa mengamalkan ibadah lainnya untuk memohon rezeki yang halal dan baik, baca disini :
1. 7 Manfaat Sholat Dhuha, Membuka Pintu Rezeki yang Terkunci
2. Wirid Penarik Rezeki Paling Ampuh Ajaran Sunan Kalijaga,Wajib Diketahui

4. Doa intisari

Adapun lafadz do a minta rizki ini merupakan intisari dari hadits riwayat sahabat Ali RA dan Thariq RA yang sudah kita pelajari diatas, berikut lafadznya :

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.”

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

Demikian artikel tentang kumpulan doa minta rezeki ini, semoga dapat bermanfaat. Dan semoga dengan mengamalkan doa-doa diatas secara rutin, Allah senantiasa membukakan pintu rezekinya untuk kita semua, amiin.