Doa Menyambut Bulan Ramadhan Agar Ibadah Lebih Berkah

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 18 Apr 2020

Doa Menyambut Bulan Ramadhan Agar Ibadah Lebih Berkah

Ilustrasi doa menyambut Ramadhan - Image from pontianak.tribunnews.com

Ramadhan sebentar lagi.

Mari sambut bulan Ramadhan dengan suka cita dan penuh rasa syukur. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk membaca doa menyambut Ramadhan agar ibadah lebih berkah. 

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, menyambut datangnya bulan suci Ramadhan sebaiknya dilakukan dengan hati yang penuh suka cita. Bersyukur karena kita masih dipertemukan dengan Ramadhan.

“Ramadhan adalah bulan pengampunan dan bergugurannya dosa,” ujarnya melansir laman Okezone, Kamis (16/4/2020).

Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Imam Nawawi dalam Kitab Almajmu mencantumkan hadist yang berisi doa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam ketika menyambut Ramadhan,

انَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَأَى الْهِلالَ قَالَ : ” اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Artinya: “Sesungguhnya Nabi Sallallahu alaihi wasallam ketika telah melihat hilal Ramadhan, beliau berdoa;

Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah

Artinya: Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.” (HR. Tirmidzi)

Baca Juga: 3 Bekal Sambut Ramadhan di Saat Pandemi

Lebih lanjut, Ustadz Ainul Yaqin juga mengatakan, menyambut Ramadhan juga dapat dilakukan dengan membaca doa lainnya yang tak lain sebagai bentuk syukur karena masih dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan

Berikut adalah doa menyambut bulan suci Ramadhan:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ، قَالَ: ” اللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ، وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ “

Artinya: “Dari Sahabat Anas bin Malik, ia berkata: Nabi Muhammad bersabda ketika memasuki waktu bulan Rajab: “Ya Allah, Berkahilah kami di Bulan Rajab dan Sya’ban. Ya Allah, Berkahilah kami di Bulan Ramadhan” (HR. Ahmad, No.23460).

“Atau mengganti kalimat dengan lafadz: وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ artinya, Pertemukanlah kami dengan Bulan Ramadhan” (HR. Al Baihaqi).

Baca Juga: Jadwal Puasa Ramadhan dan 4 Arahan MUI Ubah Kebiasaan Ibadah

Selain itu, selama bulan Ramadhan umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan saleh, guna menambah pahala dan keberkahan dari bulan suci tersebut.

Marhaban ya Ramadhan, mari kita sambut bulan suci ini dengan penuh suka cita dan rasa syukur.

Terimakasih ya Allah, Engkau masih mempertemukan kami dengan Bulan-Mu yang suci.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb