Update, Pengguna Token Pulsa PLN Golongan 900 VA Juga Dapat Diskon 50 Persen

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 02 Apr 2020

Update, Pengguna Token Pulsa PLN Golongan 900 VA Juga Dapat Diskon 50 Persen

Pengguna token juga mendapatkan diskon dan gratis listrik - Image from wajibbaca.com

Volt kecil, volt besar sama-sama diberi keringanan.

Tak hanya golongan 450 VA saja, Jokowi juga meringankan beban pelanggan PLN prabayar 900 VA, yaitu sebesar 50%. Sama seperti pengguna listrik prabayar pengguna listrik token pun dapat bantuan.

Presiden Jokowi memberikan keringanan untuk biaya jasa listrik selama tiga bulan ke depan. 

Untuk pengguna reguler atau pascabayar 450 VA, tagihan listriknya akan digratiskan selama tiga bulan, sementara bagi pengguna 900 VA, mereka hanya diwajibkan membayar setengah dari tagihannya saja alias diskon 50%.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana juga memaparkan bahwa, pemerintah akan memberikan keringanan sejumlah penggunaan maksimum KWh selama tiga bulan ke belakang. 

Untuk pelanggan prabayar golongan 450 VA yang biasanya menggunakan pulsa token, maka mulai April, Mei, hingga Juni akan mendapatkan listrik gratis sebesar jumlah penggunaan maksimum di tiga bulan sebelumnya dari Januari ke Maret.

"Untuk prabayar golongan 450, atau yang beli token, itu diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan. Kami dan PLN, sudah punya profile-nya pelanggan dan mereka ketahuan beli maksimumnya dalam 3 bulan terakhir itu berapa," ujar Rida lewat video conference kepada wartawan, seperti yang dilansir dari laman Detik.com Rabu (1/4/2020).

"Itu lah yang kita berikan secara gratis 3 bulan ke depan, angka maksimumnya dia beli selama 3 bulan kemarin," sambung Rida.

Baca Juga: Update, Jokowi Juga Berikan Token Pulsa Gratis untuk Golongan 450 VA

Sementara itu, untuk pelanggan prabayar token atau pulsa golongan 900 VA, pemerintah tetap menggunakan angka pembelian listrik maksimum selama tiga bulan sebelumnya. Nantinya, setengah jumlah listrik dari angka tersebut akan digratiskan.

"Sementara untuk prabayar atau token 900 VA, persis seperti yang 450 VA hanya saja mereka tidak gratis, mereka hanya mendapatkan daya gratis 50% dan itu berlaku tiga bulan untuk April, Mei, dan Juni," papar Rida.

Dengan kebijakan ini, Rida mengatakan bahwa masyarakat pengguna listrik golongan 450 VA dan 900 VA tidak akan belanja listrik bulanan sebesar biasanya, dan kebijakan ini akan berlaku mulai bulan April hingga Juni.

"Intinya pada bulan April ini golongan pelanggan tersebut tidak belanja listrik sebagaimana mestinya bulan-bulan sebelumnya. Yang token 450 VA dapat gratis daya dan untuk 900 VA bayar ibarat bayar setengahnya," ujar Rida.

Tanya netizen

Kebijakan yang dikeluarkan oleh Presiden ini, tentu disambut bahagia oleh semua pengguna token listrik.

Tak sedikit yang menyampaikan rasa terimakasihnya ke Presiden Jokowi lewat media sosial. 

Netizen dengan username @Anam Deblenk misalnya, ia menulis "Terimakasih pak presiden"

Baca Juga: Catat! ini Daftar Bank yang Beri Keringanan `Libur Nyicil`

Meskipun begitu, ada pula beberapa netizen yang merasa kebijakan ini belum direalisasikan dengan baik.
@Mulyadi_jengah misalnya, yang menulis "Gak terbukti bro, gue pengguna 900 kv, hari ini beli token 50 ribu dapetnya segitu2 jga, gak nambah kw nya"

@m tamsil "apakah hanya sekedar wacana.? kenyataannya hari ini tgl 2 april saya cek tetangga sebelah yg menggunakan token daya 450 , kwh tetap berjalan seperti hari hari biasanya, gratis yang bagaimana?"

Terlepas dari apapun masalahnya, semoga kebijakan ini dapat segera dinikmati oleh masyarakat, terutama masyarakat menengah kebawah yang perekonomiannya terdampak akibat pandemi virus corona.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb