Diskriminasi Adalah: Pengertian, Macam-Macam dan Penyebab

 31 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Diskriminasi Adalah: Pengertian, Macam-Macam dan Penyebab

Ilustrasi diskriminasi - Image from pixabay.com

Diskriminasi adalah. Membeda-bedakan hingga menimbulkan ketidakadilan disebut  dengan diskriminasi.

Indonesia sangat menjunjung tinggi keadilan. Ideologi bangsa Indonesia yaitu pancasila menyebutkan kemanusiaan yang adil dan beradab pada sila ke dua, dan persatuan Indonesia dalam sila ke tiga.

Hal ini karena keadilan merupakan hak segala individu tanpa terkecuali, bahkan terdapat undang-undang yang mengatur hal tersebut. Persatuan Indonesia dapat selalu dijaga salah satunya dengan selalu berbuat adil. Ketika pelajaran kewarganegaraan pun, kita pasti juga belajar mengenai keadilan, yaitu berbuat baik dan adil kepada semua orang tanpa mendiskriminasi.

Apakah diskriminasi itu? Berikut dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan macam-macam diskriminasi.

Pengertian Diskriminasi

Salah satu cara berbuat adil adalah dengan tidak melakukan diskriminasi terhadap individu maupun kelompok. 

Menurut Wikipedia Indonesia, diskriminasi adalah merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut. Diskriminasi-adalah suatu kejadian yang biasa dijumpai dalam kehidupan masyarakat, hal ini disebabkan karena kecenderungan sikap manusia yang lebih suka membeda-bedakan yang lain.

Jadi dapat kita ambil kesimpulan bahwa diskriminasi adalah membeda-bedakan
suatu individu atau kelompok yang menyebabkan ketidakadilan karena adanya karakteristik khusus yang dimiliki oleh individu atau kelompok tersebut. Sedangkan diskriminatif adalah segala keadaan yang mencerminkan diskriminasi.

Ketika seseorang diperlakukan secara tidak adil karena adanya karakteristik suku, antargolongan, jenis kelamin, ras, agama dan kepercayaan, aliran politik, kondisi fisik atau karakteristik lain merupakan sebuah tindakan diskriminasi.

Terdapat beberapa pendapat dari para ahli tentang definisi dari diskriminasi, antara lain adalah :

1. Fulthoni, et.al

Menurut Fulthoni, diskriminasi adalah kata yang berarti perlakuan yang tidak adil dan tidak seimbang yang dilakukan untuk membedakan perorangan, atau kelompok, berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal, atau atribut-atribut khas, seperti berdasarkan ras, kesukubangsaan, agama, atau keanggotaan kelas-kelas sosial.

2. Theodorson & Theodorson

Theodorson & Theodorson (1979), mengemukakan bahwa definisi diskriminasi adalah perlakuan yang tidak seimbang terhadap perorangan atau kelompok berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal atau atribut khas seperti ras, suku, agama atau keanggotaan kelas-kelas sosial.

3. Sears, Freedman, dan Peplau

Sears, Freedman, dan Peplau (1999), berpendapat bahwa pengertian diskriminasi adalah suatu perilaku yang menunjukkan penolakan terhadap individu atau kelompok semata-mata karena keanggotaan seseorang di dalam kelompok.

4. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

PBB adalah sebuah organisasi International yang mendorong adanya kerjasama International.

Menurut PBB, arti diskriminasi adalah perilaku dan tindakan yang dilakukan berdasarkan perbedaan dalam kategorisasi yang dibuat oleh alam atau masyarakat, yang tidak ada hubungannya dengan kemampuan individu atau jasanya.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, definisi diskriminasi adalah perbedaan perlakuan terhadap sesama warna negara yang dilakukan berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya.

Diskriminasi bisa muncul dalam berbagai bidang, antara lain :

  1. Diskriminasi dalam hal pekerjaan.
  2. Diskriminasi dalam hal politik
  3. Diskriminasi yang terjadi di tempat umum, misalnya restoran, hotel, rumah sakit, kendaraan umum, dan lain sebagainya.
  4. Diskriminasi perumahan, yaitu ketika adanya diskriminasi dalam lingkup sosial. Misalnya seperti di beberapa tempat, orang minoritas dipersulit untuk mendapatkan tempat tinggal.

Baca tentang kasus-kasus diskriminasi disini :
1. Diskriminasi! Karena Berhijab, Wanita Ini Diperlakukan Buruk Oleh Pramugari
2. Kasihan Wanita Indonesia ini Dipukuli di korea Karena Perlakuan Diskriminasi
3. Ketty Perry Membuat Video "Selamatkan Muslim dari Trump", Alasannya Bikin Muslim Terharu

Diskriminasi terbagi menjadi dua, yaitu :

1. Diskriminasi langsung

Yaitu diskriminasi yang terjadi ketika hukum, peraturan atau kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, sehingga menghambat adanya peluang yang sama. Misalnya dalam sebuah perusahaan hanya mempekerjakan laki-laki saja, padahal perempuan juga memiliki kemampuan yang sama.

2. Diskriminasi tidak langsung

Yaitu diskriminasi yang terjadi saat peraturan yang sifatnya netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan, karena adanya karakteristik tertentu. Misalnya dalam sebuah asrama kampus, mahasiswa berkulit hitam dilarang tidur di kasur, padahal tidak ada peraturan tertulis mengenai hal tersebut, dan sebagainya.

Penyebab Diskriminasi

Diskriminasi adalah sikap membeda-bedakan. Yahya (2006) mengemukakan penyebab adanya diskriminasi, antara lain :

  1. Mekanisme pertahanan psikologi (projection)

    Seseorang akan mempunyai kecenderungan untuk memindahkan ciri-ciri dari hal yang tidak disukai tentang dirinya terhadap orang lain. Hal itu kemudian menyebabkan adanya cap buruk terhadap orang lain.

  2. Kekecewaan

    Setengah orang yang kecewa akan meletakkan kekecewaan mereka kepada ’kambing hitam’.

  3. Mengalami rasa tidak selamat dan rendah diri

    Bagi mereka yang merasa terancam dan juga rendah diri, salah satu cara yang mungkin dilakukan untuk menenangkan diri adalah dengan cara mencoba merendahkan orang atau kelompok lain.

  4. Sejarah

    Adanya perlakuan tidak menyenangkan di masa lalu bisa menjadi salah satu penyebab adanya diskriminasi. Karena terdapat kecenderungan untuk tidak merasa menjadi satu-satunya orang yang mendapat perlakuan buruk, sehingga kemudian ia menyalurkannya terhadap orang lain.

  5. Persaingan dan eksploitasi

    Masyarakat kini adalah lebih materialistik dan hidup dalam persaingan. Individu atau kelompok bersaing diantara mereka untuk mendapatkan kekayaan, kemewahan dan juga kekuasaan.

  6. Corak sosialisasi

    Diskriminasi juga adalah fenomena yang dipelajari dan diturunkan dari satu generasi kepada generasi yang lain melalui proses sosialisasi. Seterusnya terbentuk suatu pandangan stereotip tentang peranan sebuah bangsa dengan yang lain dalam masyarakat, yaitu berkenaan dengan kelakuan, cara kehidupan dan sebagainya. Melalui pandangan stereotip ini, kanak-kanak belajar menghakimi seseorang atau sesuatu ide. Sikap prejudis juga dipelajari melalui proses yang sama.

Demikianlah artikel tentang pengertian, macam-macam, dan penyebab diskriminasi ini, semoga bermanfaat.