Kumpulan Doa-Doa Islami

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 28 Sep 2019

Kumpulan Doa-Doa Islami

ilustrasi doa islami - Image from beritagar.id

Islam merupakan agama yang indah. Dalam islam, kita diajarkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. Tujuan utama berdoa adalah untuk meminta rahmat-Nya, agar selalu dijaga dalam segala keadaan. Doa islami ada bermacam-macam, bisa dibilang doa2 islami mencakup semua kegiatan kita. Mulai doa bangun tidur, doa masuk wc dan keluar wc, doa keluar rumah, dan lain-lain.

Berikut ini telah kami rangkum kumpulan doa2 islami yang paling besar manfaatnya

Doa-doa Islami

1. Doa sapu jagad

Doa ini merupakan doa yang singkat namun sangat berguna bagi kegiatan sehari-hari, karena mencakup semua aspek dalam kehidupan kita, diantaranya adalah memohon kebaikan di dunia maupun di akhirat. Berikut bacaan doa sapu jagad :

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Robbana a’tina fid’dun yaa hasanah, wafil a’ khirotil hasanah, waqinaa azab’bannar

Artinya : Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka. (QS. Al-Baqarah 201)

2. Doa agar amalannya diterima

Doa ini bertujuan memohon kepada Allah SWT agar semua amalan kita di dunia diterima oleh Allah SWT. Seperti yang disebutkan Nabi Ibrahim AS bahwa ada dua sifat Allah, yaitu Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.
Berikut doa islami agar amalan kita diterima :

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Rabbanaa taqabbal minnaa, innaka antas sami’ul ‘alimu

Artinya : Ya Tuhan kami terimalah (amalan) daripada kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah 127)

3. Doa meminta pertolongan Allah SWT

Doa ini pernah dipanjatkan oleh Thalut dan bala tentaranya ketika menghadapi Jalut di medan perang. Dalam perang ini pasukan Thalut dapat mengalahkan Jalut, serta Daud dapat membunuh Jalut.

رَبَّنَآ أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Rabbanaa afrigh ‘alaynaa shabran watsabbit aqdaamanaa waunshurnaa ‘alaa alqawmi alkaafiriina

Artinya : Ya Tuhan, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, kokohkanlah pendirian kami, serta tolonglah kami dalam mengalahkan orang-orang kafir. (QS. Al-Baqarah 250)

4. Doa meminta kesehatan

Doa ini dapat diucapkan setiap hari, tidak hanya pada saat kita mengalami cobaan sakit saja. Berikut doa meminta kesehatan :

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmatan innaka antal wahhaabu.

Artinya : Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu; Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (karunia). (QS. Ali-Imran 8)

Baca Juga : Bacaan Doa Masuk Wc dan Doa Keluar Wc Arab, Latin dan Artinya

5. Doa meminta kekuatan iman

Doa ini bertujuan memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah lalu, serta memohon kepada-Nya agar kita dijauhkan dari siksa api neraka. Namun selain membaca doa ini, kita juga diharuskan untuk selalu beriman. Mengingat kehidupan di dunia hanya sementara, dan kelak kita akan menemui dunia yang kekal yaitu akhirat. Berikut lafadz doa meminta kekuatan iman :

رَبَّنَآ إِنَّنَآ ءَامَنَّا فَٱغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Rabbanaa innanaa aamannaa faaghfir lanaa dzunuubanaa waqinaa ‘adzaabannaari

Artinya : Ya Tuhan kami, kami benar-benar beriman, maka ampunilah dosa-dosa kami dan selamatkanlah kami dari siksa neraka. (QS. Ali-Imran 16)

6. Doa memohon curahan rezeki

Diriwayatkan, bahwa Nabi lsa pernah berdo’a memohon kepada Allah agar diturunkan hidangan dari langit atas permintaan kaumnya yang masih ragu atas kerasulan Nabi Isa. Sebelum berdo'a, beliau terlebih dahulu mengerjakan sholat dua raka’at, lalu menundukkan kepala sambil menangis kemudian berdo'a. Dan Allah pun mengabulkan do’a beliau, sehingga Allah SWT memberikan hidangan dari langit.
Adapun doa yang dibaca Nabi Isa adalah :

رَبَّنَآ أَنزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ ٱلسَّمَآءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِّأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِّنكَ ۖ وَٱرْزُقْنَا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

Rabbanaa anzil ‘alainaa maa’idatam minas samaa’i takuunu lanaa’idal li’awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatam minka warzuqnaa wa anta khairur raaziqin(a)

Artinya : Ya Allah Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang bersama kami ataupun yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki. (QS. Al-Ma’idah 114)

7
. Doa memohon kasih sayang kepada orang tua

Sudah seharusnya kita berbakti kepada orang tua, dengan menjalankan segala perintahnya serta mendoakan orang tua kita. 
Adapun doa islami memohon kasih sayang orang tua adalah :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Allahumma fighfirlii wa liwaa lidhayya warham humaa kamaa rabbayaa nii shokhiroon

Artinya : Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, baik ibu dan bapakku, kasihanilah keduanya seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.

Demikian artikel mengenai doa2 islami, semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan setiap hari, amiin.

SHARE ARTIKEL