Animasi dan Film Kartun Anak yang Mendidik yang Layak Untuk Ditonton 

28 Jan 2020  Isfatu Fadhilatul

Animasi dan Film Kartun Anak yang Mendidik yang Layak Untuk Ditonton 

Ilustrasi kartun anak yang mendidik - Image from id.pinterest.com

Daftar film kartun anak yang mendidik yang layak untuk ditonton.

Bunda, ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar tumbuh kembang si Kecil semakin meningkat, salah satunya yaitu lewat pembelajaran visual. Pembelajaran ini bisa menggunakan video ataupun film yang sekiranya mendidik. Lalu bagaimana sih, spesifikasi film kartun anak yang mendidik itu? Berikut penjelasannya.

Film Kartun Anak yang Mendidik

Mendidik anak-anak akan mengembangkan karakter positif jika dilakukan dengan cara yang baik, salah satunya lewat film atau video.

Ya, film menjadi salah satu media yang cukup menjanjikan, karena melalui media ini, si Kecil bisa melihat berbagai visual gambar yang menarik sekaligus mendapatkan berbagai pesan moral yang positif dari tontonannya.

Lalu bagaimana sih, cara memilih film kartun anak yang mendidik itu? Berikut beberapa indikator yang bisa jadi penilaian Bunda sebelum memilih film.

  1. Memiliki rating yang sesuai untuk anak
    Ingat ya Bun, rating film kartun harus cocok untuk anak. Biasanya, pihak pembuat film sudah menginformasikan rating dalam material promosi film tersebut. Namun jika Anda ingin tahu lebih pasti, bisa cek rating film melalui internet terlebih dahulu.
  2. Sudah memiliki rating review yang baik
    Selain rating yang sesuai, Anda juga harus perhatikan kualitas film tersebut. Film yang bisa membantu perkembangan anak tidak harus sangat mendidik hingga terkesan seperti belajar.
    Film kartun anak yang mendidik harus bisa bekerja sebagai tayangan yang menarik. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa cek rating review pada film tersebut. Apabila ratingnya diatas 60%, maka Anda bisa menilai film tersebut mampu menghibur anak dan memberi pelajaran yang mendidik.
  3. Memiliki ringkasan cerita yang menarik
    Sebelum memilih film, pastikan Anda sudah membaca ringkasannya terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar Anda bisa membayangkan seperti apa jalan ceritanya nantI, walaupun hanya dalam ringkasannya saja.
  4. Tidak terlihat seperti film anak–anak
    Tahukah Bunda, si Kecil biasanya tidak ingin menyaksikan film yang terlalu kekanak–kanakan, lho? Ya, jika disuruh memilih, tayangan seperti Dora The Explorer tentu saja lebih memilih, namun si Kecil belum tentu ingin menontonnya.
    Hal seperti ini tentu akan lebih sulit apabila si Kecil tumbuh makin besar. Anak umur 8–10 tahun, biasanya lebih tertarik pada film kartun yang tidak menekankan penontonnya adalah anak–anak.
  5. Dibuat studio yang ternama
    Studio pembuatan film besar seperti DreamWorks, Disney, Toho, Ghibli, dll tentu menghasilkan kartun yang berkualitas. Jadi apabila Anda ingin film kartun anak yang mendidik, berkualitas, dan tentunya bisa menghibur, indikator studio tersebut bisa jadi penilaian.

Daftar Film Kartun Anak yang Mendidik

Bunda pasti ingin tahu kan, jenis film kartun apa saja yang paling mendidik untuk si Kecil? Nah, kali ini wajibbaca.com sudah merangkumnya untuk Anda.

Yuk Bun, luangkan waktu untuk menonton bersama si Kecil, Bunda bisa mencari film yang sudah di dubbing bahasa Indonesia untuk memudahkan si Kecil. Anda juga bisa mendownload film kartun anak yang mendidik di berbagai platform, seperti Youtube, iflix, HOOQ, Netflix, dll.

1. The Good Dinosaur

Animasi dan Film Kartun Anak yang Mendidik yang Layak Untuk Ditonton 

Film The Good Dinosaur - Image from id.pinterest.com

Film kartun anak yang mendidik full movie yang pertama adalah The Good Dinosaur. Film ini menceritakan tentang persahabatan antara anak kecil dengan seekor dinosaurus berjenis Apatosaurus. Dinosaurus bernama Arlo ini harus menempuh perjalanan panjang yang mengharuskan dirinya mempunyai jiwa yang lebih berani.

Akan tetapi, Arlo tidak sendiri dalam menempuh perjalanan tersebut, karena ada anak manusia yang ikut membantu. Adapun pesan moral yang bisa dipetik dari film The Good Dinosaur, antara lain: 

  • Belajar melawan rasa takut.
  • Memberikan gambaran tentang sahabat sejati.
  • Menanamkan tanggung jawab pada anak-anak. 
  • Memberikan pemahaman bahwa keluarga adalah segalanya. 
  • Harus sabar dalam menanti karena semua akan indah pada waktunya. 
  • Membantu anak-anak menanamkan kebaikan di setiap perbuatannya ke orang lain.

2. Coco

Animasi dan Film Kartun Anak yang Mendidik yang Layak Untuk Ditonton 

Film Coco - Image from id.pinterest.com

Film kartun anak yang mendidik Youtube selanjutnya adalah Coco. Film animasi satu ini memang identik sebagai hiburan keluarga apalagi diperankan oleh anak-anak. Film Coco menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Miguel yang mencintai musik.

Akan tetapi sayangnya, Miguel tumbuh di keluarga yang sangat membenci musik dan percaya bahwa musik merupakan sebuah kutukan. Dalam film ini, Miguel berjuang untuk mempertahankan mimpinya tersebut, hingga ia berpetualang ke dunia orang yang sudah mati. 

Coco bukan hanya film animasi yang lucu dan menggambarkan keceriaan saja, akan tetapi juga sarat pesan moral tersembunyi, misalnya seperti:

  • Mengingatkan kejujuran pada anak.
  • Belajar menghibur diri sendiri dan orang lain untuk menghilangkan kesedihan.
  • Menanamkan bahwa keluarga adalah harta yang paling berharga.
  • Mengajarkan anak untuk meraih mimpi dan cita-cita.

3. Cars

Animasi dan Film Kartun Anak yang Mendidik yang Layak Untuk Ditonton 

Film Cars - Image from id.pinterest.com

Film Cars merupakan salah satu kartun favorit anak-anak khususnya laki-laki, karena karakter dalam film ini adalah mobil. Ya, film animasi anak yang mendidik ini menceritakan tentang persahabatan serta perselisihan antar karakter mobil-mobil. 

Terdapat adegan yang cukup menyentuh yaitu ketika karakter McQueen berusaha mengerem dan menghampiri The King kemudian mendorongnya hingga mencapai garis finish. Padahal di kesempatan itu, McQueen bisa saja tidak perlu membantu The King, sehingga ia bisa menjadi juara. 

Film ini memberikan pembelajaran bahwa kemenangan bukanlah segalanya. Karena perlu disadari, bahwa ada hal yang lebih berharga daripada sekadar kemenangan yaitu persahabatan.

Sama seperti film animasi lainnya, film Cars memiliki pesan moral tersendiri. Salah satunya mengajarkan kita untuk tidak selalu bergantung kepada orang lain. Berusahalah yakin dengan kemampuan diri sendiri. Selain itu, film ini juga mengajarkan anak agar terus belajar dan selalu berjuang untuk mendapatkan cita-citanya.

4. Kung Fu Panda

Animasi dan Film Kartun Anak yang Mendidik yang Layak Untuk Ditonton 

Film Kung Fu Panda - Image from id.pinterest.com

Judul film kartun anak yang mendidik selanjutnya adalah Kung Fu Panda. Selain mendidik, film ini juga termasuk salah satu film yang menggemaskan. 

Dibalik kelucuan karakter Po si Panda, dirinya memiliki kekuatan yang luar biasa. Dalam film ini, Po digambarkan tidak hanya memiliki kekuatan fisik saja, namun juga memiliki impian serta kemauan yang besar untuk bekerja keras agar bisa menjadi sosok yang luar biasa. 

Ketika menonton film Kung Fu Panda bersama si Kecil, Bunda bisa memberikan pembelajaran tentang mimpi dan cita-cita. Ajarkan pada si Kecil, ketika ia memiliki cita-cita atau impian tertentu, maka haruslah terus dikejar. Usahakan untuk tidak menghiraukan pandangan orang lain tentang hidup serta cita-cita tersebut, karena semua hasil ada di tanganmu.

Baca Juga :
1. Cerita Dongeng Anak-Anak Dari Indonesia Lengkap Bergambar
2. 12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak
3. Latih Kecerdasan Bayi Dengan Mainan Bayi Mulai Umur 0-12 Bulan

5. Inside Out

Animasi dan Film Kartun Anak yang Mendidik yang Layak Untuk Ditonton 

Film Inside Out - Image from id.pinterest.com

Inside Out merupakan salah satu film yang cukup digemari oleh anak-anak karena memiliki cerita yang menarik. Film ini menceritakan tentang apa yang terjadi dalam pikiran seorang anak manusia bernama Riley.

Gadis kecil berusia 11 tahun ini menghadapi kecemasan karena harus ikut pindah ke San Francisco mengikuti kepindahan kerja Ayahnya. 

Saat pindah bersama ayahnya ini, Riley pun perlu menyesuaikan diri dengan suasana baru. Mulai dari lingkungan rumah baru, sekolah baru, hingga teman-teman baru.

Kondisi inilah yang membuat Riley merasakan beragam emosi di dalam dirinya, misalnya seperti bahagia, sedih, marah, takut hingga perasaan jijik bercampur menjadi satu. 

Kelima perasaan tersebut digambarkan hidup dan memiliki markas yang berpusat di pikiran Riley. Beberapa pesan moral yang bisa dipetik dari film Inside Out, antara lain: 

  • Memperkenalkan jenis-jenis perasaan kepada anak. 
  • Memberikan pelajaran anak untuk bisa mengelola emosi dengan baik agar tetap terkendali.
  • Belajar menyesuaikan emosi yang ingin disampaikan dalam situasi apapun.

6. Nussa Official

Animasi dan Film Kartun Anak yang Mendidik yang Layak Untuk Ditonton 

Kartun Nussa Official - Image from id.pinterest.com

Film kartun anak yang mendidik bahasa Indonesia selanjutnya adalah animasi Nussa.
Ya, channel Youtube ini menceritakan tentang kakak beradik bernama Nussa dan Rara dan juga kucing kesayangan mereka bernama Anta. 

Nussa dan Rara merupakan gambaran anak sholeh dan sholehah yang menjalankan kebaikan dan ajaran Islam dengan sangat baik. Selain itu, mereka juga mengingatkan penonton agar selalu berlaku baik kepada orangtua, serta selalu menciptakan hubungan yang baik antara kakak dan adik.

Jika Anda ingin mengajarkan dan menerapkan ajaran agama Islam sejak dini, dengan menonton Nussa dan Rara ini, maka si kecil akan belajar dengan cara yang menyenangkan. 

Saat ini, Nussa Official sudah memiliki subscriber sebanyak 5 juta lho! Anda juga bisa mendownload film kartun anak yang mendidik bahasa Indonesia ini secara gratis.

7. Adit dan Sopo Jarwo

Animasi dan Film Kartun Anak yang Mendidik yang Layak Untuk Ditonton 

Kartun Adit dan Sopo Jarwo - Image from www.wowkeren.com

Film animasi mendidik dari Indonesia selanjutnya adalah Adit dan Sopo Jarwo. Ya, sesuai judulnya, tokoh utama dalam film kartun anak Indonesia yang mendidik ini adalah Adit, Sopo, dan Jarwo. 

Berasal dari negeri sendiri, pesan moral yang disampaikan pun tentu lebih familiar untuk anak, diantaranya yaitu tentang pertemanan, toleransi, kejujuran, serta nilai religius yang digambarkan lewat tokoh pak Haji.

Nah, itulah tadi indikator film kartun anak yang mendidik. Semoga dengan menonton film ini, si Kecil bisa semakin berkembang dengan baik sesuai dengan pesan moral yang dipetik. Selamat menonton..

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa