Mbah Lasiyo, Petani Pisang Go International, Ceritakan Modal Usaha '3M dan Pelihara Tuyul'

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 16 Oct 2020

Mbah Lasiyo, Petani Pisang Go International, Ceritakan Modal Usaha '3M dan Pelihara Tuyul'

Potret Mbah Lasiyo - Image from www.indozone.id

Dijuluki Professor Pisang

Sukses menangkarkan bibit pisang ekonomis membuat Mbah Lasiyo yang tak pernah mengenyam pendidikan dijuluki Profesor Pisang. Ia juga membagikan modal usaha yang ia gunakan yakni 3M dan pelihara tuyul, ini penjelasannya. 

Belakangan ini viral sebuah video yang menampilkan seorang pria yang memberikan tips untuk membuat usaha atau bisnis jadi maju. 

Pria tersebut menyebutkan bahwa untuk membuat usaha dibutuhkan modal 3 M. Bukan uang 3 Milyar, 3 M yang dimaksud adalah Melihat, Memahami dan Melaksanakan. 

Selain itu, beliau juga menyebutkan bila ingin lebih sukses lagi pebisnis harus memelihara 'TUYUL'.

"Untuk usaha itu, kita modalnya adalah 3 M, M satu adalah melihat, M dua adalah memahami, dan M tiga melaksanakan. Jika dilakukan dengan baik dan benar Insya Allah akan berhasil, tapi bila ingin berhasil lagi, bila kita memelihara 'TUYUL'," ujar pria tersebut.

Hal tersebut pun membuat syok warganet di media sosial. Namun ternyata video tersebut telah dipotong dan kata tersebut memiliki kepanjangan.

Dilansir dari laman Youtube Kementerian Pertanian RI, pria tersebut dikenal dengan nama Mbah Lasiyo. 

Beliau merupakan petani pisang di Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau yang akrab dipanggil Profesor Pisang. 

Julukan tersebut tidak didapatkan dengan cuma-cuma, beliau diketahui sukses menangkarkan bibit pisang yang bernilai ekonomis.

Bahkan di halaman rumahnya, ada ratusan bibit varietas pisang dari berbagai penjuru daerah. Mulai dari pisang raja bagus, raja bulu dan kepok kuning, pisang ambon kuning, hingga pisang susu dan masih banyak lainnya

Nah, sementara itu untuk kata 'TUYUL' sendiri bukanlah berkaitan dengan makhluk mitos, namun ternyata memiliki kepanjangan. 

"Tuyul itu mitos, itu singkatan, "TUYUL" itu T adalah taat, U = usaha, Y = yakin, U = ulet (inovasi), L = lincah," jelasnya pada video tersebut.

Meskipun dirinya tidak mengenyam bangku sekolah, pria ini memiliki banyak pengetahuan tentang tanaman pisang. Bahkan ia Ia juga telah menerima banyak penghargaan dari lokal hingga internasional.


Wah menarik yaa, yuk kita terapkan prinsip 3 M dan pelihara tuyul yang dijadikan pedoman oleh Mbah Lasiyo. 

Semoga semangat dan prinsip Mbah Lasiyo bisaa menginspirasi para pengusaha muda di Indonesia.

SHARE ARTIKEL