Kesal Warga Geruduk Rumah Kakek yang Terus Hina Islam dan Rasulullah

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 10 Aug 2020

Kesal Warga Geruduk Rumah Kakek yang Terus Hina Islam dan Rasulullah

Apollinaris Darmawan - Image from indozone.id

Tak kunjung menyesali perbuatannya 

Apollinaris Darmawan terus menerus menghina ajaran Islam termasuk Nabi Muhammad. Ia membagikan pesan-pesan provokatif di media sosial untuk memicu keributan dan konflik diantara umat beragama. Begini pesan-pesan yang dibuatnya. 

Sekelompok umat Muslim mendatangi kediaman lelaki tua bernama Apollinaris Darmawan di Jalan Pelita ll, RT 003, RW 004, Kelurahan Jati Pulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu (8/8/2020) malam.

Kesabaran mereka hilang setelah Apollinaris kerap mengunggah kalimat yang menghina ajaran Islam, Nabi Muhammad dan lainnya di media sosial. 

Amarah warga akhrinya bisa dibendung setelah pihak kepolisian datang. Penggalan video warga geruduk kediaman Apollinaris pun akhirnya menjadi viral di media sosial. 


"Apa maksud bapak menghina Islam?" teriak seorang warga.

Apollinaris Darmawan memang sudah tidak asing lagi dalam masalah penistaan agama. Lelaki itu sebelumnya juga pernah berurusan dengan hukum akibat ulahnya, tepatnya di tahun 2016 lalu. 

Saat itu, Apollinaris dilaporkan Fadli Zon atas penerbitan buku "Muhammad Arab Buta Huruf Mengaku Nabi".

Melalui akun @Darmawan220749, Apollinaris memang rajin mengunggah kalimat yang menghina ajaran Islam dan tokoh-tokohnya. 

Mulai dari menyebut Allah SWT bukan Tuhan melainkan setan, Nabi Muhammad pemain perempuan hingga kalimat provokatif untuk mengusir Islam dari Indonesia. 

Kini, Apollinaris kembali membuat heboh dan mengulangi perbuatannya itu. Video warga menggeruduk rumahnya pun kini beredar di berbagai akun di media sosial. 

"SATU LAGI PENISTA AGAMA DI GRUDUK UMAT ISLAM DI BANDUNG. 8 AGUSTUS 2020," tulis akun Facebook Rahmad Rivai.

Simak sederet cuitan Apollinaris Darmawan yang kontroversial berikut:


Menanggapi video penangkapan yang viral di media sosial. Banyak warganet yang membubuhkan komentar. Tak sedikit yang mencaci maki si kakek tua tersebut karena perbuatannya dalam menghina islam yang dilakukan terus menerus. 

"astaghfirullahalazhiiim, buzzer, influencer... harusnya bikin kapok dulu😤udah bertahun-tahun dia menghina islam," tulis akun lainnya. 

"JANGAN sampai DIANGGAP ORANG GILA," timpal akun lainnya. 

Di dunia yang penuh keberagaman seperti ini, seharusnya sudah tak ada lagi isu-isu yang menolak ragam tertentu. Termasuk agama, sebab perbedaan ini bukanlah jadi sesuatu yang harus diributkan, malah perlu disatukan dan diperkuat. 

Oleh sebab itu, perilaku seperti ini, layak untuk segera ditindak agar tak menyebabkan perpecahan dan memicu konflik berkepanjangan. Serta sebagai hukuman agar tak lagi ada yang berani mengulangi perbuatan yang sama.

SHARE ARTIKEL