Obat Kutil Kelamin Alami dan Resep Dokter Dijamin Ampuh

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 18 Jan 2020

Obat Kutil Kelamin Alami dan Resep Dokter Dijamin Ampuh

Ilustrasi obat kutil kelamin - Image from id.pinterest.com

Obat Kutil Kelamin Alami dan Resep Dokter - Cari tahu obat kutil kelamin alami dan resep dokter berikut ini.

Kutil kelamin merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV). Kutil kelamin bisa diobati, meskipun begitu virusnya masih tetap ada di dalam tubuh. Pengobatan untuk kutil kelamin biasanya menggunakan obat oles seperti salep, krim ataupun gel.

Namun, Anda juga bisa menggunakan bahan alami untuk obat kutil kelamin. Simak penjelasannya berikut ini.

Obat Kutil Kelamin yang Ampuh

Kutil merupakan infeksi kulit yang sangat mengganggu, dan bisa muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk di sekitar kelamin. Tapi tenang saja, pada dasarnya kutil kelamin bisa hilang dengan sendirinya.

Kasus kutil kelamin merupakan kasus umum yang dialami oleh jutaan orang setiap tahunnya, baik laki-laki maupun perempuan sama-sama berisiko mengalami kondisi ini. Dan kabar baiknya, kutil ini bisa ditangani dengan berbagai macam obat.

Umumnya, obat kutil kelamin yang tersedia harus dengan resep dari dokter. Namun sebelum Anda mencoba obat medis, ada baiknya Anda menggunakan obat kutil kelamin herbal yang berasal dari bahan-bahan alami.

Dan berikut obat kutil kelamin herbal yang bisa Anda gunakan, selain murah meriah, cara ini juga minim efek samping sehingga tidak akan memperparah kutil di kelamin.

1. Tea tree oil

Sudah sejak lama tea tree oil digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Kandungan antijamur di dalamnya mampu menekan pertumbuhan virus, termasuk virus yang menyebabkan tumbuhnya kutil pada kelamin.

Namun perlu di garis bawahi, terkadang penggunaan tea tree oil dapat memunculkan sensasi panas pada kulit. Apabila mengalami kondisi ini, maka sebaiknya Anda melarutkannya terlebih dulu dengan minyak kelapa ataupun minyak zaitun, kemudian gunakan kapas untuk mengoleskannya pada kulit.

2. Bawang putih

Bawang putih mengandung antiviral yang juga berfungsi untuk menekan penyebaran sel yang terinfeksi virus HPV. Berikut cara menghilangkan kutil di kelamin menggunakan bawang putih:

  • Hancurkan bawang putih hingga teksturnya seperti pasta. 
  • Oleskan pada kutil kelamin.
  • Biarkan selama 20 hingga 30 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap hari.

3. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung malic acid, yaitu sejenis zat asam yang ampuh menghilangkan kutil kelamin. Cukup oleskan 1-2 sdt ekstrak gel lidah buaya pada kutil, lalu diamkan selama kurang lebih 15-20 menit. Treatment ini bisa dilakukan dua kali sehari.

4. Cuka apel

Cuka apel tidak hanya bermanfaat untuk perawatan kulit saja loh! Lebih dari itu, kandungan asam pada cuka apel juga dapat membasmi virus, sehingga bisa dijadikan sebagai obat kutil kelamin yang ampuh. Oleskan cuka apel secukupnya pada kutil kelamin dengan menggunakan kapas. Treatment ini akan ampuh jika kamu melakukannya dengan rutin.

5. Sayuran hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau tidak hanya bagus untuk metabolisme tubuh, namun juga bisa membantu menghilangkan kutil kelamin. Sebaiknya pilihlah sayuran yang kaya serat, misalnya seperti brokoli, kembang kol, kale, dan kubis. Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur 4-5 kali per harinya.

6. Daun zaitun

Kandungan antivirus dalam daun zaitun dipercaya mampu membantu mengurangi infeksi HPV. Selain itu, ekstrak daun zaitun juga bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai macam virus, termasuk virus HPV. Begini cara menghilangkan kutil di kelamin karena virus HPV:

  • Masukkan satu sdt daun zaitun ke dalam secangkir air panas. 
  • Saring.
  • Minum ramuan ini setiap hari 2 sampai 4 cangkir, guna mendapatkan hasil yang optimal.

7. Teh hijau

Tahukah kamu, ternyata teh hijau tidak hanya bermanfaat untuk dikonsumsi saja lho? Yap, teh yang berasal dari tanaman Camellia sinensis ini telah terbukti secara efektif sebagai obat kutil kelamin karena memiliki kandungan polyphenon E di dalamnya.

Cara yang paling mudah yaitu Anda bisa membeli ekstrak teh hijau kemudian mencampurkannya dengan satu atau dua tetes minyak kelapa kemudian kompres pada area kelamin yang memiliki kutil.

Baca Juga :
1. Mitos Seputar Cacar Air dan Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak
2. Penyebab dan Pengobatan Jerawat Batu Dengan Bahan Alami
3. Tiga Tingkatan Luka Bakar dan Obat Luka Bakar yang Ampuh

Obat Kutil Kelamin di Apotik

Selain bahan alami, kamu juga bisa menggunakan obat kutil kelamin yang dijual di apotik untuk treatment, diantaranya:

  1. Podofilox (Condylox)

    Podofilox merupakan obat kutil kelamin yang berfungsi untuk menghancurkan kutil. Meskipun terlihat menyakitkan, salep ini aman dan mudah untuk digunakan.

    Podofilox memiliki dua bentuk, yaitu dalam bentuk larutan dan juga gel. Podofilox berbentuk larutan harus dioleskan dengan kapas pada bagian kutil, sementara bentuk gel dioleskan menggunakan jari.

    Oleskan obat ini sebanyak dua kali sehari yakni setiap pagi dan malam selama tiga hari berturut-turut, diikuti dengan empat hari tanpa pengobatan. Namun apabila kutil tidak hilang, siklus tersebut dapat diulang hingga empat kali (selama 4 minggu).

    Ingat ya, total luas area kutil yang diobati dengan podofilox tidak boleh lebih dari 10 centimeter dan volume totalnya harus dibatasi 0,5 milliliter per harinya. Untuk mengetahui berapa besar dosis yang aman bagi Anda, sebaiknya diskusikan dengan dokter.

  2. Sinecatechin (Veregen)

    Sinecatechin digunakan untuk mengobati kutil kelamin bagian luar, yaitu area dalam atau di sekitar anus.

    Oleskan salep ini tiga kali sehari dengan menggunakan jari. Oleskan dengan volume kurang lebih 0,5 centimeter pada setiap kulit. Ingat ya, obat kutil kelamin satu ini tidak boleh dipakai lebih dari 16 minggu.

    Salep ini juga tidak dianjurkan untuk dicuci setelah dioleskan ke kulit. Oleh karena itu, selama salep masih ada di kulit, jangan melakukan kontak seksual baik genital, anal, ataupun oral, karena kegiatan tersebut bisa melemahkan daya tahan kondom laki-laki maupun kondom perempuan.

  3. Imiquimod (Aldara)

    Imiquimod merupakan krim yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan kutil kelamin. Krim ini tidak dianjurkan untuk anak dibawah 12 tahun kecuali dengan petunjuk dokter.

    Oleskan krim ini tiga kali dalam seminggu sebelum tidur dan lanjutkan hingga kutil benar-benar bersih, atau kurang lebih selama 16 minggu. Biarkan krim ini tetap di kulit Anda selama delapan jam setelah dioleskan, setelah itu cucilah dengan sabun dan air bersih.

Itulah beberapa obat kutil kelamin alami dan resep dokter ini. Hal yang harus diperhatikan adalah, sebelum menggunakan obat tersebut, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki alergi terhadap bahan-bahan tertentu. Semoga bermanfaat.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb