Kabar Gembira, Seluruh Tenaga Honorer akan Dapat BLT 600 Ribu Per Bulan

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 16 Sep 2020

Ilustrasi tenaga honorer - Image from beritadiy.pikiran-rakyat.com

Alhamdulillah, seluruh tenaga honorer bisa dapat BLT 

Bukan hanya tenaga honorer yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan saja yang dapat, melainkan seluruhnya. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, ini penjelasannya. 

Seluruh tenaga honorer akanmendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 600 ribu per bulan. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato, pada Senin 14 September 2020.

Airlangga menjelaskan bahwa pemerintah sedang membuat kajian lebih dalam guna memberikan bantuan subsidi upah (BSU) kepada semua tenaga honorer. 

"Terkait tenaga honorer, pemerintah membuat kajian dimana tenaga honorer juga akan diberikan bantuan," kata Airlangga dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin 14 September 2020.

Ia menjelaskan bahwa saat ini sejumlah tenaga kerja honorer sudah mendapatkan BSU. Namun untuk sebatas mereka yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Hal tersebut, lanjut dia, akan terus diperluas supaya seluruh tenaga kerja honorer bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Karena sebagian kecil ada yang sudah mendapatkan bantuan dari data BPJS Ketenagakerjaan dan ini akan diarahkan ke seluruh tenaga honorer. Kita siapkan program dan detailnya," kata dia.

Dia juga menambahkan, pemerintah akan melanjutkan Program Kartu Prakerja bagi karyawan informal yang terdampak. 

Saat ini, sebanyak 5,6 juta sudah mendaftarkan diri untuk program tersebut hingga bulan September.

"Kartu Prakerja dibahas kemenkeu, dilihat potensi yang mana tenaga kerja informal yang terdampak. Saat ini ada 3,8 juta sudah mendaftar dan hingga September sudah mencapai 5,6 juta," jelasnya.

Semoga dengan adanya bantuan ini bisa meringankan tenaga honorer dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Terlebih dengan gaji yang kecil, mereka sebenarnya menjadi orang terdepan yang layak untuk mendapatkan bantuan. 

Harapannya, dana bantuan ini akan segera cair dan bisa dinikmati oleh tenaga honorer. 

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb