Lafadz Doa Agar Cita-Cita Tercapai

 21 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Lafadz Doa Agar Cita-Cita Tercapai

Ilustrasi berdoa agar terkabul - Image from okezone.com

Selain berusaha, ada doa agar cita-cita tercapai. Karena usaha tanpa doa itu berarti kita ini orang yang sombong.

Setiap manusia pasti memiliki keinginan. Namun terkadang kita merasa kesulitan bahkan tidak mampu untuk mewujudkan keinginan tersebut. Karena sejatinya setiap keinginan yang kita miliki adalah pemberian dari Allah SWT, jadi sekeras apapun usaha kita untuk mencapai keinginan tersebut, apabila Allah SWT tidak menghendakinya maka keinginan itu tidak akan terwujud.

Manusia hanyalah makhluk yang tidak memiliki kekuatan akan apapun jika Allah SWT tidak memberikannya. Oleh karena itu dalam setiap hidup, manusia sangat bergantung pada Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan, dan hanya Dia-lah yang mampu memberikan segala kebutuhan manusia.

Salah satu cara meminta kepada Allah SWT agar mewujudkan keinginan kita adalah dengan mengucap doa agar cita cita terwujud. Selain berdoa, kita juga harus selalu berusaha untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Adapun doa dan usaha harus seimbang, karena jika kita hanya berusaha tanpa berdoa maka kita termasuk dalam golongan orang yang sombong, dan begitu pun sebaliknya Allah tidak akan membantu hamba-Nya yang hanya berdoa saja tanpa berusaha. Allah SWT berfirman, 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya : Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".

Lalu bagaimana lafadz doa agar cita cita tercapai tersebut? Berikut akan kita bahas mengenai doa agar cita cita dikabulkan Allah.

Doa Agar Cita-Cita Tercapai

Ketika kita mempunyai suatu keinginan atau cita-cita yang belum tercapai, selain berusaha dengan keras kita juga perlu berdoa. Dan berikut adalah lafadz kabulkan doaku ya Allah dalam bahasa Arab :

اَللهُمَّ اِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّىْ وَعَلاَنِيَتِىْ فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِىْ

ALLOOHUMMA INNAKA TA'LAMU SIRRII WA 'ALAA NIYYATII FAQBAL DZIROTII

Artinya : "Ya Allah, Engkau mengetahui apa yang aku sembunyikan dan yang aku lahirkan maka terimalah udzurku (niatku) atau keinginan dan maksudku".

Akan tetapi apabila kita sudah berusaha dan berdoa, namun Allah SWT belum mengabulkannya maka kita tidak boleh berputus asa dan suudzon kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda :

“Tiada seorang berdo’a kepada Allah dengan suatu do’a, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa.” (HR. Ath-Thabrani)

Dari sabda Nabi diatas, dapat kita ketahui bahwa Allah SWT tidak mengabulkan doa kita karena Allah tidak mampu melakukannya, namun Allah SWT mempunyai rencana tersendiri dimana hal itu sudah dipastikan adalah hal yang lebih baik dibandingkan apa yang kita inginkan.

Baca Juga : Kumpulan Doa-Doa Pendek Sehari-Hari yang Mudah Dihafal

Doa Agar Dikabulkan Hajatnya

Selain dengan membaca doa agar cita cita terkabul diatas, kita juga bisa menyertakan doa-doa lainnya yang mana beberapa merupakan ayat dalam Al-Qur'an yang mempunyai keistimewaan ketika dibaca saat mempunyai hajat. Dan berikut beberapa ayat dalam Al-Qur'an yang dapat membantu agar hajat dikabulkan oleh Allah SWT :

1. Surat Al-Fatihah

Salah satu bacaan surat yang mustajab sebagai doa punya hajat adalah surat Al-Fatihah. Surat ini juga merupakan surat yang wajib dibaca saat sholat wajib maupun sholat sunnah. Keutamaan surat Al-Fatihah disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya berikut,

Allah berfirman dalam hadist Qudsi: “Aku membagi shalat antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta.” Maka jika sang hamba membaca (Alhamdulillahirabbil’alamin) Allah berkata: “Hamba-Ku menyukuri aku,” dan jika membaca (Araahman arrahiim) Allah berkata: “Hamba-Ku memuji Aku,” dan jika membaca (Maalikiyaumiddiin) Allah berkata: “Hamba-Ku pasrah kepada-Ku, dan jika membaca (Iyyakana’budu wa iyyakanasta’iin), Allah berkata: “Ini antara Aku dan hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta,” dan jika membaca (Ihdinashiratolmustaqiim shiratoladzina an’amta ‘alaihim ghairil maghdhubi’alaihim waladhoollin), Allah berkata: “Ini untuk hamba-Ku dan untuk hamba-Ku apa yang ia pinta.” (HR. Muslim)

2. Surat Al-Ikhlas

Surat Al Ikhlas merupakan surat ke 112 dalam Al Qur’an. Surat ini terdiri dari empat ayat. Adapun inti dari surat Al-Ikhlas adalah tentang mengesakan Allah SWT. Kelebihan dari surat ini salah satunya adalah dapat membantu terkabulnya sebuah doa.

Dalam sebuah hadits disebutkan :

“Sesungguhnya Rasullah SAW. mendengar seseorang berkata: “Ya, Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau (adalah) Allah yang tidak ada ilah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula dipernakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya,” kemudian Rasullah Saw. bersabda: “Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseur dengannya, (pasti akan) mengabulkannya.” (HR. Abu Daud)

3. Doa hajat

Ketika mempunyai keinginan, selain membaca doa agar impian terwujud, kita juga dianjurkan untuk membaca doa hajat. Adapun lafadz doa hajat bisa Anda baca disini : Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap Latin dan Artinya

4. Surat Al Baqarah ayat 285-286

Ayat 285-286 pada Q.S Al-Baqarah merupakan ayat terakhir dalam surat Al Baqarah. Biasanya ayat-ayat ini juga dibaca setelah bacaan ayat kursi.

Dari Abu Mas’ud Al Badri RA. bahawasanya Rasulullah SAW. bersabda:

“Siapa yang membaca dua ayat terkahir dari surat Al Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari Muslim)

Kecukupan yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah kecukupan di dunia dan akhirat. Bisa dikatakan bahwa kebutuhan kita akan terpenuhi jika kita mengamalkan ayat diatas dengan baik. Dan tentu saja selain mengamalkan dengan baik, kita juga harus taat dan senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT.

Adapun lafadz Q.S Al Baqarah ayat 285-286 adalah sebagai berikut :

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ 

Amanar-rasụlu bimā unzila ilaihi mir rabbihī wal-mu`minụn, kullun āmana billāhi wa malā`ikatihī wa kutubihī wa rusulih, lā nufarriqu baina aḥadim mir rusulih, wa qālụ sami'nā wa aṭa'nā gufrānaka rabbanā wa ilaikal-maṣīr

Artinya : "Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali".

5. Surat Al Baqarah ayat 255

Surat Al Baqarah ayat 255 disebut juga dengan ayat kursi. Isi dari ayat tersebut menjelaskan tentang kemartabatan Allah SWT yang mencakup nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum. Oleh karena itu ayat kursi diberi julukan sebagai ayat yang paling agung dalam Al Qur’an. Salah satu keistimewaan ayat kursi adalah saat kita melafadzkannya dengan doa agar impian terwujud.

Adapun lafadz ayat kursi bisa Anda baca disini : Lafadz Ayat Kursi Lengkap Dengan Latin dan Artinya

6. Surat Yasin

Selayaknya manusia yang memiliki jantung sebagai organ yang paling penting dalam tubuh, Al Qur’an juga memilikinya. Jantung Al Qur’an adalah surat yasin. Keistimewaan dari surat yasin ini sangatlah banyak, salah satunya adalah sebagai doa ketika mempunyai hajat.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang membaca surat yasin di permulaan siang dan mendahulukannya di depan hajatnya, maka hajat itu akan terpenuhi.” (HR. Abasy Syaikhi dari Abi Hurairah RA.)

Untuk lafadz surat yasin, silahkan Anda baca disini : Bacaan Yasin dan Tahlil Latin Singkat Tapi Lengkap

7. Bacaan Asmaul Husna

Asmaul Husna merupakan sebutan bagi sifat-sifat Allah. Jumlah Asmaul Husna adalah 99. Salah satu manfaat dari membaca Asmaul Husna yaitu dikabulkannya doa oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman :

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya : "Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan".

Adapun lafadz asmaul husna dapat Anda baca disini : Kumpulan Asmaul Husna Latin Lengkap dengan Tulisan Arab dan Artinya

Agar keinginan kita lekas diijabah oleh Allah, maka hendaknya kita berdoa dengan khusyuk dan penuh harapan serta teruslah berusaha dengan keras untuk menggapai keinginan tersebut.

Demikian artikel tentang doa agar impian terwujud ini, semoga bermanfaat.