26 Makanan Penambah HB Agar Terhindar Dari Penyakit

15 Jan 2020  Isfatu Fadhilatul

26 Makanan Penambah HB Agar Terhindar Dari Penyakit

Ilustrasi makanan penambah HB - Image from id.pinterest.com

Makanan Penambah HB Agar Terhindar Dari PenyakitMakanan Penambah HB Agar Terhindar Dari PenyakitMakanan Penambah HB Agar Terhindar Dari Penyakit Makan makanan penambah HB berikut ini agar terhindar dari segala penyakit.
Kekurangan hemoglobin (HB) dapat memberikan dampak yang serius pada tubuh, salah satunya yaitu menyebabkan beberapa penyakit. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mulai rajin menambahkan beberapa makanan penambah HB berikut ini dalam menu makan sehari-hari.

Makanan Penambah HB yang Baik untuk Tubuh

Sebelum membahas tentang makanan penambah HB, ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu HB. Hemoglobin atau yang biasa disingkat dengan HB merupakan salah satu molekul protein penting yang ditemukan di dalam sel darah merah.
HB bertugas untuk membawa oksigen dan sumber nutrisi lainnya ke seluruh tubuh. Selain itu, HB juga berfungsi untuk mengembalikan karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru-paru untuk kemudian dikeluarkan melalui pernapasan.
Kekurangan HB tentunya tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, kondisi tersebut dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti anemia defisiensi besi, gastritis, sirosis, Hodgkin, hipotiroidisme, gagal ginjal kronis, sistitis, leukemia, myeloma, hingga penyakit kanker yang mengancam jiwa.
Menurunnya kadar HB dapat membuat seseorang mengalami lelah, lemas, lesu, pucat, sesak nafas, detak jantung tidak teratur, serta menciptakan warna kuning pada daerah mata.
Mengingat fungsi HB yang sangat vital, maka sebab itulah, mengkonsumsi makanan penambah HB sangat disarankan bagi orang yang mengalami masalah HB rendah atau kekurangan kadar hemoglobin di dalam darah.
Adapun beberapa makanan penambah HB darah antara lain: 

  1. Hati
    Makanan penambah HB yang paling populer adalah hati. Pasalnya, konsentrasi zat besi, vitamin B12, dan folat tertinggi ditemukan di dalam hati. Tidak hanya hati ayam saja, Anda juga dapat mengkonsumsi hati domba, sapi, dan kalkun.
  2. Daging sapi giling
    Daging merah seperti daging sapi giling adalah salah satu makanan penambah HB pada Ibu hamil, karena daging merah merupakan sumber zat besi yang baik. Setiap 85 gram atau 3 ons daging sapi giling mengandung kurang lebih 2,1 mg zat besi.
  3. Dada ayam
    Dada ayam juga merupakan sumber zat besi yang baik sehingga bisa menjadi salah satu makanan penambah HB cepat, Anda akan memperoleh setidaknya 0,7 miligram zat besi dari setiap 100 gram atau 3,5 ons dada ayam.
  4. Kerang
    Makanan laut seperti kerang, tiram, dan kaviar bisa memenuhi lebih dari kebutuhan zat besi dan vitamin B12 harian Anda. Perlu diketahui, zat besi mempunyai peran yang sangat penting untuk memproduksi hemoglobin.
    Protein yang disebut transferrin mengikat zat besi kemudian mengangkutnya ke seluruh tubuh. Ini akan membantu tubuh Anda memproduksi banyak sel darah merah yang mengandung hemoglobin.
  5. Kedelai
    Kedelai merupakan salah satu makanan penambah HB pada Ibu hamil. Pasalnya, setiap 100 gram kedelai mengandung 15,7 mg zat besi, 375 mcg folat, dan 6 mg vitamin C.

  6. Nasi merah
    Si Kecil mengalami kekurangan HB? Jangan khawatir, Anda dapat memberikan makanan penambah HB untuk bayi salah satunya yaitu nasi atau beras merah.
    Beras merah merupakan pilihan yang sangat baik untuk menambah HB si Kecil karena merupakan sumber zat besi yang baik. Dalam 100 gram beras merah, setidaknya mengandung sekitar 0,4 mg zat besi.
  7. Gandum utuh
    Biji-bijian utuh seperti barley, quinoa, dan oatmeal juga kaya akan zat besi. Setidaknya, setiap 100 gram biji-bijian utuh mengandung sekitar 2,5 mg zat besi.
  8. Jeruk
    Makanan yang tinggi vitamin C dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi, sehingga sangat berguna untuk menambah asupan zat besi yang diserap oleh tubuh. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, lemon, jambu biji, dan kelengkeng karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.
  9. Buah kering
    Buah kering seperti aprikot kering, kismis, dan juga kurma merupakan sumber zat besi yang luar biasa. Dalam 100 gram buah kering, setidaknya terdapat 0,8 miligram zat besi. Selain kaya akan zat besi, buah-buahan kering juga mengandung banyak serat dan vitamin esensial.
  10. Stroberi
    Stroberi mampu memberikan manfaat pada hemoglobin dengan dua cara sekaligus. Yang pertama yaitu dengan cara menyediakan zat besi, kemudian yang kedua dengan cara meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.
  11. Prune (buah plum eropa)
    Mengkonsumsi jus prune juga merupakan cara yang cukup efektif untuk meningkatkan HB. Buah ini mengandung banyak zat besi, serat, dan juga vitamin C yang dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah.
  12. Apel
    Anda tentu sudah tak asing lagi, kan dengan manfaat apel? Ya, selain bagus untuk program diet, apel juga cocok untuk meningkatkan kadar hemoglobin karena kaya akan zat besi dan nutrisi lainnya.
  13. Alpukat
    Alpukat mengandung banyak folat. Tanpa folat yang cukup, sel darah merah tidak bisa matang, dan kemudian menyebabkan anemia defisiensi folat serta kadar hemoglobin yang rendah. Oleh karena itu, mengkonsumsi alpukat bagus untuk diet sekaligus meningkatkan kadar HB dalam darah.
    Baca Juga:
    1. Deretan Makanan dan Suplemen yang Mengandung Vitamin B12
    2. Cara Diet Ketogenik dan Menunya untuk Pemula
    3. Baik Mana, 4 Sehat 5 Sempurna atau Pedoman Gizi Seimbang?
  14. Delima
    Buah tropis ini kaya akan zat besi, kalsium, protein, karbohidrat, serat, beberapa vitamin, dan mineral lainnya. Oleh karena itu, dokter sering merekomendasikan delima untuk dikonsumsi orang yang memiliki kadar hemoglobin rendah.
  15. Tomat kering
    Selain apricot, tomat kering juga berfungsi untuk menambah kadar HB. Setidaknya, dalam 100 gram tomat kering mengandung hingga 9,1 miligram zat besi.
  16. Semangka
    Kandungan zat besi dan vitamin C yang tinggi dalam semangka, dipercaya efektif untuk membuat proses penyerapan zat besi lebih baik dan lebih cepat.
  17. Buah bit
    Buah bit juga sering direkomendasikan untuk meningkatkan kadar HB. Hal ini karena bit mengandung folat yang tinggi. Folat sendiri merupakan vitamin B yang digunakan tubuh untuk menghasilkan heme, yakni bagian dari sel darah merah yang mengandung hemoglobin. Selain kaya akan folat, buah bit juga mengandung banyak vitamin C dan juga zat besi.
  18. Kentang
    Kentang merupakan makanan penambah HB darah yang baik. Pasalnya, selain berperan sebagai sumber energi, kentang juga kaya akan zat besi dan juga vitamin C.
  19. Brokoli
    Makanan penambah HB bayi selanjutnya adalah brokoli. Ya, dalam 100 gram sayur brokoli, setidaknya mengandung sekitar 2,7 miligram zat besi. Selain itu, brokoli juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti magnesium, vitamin A dan juga vitamin C.
    Untuk mendapatkan manfaat brokoli sebagai penambah HB, Anda dapat mencampurkan brokoli ke dalam menu MPASI si Kecil.
  20. Bayam
    Bayam merupakan pilihan sayuran terbaik bagi orang yang mencari makanan penambah HB cepat. Karena faktanya, dalam 100 gram bayam mengandung hingga 4 miligram zat besi.
  21. Pakcoy dan kangkung
    Selain bayam, makanan penambah HB pada Ibu hamil selanjutnya bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau gelap dan berdaun seperti pakcoy serta kangkung. Kedua sayuran tersebut kaya akan zat besi.
  22. Coklat hitam
    Selain bisa meningkatkan mood, mengkonsumsi coklat juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan kadar HB yang rendah. Karena setiap 100 gram coklat hitam, setidaknya mengandung hingga 17 miligram zat besi. Angka tersebut dapat memenuhi sekitar 90% kebutuhan zat besi harian Anda.
  23. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, kacang mede, kacang pinus, hazelnut, dan juga kacang kenari merupakan sumber zat besi yang luar biasa. Selain memiliki rasa yang lezat, kacang-kacangan juga akan memberi Anda 3 miligram besi per 30 gram-nya.
  24. Sereal
    Sereal sarapan merupakan salah satu makanan penambah HB bagi penderita gagal ginjal. Pasalnya, dokter mungkin akan menyarankan penderita penyakit ginjal yang mengalami anemia yang disebabkan oleh zat besi, vitamin B12, atau kekurangan asam folat untuk menyertakan sereal ke dalam menu diet mereka.
    Dalam ¾ cangkir atau 1 oz sereal sarapan, mengandung setidaknya 18 mg zat besi, 6 mcg vitamin B12, dan 394 mcg folat.
  25. Telur
    Telur tidak hanya mengandung banyak protein, akan tetapi juga kaya akan antioksidan dan zat besi yang sangat cocok untuk mengatasi rasa lelah, letih dan lesu yang dialami oleh penderita gagal ginjal.
    Bukan hanya itu saja, kadar protein yang cukup baik dalam telur juga membuat kadar HB pada tubuh mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
  26. Roti gandum
    Roti gandum merupakan salah satu jenis roti yang paling banyak mengandung zat besi daripada jenis roti yang lainnya. Oleh karena itu, roti gandum sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai makanan penambah HB bagi penderita gagal ginjal.

Itulah beberapa makanan penambah HB yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Ingat ya, sebelum mengkonsumsi makanan diatas, sebaiknya pastikan dahulu apakah ada makanan tertentu yang membuat Anda alergi. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa