Keistimewaan Hari Jumat, Penuhi dengan Amalan Terbaik

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 23 Oct 2020

Ilustrasi Hari Jumat - Image from gagasanonline.com

Jangan abaikan datangnya hari Jumat 

Hari Jumat adalah hari yang spesial dan istimewa bagi seluruh umat Islam. Allah SWT memberikan berbagai kemudahan serta keistimewaan di hari ini. Semoga kita semua bisa mengisinya dengan amalan terbaik kita.

Hari Jumat adalah salah satu hari yang istimewa bagi umat Islam. Telah banyak ayat Al Quran ataupun hadist yang menyebbutkan keistimewaan hari Jumat. 

Namun banyak dari kita yang tidak mengingatnya atau hanya sekedar mengetahuinya tanpa menyambut kedatangan hari Jumat dengan amalan-amalan terbaik kita. 

Untuk berikut adalah rangkuman keistimewaan dan keagungan hari Jumat, semoga dengan pengetahuan ini bisa mendorong kita untuk beramal dan beribadah yang lebih berkualitas lagi. 

Berikut adalah lima keistimewaan di hari Jumat. 

Hari yang Mustajab untuk Berdoa 

Pada hari Jumat, terdapat waktu mustajab untuk berdoa. Hal ini berarti jika seorang Muslim berdoa, Allah SWT pasti akan mengabulkannya. 

Oleh sebab itu perbanyak berdoa di hari Jumat, mintalah apa saja yang kamu harapkan serta meminta ampunan kepada Allah SWT. 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat suatu waktu yang jika pada waktu itu seorang Muslim tepat berdoa memohon kebaikan kepada Allah maka Allah akan mengabulkannya, dan rentang waktu cukup singkat,” (HR Muslim).

Balasan Perbuatan Baik Dilipatgandakan 

Keistimewaan lainnya di hari Jumat adalah balasan perbuatan baik akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Untuk itu penuhi hari Jumat dengan amalan yang banyak dan berkualitas serta istiqomah dilaksanakan di hari-hari lainnya. 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Pada hari Jumat, kebaikan dilipatgandakan,” (HR At-Thabrani). 

Pada dasarnya, Allah telah menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang melakukan suatu amal kebaikan. Seperti halnya ganjaran bagi orang yang bersedekah. 

Terjadinya Peristiwa Besar 

Banyak kejadian luar biasa yang memang sengaja dipilih Allah tepat di hari Jumat. Mulai dari awal mula diciptakannya Nabi Adam hingga terjadinya kiamat di ujung kehidupan ini. 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda: 

“Jumat adalah sebaik-baik hari kala mentari terbit. Nabi Adam diciptakan pada hari Jumat. Demikian pula ketika dimasukkan dan dikeluarkan dari surga. Dan tidak akan terjadi hari kiamat, kecuali pada hari Jumat,” (HR Muslim).

Hadits tersebut menunjukkan beberapa peristiwa besar yang menandai permulaan dan akhir kehidupan di dunia dilakukan di hari Jumat. 

Hari Raya Umat Islam 

Salah satu keistimewaan yang diberikan Allah pada umat Nabi Muhammad SAW adalah hari Jumat yang dijadikan sebagai hari raya umat Islam pada setiap minggu. 

Sehingga sudah sewajarnya kita menyambut datangnya hari Jumat dengan sepenuh hati, riang gembira serta semangat yang berapi-api untuk banyak berbuat baik dan memohon ampunan kepada Allah SWT. 

Rasulullah SAW bersabda dari Ibnu ‘Abbas r.a. hari raya yang Allah jadikan (berikan) kepada kaum Muslimin. Maka, orang yang melaksanakan shalat Jumat hendaknya dia mandi. Sekiranya dia memiliki minyak wangi maka hendaknya dia memakainya dan bersiwaklah,” (HR Ibnu Majah).

Hari Istimewa hingga Disebut Al Quran 

Kelima, hari khusus umat Islam yang disebutkan dalam Al Quran. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Jumu’ah ayat 9 :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya : “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Penyebutan kata “Jumat” secara khusus menunjukkan keistimewaan dan keagungan. Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadist berikut ini: 

Dari Abu Lubabah Al-Badri bin Abdul Mundzir, Rasulullah SAW bersabda : “Hari Jumat adalah penghulu (pemimpin) di antara hari-hari lain dan yang paling agung dan dalam pandangan Allah (hari Jumat) lebih ‘agung’ daripada Idul Fitri dan Idul Adha."

Itulah berbagai keistimewaan di hari Jumat, mari kita sambut dan penuhi dengan amalan terbaik kita. Semoga hari Jumat kita penuh berkah.