Kumpulan Doa Agar Anak Pintar dan Pandai

 24 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Kumpulan Doa Agar Anak Pintar dan Pandai

Ilustrasi orang tua berdoa untuk anaknya - Image from www.diaridunia.com

Doa agar anak pintar dalam belajar. Benarkah dengan belajar saja anak dapat menjadi pintar? Tentu tidak. Orang tua juga harus senantiasa mendoakan anaknya agar cerdas dan pandai.

Tidak ada satupun orang tua yang menginginkan anaknya menjadi anak yang bodoh, semua orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang pintar dan berhasil. Hal yang perlu orang tua lakukan adalah senantiasa membimbing sang anak dengan cara menyekolahkan, memasukkan anak ke pesantren, mengajari anak cara mengaji, dan lain sebagainya.

Hal yang tidak boleh dilupakan oleh orang tua selain memberi ilmu pada anak adalah mendoakan anak. Baik doa anak agar selamat dunia akhirat maupun doa agar anak menjadi pintar dan cerdas. Hal ini karena doa orang tua merupakan doa yang mustajab.

Dari Anas bin Malik RA., Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ لاَ تُرَدُّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ ، وَدَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ

“Tidak doa yang tidak tertolak yaitu doa orang tua, doa orang yang berpuasa dan doa seorang musafir.” (HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini shahih sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 1797).

Lalu bagaimana lafadz doa agar pintar dalam belajar tersebut? Berikut dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang kumpulan doa agar pintar.

Doa Agar Anak Rajin Belajar

Adapun doa ingin pintar dan cerdas ini sebaiknya dibaca setiap hari sebanyak tiga kali setelah shalat fardhu dan pada saat shalat tahajud dengan membacanya sebanyak 27 kali. Dan berikut lafadz doa agar pintar dan cerdas.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. الّلهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا فُتُوْحَ الْعَارِفيْنَ بِحِكْمَتِكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا رَحْمَتَكَ يَا ذَاالْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM, ALLAHUMMAFTAH ALAYYA FUTUUHAL AARIFFIN BIHIKMATIKA, WANSYUR ALAYNA RAHMATAKA YA DZAL JALAALI WAL IKRAM.

Atau bisa juga dengan lafadz doa anak rajin belajar berikut :

رَبِّي َهَبْ ِلَي غُلامًا زَكِيًّا، وَاجْعَلْهُ اللَّهُمَّ مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كَانَ، وَأَعِنْهُ عَلَى الصَّلاَةِ وَالزَّكَاةِ مَا دَامَ حَيًّا، وَبَرًّا بِوَالِدَيْهِ وَلَا تَجْعَلْهُ جَبَّارًاشَقِيًّا

RABBII HABLII GHULAAMAN ZAKIYYAN, WAJALHU ALLAHUMMA MUBAARAKAN AINA MAA KAANA, WA A’INHU ‘ALASH-SHALAH WAZ-ZAKAAH MAA DAA MA HAYYA, WA BARRAN BIWALIDAIHI WA LAA TAJ’ALHU JABBAARAN SYAQIYYA.

Artinya : “Ya Allah, karuniakanlah kepadaku anak yang suci, dan berikanlah keberkahan kepadanya dimanapun ia berada. Dan tegakkanlah dirinya untuk selalu menunaikan shalat, dan zakat sepanjang hidupnya. Jadikanlah pula ia sebagai anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Jangan jadikan ia sebagai anak yang sombong lagi durhaka.”

Baca Juga : Inilah Doa Terbaik untuk Anak yang Wajib Dipanjatkan Bagi Para Orang Tua

Keutamaan Doa Agar Cerdas dan Pandai

Adapun beberapa keutamaan atau manfaat membaca doa agar anak rajin belajar ini adalah sebagai berikut :

  1. Doa ingin pintar dapat mempertajam daya otak anak dan mengasahnya agar lebih  bisa ketika mempelajari sesuatu.

  2. Doa supaya pintar membuat anak pandai membaca situasi dan dapat membaca peluang usaha.

  3. Doa agar pintar bisa menumbuhkan kepekaan intuisi sehingga menjadi tajam.

  4. Doa pintar dapat memunculkan kreativitas yang tinggi tanpa batas.

  5. Doa untuk pintar dapat membantu untuk mempermudah proses belajar anak ketika mempelajari sesuatu.

  6. Doa biar pintar dapat membuat anak memecahkan persoalan dengan cepat dan mudah.

  7. Doa anak rajin belajar dapat membuat anak mempunyai kemampuan dalam mengambil keputusan, serta membedakan mana yang benar dan yang salah baik secara logika maupun secara hukum agama.

Selain doa orang tua untuk anaknya, sebagai anak juga harus senantiasa mendoakan orang tua. Baca selengkapnya disini :
1. Mustajab, Doa Kedua Orang Tua yang Bersumber Langsung dari Al Qur'an
2. Doa Untuk Orang Tua Agar Mereka Selalu Diberikan Rezeki Berkah dan Diampuni
Segala Dosanya

Hal yang perlu diperhatikan adalah sang anak harus diajarkan dengan giat, agar doa dapat seimbang dengan usaha.

Demikian artikel tentang kumpulan doa agar pintar ini, semoga dapat bermanfaat bagi orang tua dan juga anak. Jangan lupa untuk para orang tua agar selalu mengamalkan doa tersebut.