Hadir Inovasi Baru! Telah Launching Robot Pelayan Pertama di Indonesia

Penulis Editor Wajibbaca | Ditayangkan 26 Oct 2021



Hadir Inovasi Baru! Telah Launching Robot Pelayan Pertama di Indonesia

pudurobot.id - Image from pudurobot


Memasuki masa endemi, para pengusaha di bisnis hospitality terutama restoran melakukan inovasi pelayanan agar para tamu merasa aman, nyaman dan tenteram pasca menurunkan level PPKM. Beberapa restoran melakukan peningkatan pelayanan dengan menggunakan teknologi canggih robot, salah satu fungsinya robot dipekerjakan untuk mengantarkan pesanan makanan dan minuman, selayak pramusaji.

Produsen robot asal China, Pudu Robotics akhirnya resmi membuka showroom-nya di Indonesia, pada Senin (25/10). Jakarta dipilih sebagai tempat pertamanya.



CEO dari PT Pudu Robot Indonesia, Calvin Lukmantara menyatakan dengan adanya showroom ini diharapkan masyarakat dapat berinteraksi secara langsung dengan teknologi robot pintar. Robot tidak meniadakan peran manusia, justru dengan adanya robot, pekerjaan yang berat, kotor dan berbahaya dapat dengan mudah ditangani oleh robot.

"Robot dipekerjakan untuk meminimalkan kontak dengan tamu, serta untuk meningkatkan efisiensi. Penggunaan robot dimaksudkan untuk meminimalkan kontak langsung dengan para tamu juga memberi penyegaran dengan menyediakan nuansa dan pengalaman baru. Teknologi robot sudah banyak diterapkan di industri manufaktur Indonesia seiring perjalanan memasuki era revolusi industri 4.0," jelas Calvin Lukmantara.

Robot-robot yang dihadirkan Pudu ini sendiri sudah dilengkapi dengan teknologi visual Simultaneous Localization and Mapping (SLAM).

Konsep ini banyak digunakan pada pengembangan robot beroda dengan menggabungkan beberapa perangkat keras secara sekaligus untuk pemetaan lingkungan.
SLAM bekerja membuat robot-robot Pudu menjadi lebih stabil sehingga dapat mudah beradaptasi dalam berbagai situasi.

Pudu Robot sendiri telah banyak digunakan di berbagai industri, mulai dari restoran, hotel, supermarket, kantor pemerintahan, rumah sakit hingga industri makanan.

Untuk mengetahui update terbaru dan bahkan membilinya, Anda bisa mengikuti instagram resminya


SHARE ARTIKEL