Resmi, Risma Jadi Menteri Sosial, Janji akan Beri Perhatian Ekstra pada Fakir Miskin

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 23 Dec 2020

Resmi, Risma Jadi Menteri Sosial, Janji akan Beri Perhatian Ekstra pada Fakir Miskin

Tri Rismaharini - Image from regional.kompas.com

Risma juga akan berdayakan kaum Ibu 

Dalam konferensi pers pasca pelantikannya sebagai Menteri Sosial tahun 2020-2024 ini beliau mengungkapkan program dan hal-hal apa yang akan dilakukan selama menjabat. Berikut adalah berbagai program dan terobosan yang akan dilakukannya.

Resmi, Tri Rismaharini Walikota Surabaya terpilih menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi Bansos Covid-19. 

Tak lupa Risma mengungkapkan sejumlah program yang akan ia jalankan setelah resmi dilantik sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju. 

Pertama, Risma berjanji untuk melalukan perbaikan data penerima bantuan sosial Covid-19. Risma juga menegaskan akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dalam hal data kependudukan. 

Tak hanya itu, Risma juga akan menggandeng perguruan tinggi yang ada di tiap-tiap daerah. 

"Akan sangat lebih baik kalau kami melibatkan perguruan tinggi juga di dalam implementasi kami di lapangan, sehingga output atau golnya bisa bisa dilihat dan bisa kita lakukan evaluasi bersama dengan perguruan tinggi," jelas Risma dalam konferensi pers yang ditayangkan dalam YouTube Sekretariat Presiden, pada Selasa (22/12/2020).

Program Pemberdayaan Manusia 

Kedua, ia menjelaskan akan mengadakan program yang berkaitan dengan pemberdayaan manusia. 

Risma juga menjelaskan akan memberi perhatian ekstra kepada fakir miskin, anak terlantar, penyandang disabilitas, dan anak jalanan. 

Ia juga menyebutkan bahwa pemberdayaan fakir miskin hingga anak terlantar adalah bagian dari tanggung jawab pemerintah. 

"Sehingga anak-anak kita bukan hanya menengadahkan tangan, tapi mereka bisa melakukan segala sesuatu, termasuk yang sudah kami lakukan sebelumnya adalah bagaimana meskipun mereka disabilitas namun mereka bisa berguna dan bermanfaat," ujarnya.

Tak sampai disitu saja, Risma juga berjanji akan melakukan pemberdayaan terhadap kaum ibu. 

Program ini ditujukan bagi keluarga yang masih mengalami kesulitan ekonomi meski sang suami telah bekerja. 

Dalam merealisasikan program tersebut, ia akan bekerja sama dengan Kementerian Koperasi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, hingga Kementerian Perindustrian. 

Direcanakan program ini akan diwujudkan dengan pembentukan koperasi di tingkat kecamatan atau kelurahan. 

Berdasarkan pengalaman, Risma yakin keberadaan koperasi bisa meningkatkan pendapatan dan juga mengurangi pengeluaran yang dapat meringankan beban ekonomi keluarga. 

BACA JUGA

Janji akan Perhatian pada Anak Terlantar 

Terakhir, Risma berjanji akan memberikan akses pendidikan dan kesehatan untuk semua anak, termasuk anak-anak terlantar di Indonesia.

Dalam hal ini, dirinya akan bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan.

"Tentunya kalau kita bisa bersama-sama, tentunya percepatan untuk pengurangan kemiskinan dan pengurangan terutama untuk warga yang membutuhkan seperti penyandang disabilitas dan kemudian sosial, masalah sosial itu bisa ditangani secara komprehensif dan terintegrasi," kata dia. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial dalam Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020).

Hal ini diumumkan dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, yang ditayangkan pada kanal Youtube Sekretariat Presiden. 

"Saya kira kita tahu semuanya beliau adalah Wali Kota Surabaya ya. Dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ujar Jokowi.

Semoga menteri baru yang terpilih bisa amanah dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya. 

SHARE ARTIKEL