Kumpulan Doa Ampunan Untuk Orang Tua

 28 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Kumpulan Doa Ampunan Untuk Orang Tua

Ilustrasi anak dan orang tua - Image from www.dream.co.id

Doa ampunan untuk orang tua. Sebagai anak apakah dengan berbakti saja sudah cukup? Tentu tidak. Kita harus senantiasa mendoakan orang tua kita.

Anak soleh dan solehah adalah anak yang berbakti dan senantiasa mendoakan kedua orangtuanya, baik saat orang tua masih hidup atau sudah dipanggil oleh Allah SWT.

Doa anak yang soleh solehah merupakan salah satu dari tiga perkara yang tidak akan terputus, Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya : “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Dari dalil diatas dapat kita ketahui bahwa doa yang berasal dari anak yang soleh solehah merupakan hal yang sangat penting, terlebih lagi jika orang tua kita telah meninggal dunia. Karena bisa saja hal itu menjadi nikmat dalam kuburnya.

Lalu bagaimanakah lafadz doa ampunan untuk orang tua tersebut? Berikut dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang doa ampunan untuk orang tua.

Doa Ampunan Untuk Orang Tua

Allah SWT memerintahkan untuk selalu sayang dan berbakti kepada orang tua kita, dengan senantiasa berbuat baik dan mematuhi perintahnya semasa hidup, serta selalu mendoakan orang tua baik saat mereka masih hidup maupun sudah meninggal.

Allah SWT berfirman,

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Artinya : "Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".

Rasulullah SAW juga menerangkan untuk selalu berbakti kepada orang tua dalam sabdanya berikut, 

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: رِضَا الرَّبِّ فِى الرِّضَا الْوَالِدَيْنِ وَ سَخْطُهُ فِى سَخْطِهِمَا  – الطبراني

Artinya: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah bersabda, ”Ridha Rabb terletak pada ridha kedua orang tua dan murka-Nya terletak pada kemurkaan keduanya.” (Riwayat Ath Thabarani, dishahihkan oleh Al Hafidz As Suyuthi)

Dan berikut lafadz doa ampunan untuk orang tua yang dapat kita amalkan sehari-hari, baik setelah sholat fardhu maupun sunnah dan setelah membaca tahlil.

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

ALLAAHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIRON. WALIJAMII'IL MUSLIMIINA WALMUSLIMAATI, WALMU'MINIINA WAL MU'MINAATI AL AHYAA'I MINHUM WAL AMWAATI, WATAABI' BAINANAA WA BAINAHUM BIL KHOIRAATI, ROBBIGHFIR WARHAM WA ANNTA KHOIRUR RAAHIMIINA, WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL 'ALIYYIL ADHIIMI.

Artinya : "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu".

Baca Juga : Yang Masih Itung-itungan Ngasih Uang ke Orang Tua, Baca ini

Doa Ampunan Untuk Orang Tua Lainnya

Selain doa ampunan untuk orang tua diatas, terdapat beberapa doa lainnya yang mempunyai tujuan yang sama yakni sebagai doa ampunan untuk orang tua, antara lain adalah :

1. Doa Nabi Ibrahim

Berikut doa kepada orang tua yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim kepada anak-anaknya, 

 رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ 

Rabbanagfir lī wa liwālidayya wa lil-mu`minīna yauma yaqụmul-ḥisāb

Artinya : "Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)".

2. Doa untuk orang tua

Berikut lafadz doa yang paling sering kita gunakan untuk mendoakan orang tua.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil".

Seringkali kita sudah merasa berbakti kepada orang tua, namun ada beberapa perilaku kita yang menyimpang. Misalnya seperti menitipkan anak kepada orang tua kita, baca selengkapnya disini : Islam Pun Melarangnya, Menitipkan Anak Kepada Orangtua Itu 'Dosa'

Cara Berbakti Kepada Orang Tua

Ketika orang tua kita masih hidup, kita dapat berbakti kepada orang tua dengan cara selalu berbicara yang halus dan sopan, membantu pekerjaan orang tua, dan masih banyak hal lainnya.

Akan tetapi apabila orang tua kita sudah meninggal dunia, hal yang harus kita lakukan adalah :

  1. Melaksanakan nasihat orang tua yang diberikan pada kita semasa beliau masih hidup.
  2. Selalu menjaga nama baik kedua orang tua.
  3. Mendoakan mereka agar Allah SWT mengampuni dosanya, dan melapangkan kuburnya.

Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW, yang menjelaskan tentang perintah untuk berbakti kepada orang tua, meskipun kedua orang tua kita sudah meninggal.

"Telah datang seorang laki-laki (kepada Rasulullah SAW) lalu ia bertanya: “Ya Rasulullah, masih adakah kebaikan yang dapat saya kerjakan untuk ibu bapak sesudah meninggalnya ? Rasulullah menjawab:”Ya. Yaitu menyembahyangkan (jenazah) mereka, memintakan ampun kepada Tuhan, menyempurnakan janji mereka, memuliakan sahabat mereka, dan selalu bersilaturahmi dengan orang yang bertalian dengan mereka (kedua orang tua)." (HR. Abu Daud)

Demikian artikel tentang doa ampunan untuk orang tua ini, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk selalu mengamalkan doa-doa diatas agar Allah senantiasa mengampuni dosa orang tua kita, amiin.