Bersyukur Adalah Cara Terbaik Menikmati Hidup

 22 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Bersyukur Adalah Cara Terbaik Menikmati Hidup

Alhamdulilah - Image from pixabay.com

Bersyukur adalah suatu perbuatan yang mempunyai tujuan untuk berterima kasih atas segala pemberian dari Allah SWT.  Penjelasan lengkapnya berikut ini!

Dalam kehidupan manusia, pasti tak luput dari dua hal yaitu kesenangan dan kesusahan.
Ketika kita merasakan kesenangan, maka kita harus selalu ingat bagaimana kita dulu pernah merasakan susah, agar kesenangan tersebut tidak menjadikan kita sombong.

Sebaliknya, ketika kita merasakan kesusahan maka ingatlah bahwa suatu saat nanti Allah pasti akan memberi kesenangan. Allah SWT berfirman :

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (5) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (6)

Artinya : “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”. (QS Alam Nasyrah : 5-6)

Dari ayat diatas, dapat kita ketahui bahwa ketika dalam masa sulit, kita harus selalu mengingat kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Artinya : “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” (QS Al Baqarah : 152)

Adapun nikmat yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada manusia adalah pemberian yang terus menerus dan bermacam-macam bentuknya, baik lahir maupun batin. Akan tetapi manusia sering kali mengkufuri nikmat tersebut. Hal yang harus kita lakukan ketika Allah memberi nikmat adalah bersyukur.

Apa pengertian bersyukur itu? Demikian artikel kali ini akan membahas tentang hakikat  bersyukur.

Pengertian Bersyukur

Bersyukur adalah suatu perbuatan yang mempunyai tujuan untuk berterima kasih atas segala pemberian dari Allah SWT. Tidak perlu menghitung seberapa banyak nikmat tersebut, karena kecil maupun besar kita harus mensyukurinya. Allah SWT telah berjanji bahwa Ia akan melipatgandakan nikmat orang yang selalu bersyukur.

Bersyukur adalah rasa terimakasih kita kepada Allah. Dalam islam sendiri, istilah bersyukur-adalah sebagaimana yang diterangkan oleh Ibnul Qayyim:

الشكر ظهور أثر نعمة الله على لسان عبده: ثناء واعترافا، وعلى قلبه شهودا ومحبة، وعلى جوارحه انقيادا وطاعة

Artinya : “Syukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah” (Madarijus Salikin, 2/244).

Bersyukur kepada Allah dapat kita lakukan dengan cara berdoa kepada Allah SWT, baca selengkapnya disini :
1. Do'a Syukur Nikmat, Agar Rezekinya Barokah dan Selalu Dekat Allah
2. Ingin Menjadi Manusia yang Senantiasa Bersyukur Kepada Allah SWT? Lantunkan Doa Berikut Ini

Bersyukur Adalah Cara Terbaik Agar Merasa Cukup

Orang yang mendapatkan penghasilan sedikit pasti akan sulit untuk bersyukur apabila tidak ada keridhaan di dalam hatinya. Demikian pula orang yang diberi kelancaran dalam rezeki, ia akan selalu merasa kurang dengan rezeki tersebut. Padahal sejatinya bersyukur adalah cara terbaik menikmati hidup.

Bayangkan saja apabila kita tidak mempunyai rasa bersyukur, kita akan tanpa henti dan terus menerus mencari. Contohnya begini, kita mempunyai sepeda motor lalu kita ingin punya mobil. Maka kita akan semakin kerja keras untuk dapat membeli mobil. Apabila kita sudah mendapatkan mobil, maka kita ingin punya rumah mewah, dan kita akan bekerja keras lagi, dan begitupun seterusnya. Jadi bisa dikatakan bersyukur adalah kunci kebahagiaan karena dengan bersyukur kita akan selalu merasa cukup

Bersyukur adalah cara terbaik agar merasa cukup, karena dengan bersyukur akan membuat kita sadar bahwa Allah pasti akan mencukupkan kebutuhan hamba-Nya. Rasa syukur yang hakiki dapat dibangun dengan lima pondasi utama, yaitu :

  1. Merendahnya orang yang bersyukur di hadapan Allah SWT
  2. Kecintaan terhadap Allah SWT
  3. Mengakui semua pemberian Allah SWT
  4. Senantiasa memuji Allah atas segala nikmat yang diberikannya
  5. Tidak memanfaatkan nikmat tersebut untuk sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT

Bagi orang tua, bersyukur hendaknya diajarkan kepada anak sejak usia dini, baca selengkapnya disini :
1. Cara Mengajarkan Anak Agar Bisa Bersyukur Sejak Kecil
2. Seperti 6 Cara Mengajari Anak Bersyukur Dengan Berbagai Edukasi

Bersyukur Adalah Karakter Orang Percaya

Bersyukur adalah karakter orang yang percaya akan kehendak Allah SWT. Ia percaya bahwa nikmat Allah pasti akan datang dan tidak akan salah alamat. Seseorang yang bersyukur tidak akan sibuk menimbun nikmat dari Allah, akan tetapi ia akan senantiasa melaksanakan perintah Allah.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa bersyukur merupakan bentuk pengakuan atas nikmat Allah dengan penuh sikap kerendahan, memuji Allah dengan cara menyebut-nyebut nikmat tersebut, kemudian dalam hati senantiasa mencintai Allah SWT, anggota badan taat kepada-Nya dengan cara melaksanakan perintahnya, menjauhI larangannya serta lisan tak berhenti menyebut nama Allah yang Maha Agung.

Demikian artikel tentang pengertian bersyukur ini, semoga bermanfaat. Dan semoga kita termasuk dalam golongan hamba yang selalu bersyukur sebagai cara terbaik untuk menikmati hidup.