450 VA dan 900 VA Dapat Listrik Gratis, `Orang Kaya` Juga Minta Keringanan

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 04 Apr 2020

450 VA dan 900 VA Dapat Listrik Gratis, `Orang Kaya` Juga Minta Keringanan

Keluhan pelanggan PLN golongan 1300 VA keatas - Image from wajibbaca.com

Adil itu meletakkan sesuatu pada tempatnya!!

Banyak sekali netizen yang kaya merasa tidak dapat keadilan dari pemerintah, pelanggan 900 VA, dan 450 VA dapat diskon dan gratis listrik, yang 2200 VA kok gak dapat? 

Seiring dengan kebijakan Presiden Joko Widodo tentang keringanan biaya listrik di tengah pandemi virus corona, PLN telah menyiapkan bagaimana cara mendapatkan program tersebut.

Pihak PLN melalui laman Instagramnya, telah mengumumkan bahwa kebijakan gratis token listrik sudah bisa diklaim, pun mekanismenya.

Berikut caption yang menyertai unggahan PLN tersebut

Hai Electrizen, Mimin mau kasih tau kalau Token Gratis dari PLN untuk Pelanggan Rumah Tangga Prabayar 450 VA dan 900 VA Subsidi SUDAH DAPAT DIAKSES LOHH!" 

Electrizen dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id 

Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk Pelanggan 450 VA dan sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan 900VA bersubsidi, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Mekanisme website dengan cara:
1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :
1. Buka Aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, atau paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang digratiskan sudah dapat terlayani seluruhnya.

View this post on Instagram

Hai Electrizen, Mimin mau kasih tau kalau Token Gratis dari PLN untuk Pelanggan Rumah Tangga Prabayar 450 VA dan 900 VA Subsidi SUDAH DAPAT DIAKSES LOHH! Electrizen dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk Pelanggan 450 VA dan sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan 900VA bersubsidi, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Mekanisme website dengan cara: 1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19 2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar. 3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara : 1. Buka Aplikasi WhatsApp 2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. 3. Token gratis akan muncul 4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, atau paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang digratiskan sudah dapat terlayani seluruhnya. #PLNatasiCorona #PLNTerbaik #PLNBerbakti

A post shared by PLN (@pln_id) on

Baca Juga: Info Update, Klaim Token Listrik Gratis Lewat WA Baru Bisa Senin, Begini Caranya

Postingan ini pun dibanjiri komentar positif dari warganet. Meskipun demikian, ada beberapa pengguna listrik golongan 1.300 VA dan 2.200 VA yang mengeluhkan kebijakan tersebut.

Mereka menganggap PLN dan pemerintah 'pilih kasih' atau bahkan tidak adil terhadap warganya.

Mereka pun menginginkan hak yang sama, yakni diberikan token gratis atau mendapat diskon setengah harga.

Berikut beberapa keluh kesah yang disampaikan oleh netizen:

@ganaukimok "1300 blm ya?, jujur kena dampak loohh"

@putri_fidtriani "Emangnya yg kena dampak corona hanya 450 dan 900?? Di atas 1300 dianggap ga kena dampak?"

@reny_manik "Yg 2200VA ga dpt nih min???"

@muhishakbasri "Gimana ini kebijakannya gak adil harusnya merata kesian kalangan bawah gak dapat..."

Terkait keluhan tersebut, beberapa warganet pun merespon dengan menyebut mereka serakah dan tidak mau mengalah dengan warga miskin.

@latishawulandari misalnya, ia menulis "INGET GUYS, LISTRIK SUBSIDI DIPRIORITASKAN UNTUK YG MENEGAH KE BAWAH DULU. JANGAN SERAKAH, JANGAN PURA" MENENGAH KEBAWAH NTR SUSAH BENERAN DIJABAH TUHAN NANGIS LU"

@nazriler "Samlekun bu ibu. Ini kan subsidi buat golongan tidak mampu, yg mampu tolonglah ndak usah maksa2 minta diskon jugaa. Jadi mental yg mandiri, jgn mental minta2 trs bisa bangkrut negara kalo warganya minta subsidi semua padahal mampu."

Baca Juga: Resmi Dibuka, Begini Cara dan Syarat Daftar Kartu Pra Kerja Online

Tak semua pelanggan mendapatkan token gratis

Lebih lanjut, memang tak semua pelanggan PLN bisa mendapatkan token gratis ini. Hanya pelanggan tertentu saja yang dapat merasakan keringanan tersebut.

Ketentuan ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020.

Adapun pelanggan yang bisa mendapat keringanan ini adalah mereka yang menggunakan listrik dengan daya 450 VA dan 900 VA.

Total kurang lebih ada 24 juta pengguna listrik 450 VA akan dibebaskan sepenuhnya dari biaya tagihan listrik selama 3 bulan, yakni sejak April hingga Juni 2020.

Sementara sekitar 7 juta pengguna listrik 900 VA akan mendapatkan keringanan berupa subsidi setengah harga untuk biaya di 3 bulan yang sama.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb