Doa Sebelum dan Sesudah Makan / Minum Lengkap 

 29 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Sebelum dan Sesudah Makan / Minum Lengkap 

Ilustrasi makan - Image from pixabay.com

Doa makan dan minum. Makanan dan minuman adalah rezeki dari Allah SWT, oleh karena itu sebelum dan sesudah makan/minum kita dianjurkan untuk berdoa.

Saat kecil, orang tua kita pasti mengajarkan tentang doa makan dan minum, karena lafadznya yang mudah dan pendek, kita bisa mengamalkan doa setelah makan dan minum dengan baik.

Akan tetapi, membaca doa sebelum makan dan doa sebelum minum tidak hanya diperuntukkan bagi anak kecil saja. Tujuan orang tua mengajarkan doa mau minum dan makan sejak usia dini karena agar kita menghafalkan dan mempraktekkannya setiap saat kita akan makan/minum.

Dan berikut adalah lafadz doa setelah makan dan minum Arab, beserta latin dan terjemahannya.

Doa Makan dan Artinya

Ketika akan dan selesai makan, kita dianjurkan untuk berdo'a. Adapun anjuran berdoa ini disampaikan Rasulullah kepada salah satu sahabatnya,

Dari Wahsyi bin Harb dari ayahnya dari kakeknya bahwa para sahabat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, 

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّا نَأْكُلُ وَلاَ نَشْبَعُ. قَالَ « فَلَعَلَّكُمْ تَفْتَرِقُونَ ». قَالُوا نَعَمْ. قَالَ « فَاجْتَمِعُوا عَلَى طَعَامِكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ يُبَارَكْ لَكُمْ فِيهِ »

Artinya : “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami makan dan tidak merasa kenyang?” Beliau bersabda: “Kemungkinan kalian makan sendiri-sendiri.” Mereka menjawab, “Ya.” Beliau bersabda: “Hendaklah kalian makan secara bersama-sama, dan sebutlah nama Allah, maka kalian akan diberi berkah padanya.” (HR. Abu Daud no. 3764. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut hasan)

Berikut lafadz doa sebelum makan dan artinya :

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannar

Arti doa sebelum makan : "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka"

Untuk mempermudah Anda, kami telah menyediakan gambar doa sebelum makan berikut.

Doa Sebelum dan Sesudah Makan / Minum Lengkap 

Gambar doa sebelum makan - Image from daarussa-adah.blogspot.com

Baca Juga : Ternyata Islam Memperbolehkan Bicara Ketika Makan! Bukankah Tidak Sopan?

Dan berikut adalah lafadz doa sesudah makan beserta artinya :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

“Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin”

Arti doa sesudah makan : “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam”

Doa di atas hendaknya dibaca ketika kita selesai makan, doa ini sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberi kita rezeki berupa makan dan minum. Adapun ketika makan dan sesudah makan, hendaknya kita menjaga kebersihan dengan tidak meninggalkan sisa makanan. Untuk mempermudah visualnya perhatikan gambar anak berdoa sebelum makan berikut. 

Doa Sebelum dan Sesudah Makan / Minum Lengkap 

Gambar anak sholeh berdoa sebelum makan - Image from aliansikartun.blogspot.com

Doa Minum dan Artinya

Selain doa makan beserta artinya. kita juga akan membahas tentang doa sebelum dan sesudah minum. Berikut lafadznya :

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzi ja'alahuu 'adzbam furootam birohmatihii wa lamyaj'alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami".

Adapun doa diatas adalah doa yang kita baca selesai minum, sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberi kita rezeki berupa minuman yang segar sebagai penghilang rasa dahaga dan haus.

Baca Juga : Sedang Makan Mendengar Suara Adzan, Lanjut Makan atau Jawab Adzan?

Doa Ketika Lupa Membaca Doa Makan

Kita telah mengajarkan anak berdoa sebelum makan, akan tetapi tak jarang juga apabila sang anak lupa membaca doa. Dan berikut lafadz doa ketika lupa membaca doa makan,

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

“Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi”

Arti doa makan : “Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”.

Adapun anjuran tersebut disampaikan oleh Rasulullah dalam dalilnya berikut,

Dari ‘Aisyah, Rasulullah bersabda,

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.”

Dari hadits riwayat lain juga disebutkan,

Dalam Al Adzkar, An Nawawi rahimahullah mengatakan, “Jika seseorang meninggalkan membaca “bismillah” di awal karena sengaja, lupa,dipaksa, tidak mampu mengucapkannya karena suatu alasan, lalu ia mampu mengucapkan di tengah-tengah ia makan, maka ia dianjurkan mengucapkan “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu”, sebagaimana terdapat dalam hadits yang telah disebutkan”.

Baca Juga : Apakah Makan Membatalkan Wudhu? Berikut Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Demikian artikel tentang doa mau makan dan artinya, beserta gambar kartun berdoa sebelum makan ini, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk selalu membaca doa-doa diatas sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT agar Ia senantiasa menambah nikmat-Nya untuk kita semua, amiin.