Simak, Ini Rincian Pembagian Kuota Internet untuk Siswa, Mahasiswa, Guru dan Dosen

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 28 Aug 2020

Nadiem Makarim - Image from kumparan.com

Besaran kuota tidak sama 

Besaran kuota tersebut rencananya akan diberikan selama 3-4 bulan. Prediksinya akan diberikan hingga bulan Desember. Tidak hanya kuota, pemerintah juga menjanjikan akan memberi tunjangan pada guru. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR membeberkan pihaknya telah mendapatkan persetujuan dari Kemenkeu untuk subsidi kuota internet selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat pandemi dan tunjangan profesi guru. 

Nadiem menjelaskan total dua anggaran itu Rp 8,9 T, dengan rincian subsidi kuota internet atau pulsa senilai Rp 7,2 triliun selama tiga atau empat bulan ke depan hingga Desember 2020.

Rincian pemberian kuota ialah sebagai berikut, setiap siswa akan mendapatkan kuota internet 35 GB per bulan, sementara guru 42 GB, dan mahasiswa-dosen 50 GB. 

"Kami telah melakukan perjuangan internal untuk bisa mendapatkan anggaran tambahan, anggaran baru untuk bisa menjawab kecemasan masyarakat yang nomor satu. Nomor satu di bidang pendidikan sudah jelas: pula, pulsa, pulsa, data, data, data. Ini adalah nomor satu dari semua, data," kata Nadiem saat rapat bersama Komisi X DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/8).

Lebih lanjut Nadiem menjelaskan, dari anggaran Rp 8,9 trilun yang telah disetujui Kemenkeu itu pihaknya juga akan mengalokasikan Rp 1,7 triliun untuk tambahan penerima tunjangan profesi guru dan tenaga kependidikan, tunjangan profesi dosen, dan tunjangan guru besar. 

"Di luar itu kami sudah mengamankan tambahan penerima tunjangan profesi dosen sebesar Rp 1,7 triliun," sebut Nadiem. 

Dengan adanya bantuan kuota ini diharapkan orang tua tidak lagi terbebani perihal biaya belajar daring. Dan bisa fokus terhadap kebutuhan sehari-hari keluarga. 

Selain itu, baik pelajar maupun guru juga bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan tak terhalang kehabisan kuota atau masalah serupa. 

Semoga, bantuan ini segera bisa tersalurkan dan dimanfaatkan dengan baik oleh pihak-pihak yang mendapatkannya.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb