Tak Bayar Hutang, Penagih Coret Tembok Nasabah dengan Tulisan "Bayar Utangmu"

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 16 Oct 2020

Tak Bayar Hutang, Penagih Coret Tembok Nasabah dengan Tulisan

Unggahan debt collector coret rumah - Image from instagram.com/makassar_iinfo

Berujung pada cekcok antara nasabah dan penagih 

Tak terima tembok rumahnya dicoret, wanita ini pun memarahi si penagih hutang. Sementara itu si penagih juga melakukan pembelaan dan menyalahkan si nasabah. Begini penjelasan lengkapnya. 

Viral sebuah video pria yang diduga seorang debt collector yang sedang mencoret rumah warga yang tak kunjung bayar hutang. 

Dalam video berdurasi singkat tersebut, nampak pria yang bekerja sebagai penagih hutang tersebut dengan santai mencoret-coret dinding rumah bercat merah muda. Ia menuliskan sebuah kalimat besar “BAYAR UTANGMU” serta “KOPERASI MACET.”

Tidak lama dari aksi mencoret-coret dinding rumah, tiba-tiba muncul seorang wanita yang memprotes tindakan tersebut.

Keduanya kemudian terlibat konflik sebab sang wanita tidak terima rumahnya dicoret-coret. Ia sangat kesal dengan cara penagih hutang yang dianggap sewenang-wenang. 

Namun pria tersebut menegaskan bahwa ia telah berkali-kali mengirimkan surat tagihan yang diletakkan di bawah pintu masuk, tetapi teguran tersebut tak juga ditanggapi oleh wanita tersebut. 

Kemudian, pria dengan helm tersebut juga menjelaskan bahwa selama ini ia kerap menghubungi wanita itu melalui aplikasi pesan singkat, tapi tak juga ada jawaban.

Pria tersebut memberikan pembelaan, ia menjelaskan sudah sebulan mencoba menagih hutang tapi hasilnya selalu nihil. 

Pemilik rumah akhirnya mengungkapkan akan membayar hutangnya, tetapi ia perlu memanggil suaminya dahulu. 

Tak lama dari itu, wanita itu berbalik dan mengatakan bahwa selama ini ponselnya digunakan sang anak untuk mengakses media belajar online. 

Pria tersebut menjelaskan setidaknya pemilik rumah memberikan kejelasan mengenai kondisi dan juga kepastian waktu untuk melunasi hutangnya. 

Video ini yang diambil oleh Bertyn Romario Sinaga ini kemudian viral usai diunggah ulang oleh warganet di berbagai platform media sosial, salah satunya akun @makassar_iinfo pada Rabu (14/10). 

Video tersebut telah diputar hingga ribuan kali di Instagram dan juga mendapat berbagai tanggapan dari warganet. 

Warganet turut menyampaikan opini mereka terkait konflik yang dialami debt collector tersebut dan juga si penghutang. Ada yang menyalahkan keduanya, juga salah satu pihak. 

"Salah 2 2 nya... Yang ngutang gak konfirm, yang nagih juga sembarangan coret-coret rumah. kalau semisal yang ngutang nuntut, bisa lunas itu utangnya... Akhirnya koperasinya yang rugi," tulis akun firman24ella11. 

"Harus pake cara apalagi buu kalo gak begitu mau pake cara ditabok mulutnya karena saya pernah ngalamin nagih utang nagih uang sendiri harus nyembah2. Pas ngutang pasang wajah welas asih pas mau ditagih pasang taring bagaikan singa. Yang pernah ngalamin pasti setuju dc nya" tulis akun choirula92. 

Tak Bayar Hutang, Penagih Coret Tembok Nasabah dengan Tulisan

Ada-ada saja aksi penagih hutang yang unik dan nyeleneh. Hal itu semata-mata agar si penghutang segera melunasi hutangnya. 

Untuk itu, bagi penghutang juga harus sadar diri untuk bertanggung jawab atas pinjamannya. Jangan sampai berbuat semena-mena dan seenaknya sendiri. 

Bagi penagih hutang, alangkah baiknya untuk tetap melakukan cara-cara menagih hutang yang etis dan baik, supaya perilakunya tak justru berdampak pada masalah lain. 

SHARE ARTIKEL