2 Hal yang Membuat Doa Dikabulkan oleh Allah SWT

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 10 Nov 2020

2 Hal yang Membuat Doa Dikabulkan oleh Allah SWT

Ilustrasi doa - Image from liputan6.com

Lakukan 2 hal ini, inshaallah doamu dikabulkan 

Jangan sepelekan doa, sebab apa yang tidak mungkin terjadi sekalipun bisa terwujud melalui perantara doa dan rahmat Allah SWT pada kita. Berikut adalah dua hal yang membuat doa kita dikabulkan Allah SWT. 

Doa adalah cara seorang Muslim untuk meminta dan juga berkomunikasi kepada Allah. Doa seorang Muslim bisa dekat dengan pengabulan Allah dikarenakan dua sebab. Ada yang bersifat zhahir dan bersifat batin.

Dijelaskan dalam buku Tafsir Al-‘Usyr Al-Akhir dari Alquran Al-Karim, ada dua hal yang menyebabkan doa dikabulkan oleh Allah SWT. 

Penyebab Dzahir 

Penyebab doa yang dikabulkan bersifat zhahir ialah yang didahului dengan amalan-amalan shalih atau perbuatan baik. 

Misalnya sedekah, wudhu, shalat, menghadap ke kiblat, mengangkat kedua tangan, memuji Allah, dan berdoa menggunakan asma dan sifat Allah. 

Oleh sebab itu, jika kita akan berdoa, berdoalah dengan cara yang baik. Jangan berdoa demi mencelakai atau mengutuk seseorang. 

Selain itu, tambahlah dengan shalawat kepada Rasulullah SAW pada permulaan, pertengahan, dan juga akhir doa. 

Setelah itu, akui segala dosa yang telah dilakukan dan memohon ampun kepada Allah SWT atas hal itu. Perbanyak bersyukur kepada Allah atas segala nikmat-Nya, dan memanfaatkan waktu-waktu khusus yang memiliki keutamaan doa akan dikabulkan. 

Waktu-waktu khusus ini banyak sekali, mulai dari setiap hari dan malam, yaitu sepertiga malam terakhir ketika Allah turun ke langit dunia, antara azan dan iqamah, setelah wudhu, saat sujud, sebelum salam dalam shalat, setelah selesai shalat fardhu, dan ketika khatam Alquran.

Selain sebab waktu, ada pula tempat khusus yang memiliki keutamaan terkabulnya doa. Seperti halnya masjid, Ka’bah terutama di multazam, di atas Shafa dan Marwah, di Arafah, di Muzdhalifah, dan di Mina.

Penyebab Batin 

Sementara itu, penyebab doa yang dikabulkan bersifat batin, yaitu sebelum berdoa mendahulukan taubat yang benar, mengembalikan hak-hak orang, memperbanyak ketaatan, menjauhi larangan Allah, dan juga menjaga diri dari perkara syubhat dan syahwat. 

Ketika berdoa, hadirkan hati yang suci, harapan yang kuat, berserah diri kepada Allah, merendahkan diri di haribaan-Nya, dan berserah diri atas ketetapan Allah SWT.

Itulah dua penyebab yang membuat doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SWT. Semoga apa yang kita harapkan dan minta kepada Allah SWT bisa terwujud. 

SHARE ARTIKEL