Detik-detik Jagal Tewas Terbujur Kaku di Atas Hewan Kurban yang akan Disembelih

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 01 Aug 2020

Detik-detik Jagal Tewas Terbujur Kaku di Atas Hewan Kurban yang akan Disembelih

Jagal ambruk diatas hewan kurban - Image from news.okezone.com

Persis saat mau menyembelih, korban ambruk di atas domba

Jika sudah jadi takdir dari Allah SWT, maka tak ada satupun orang yang bisa mencegahnya. Sebelumnya korban sudah menyembelih seekor sapi dan kambing, tapi pada proses menyembelih ketiga, kroban langsung ambruk tak sadarkan diri.

Seorang tukang jagal meninggal dunia di atas hewan kurban yang akan disembelihnya di Kampung Gunung Dongkol, Kelurahan Setiaratu, Kecamatan Cibereum, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), Jumat (31/7/2020). 

Video detik-detik saat korban ambruk direkam warga dan menjadi viral di media sosial. 

Korban diketahui bernama Epin Supriatna (50), duda beranak dua, warga Kampung Gunung Dongkol. Korban langsung dibawa oleh warga ke Instalasi Gawat Darat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soekardjo Kota Tasikmalaya. Namun sayangnya nyawa korban tidak bisa diselamatkan.

Kronologis Kejadian

Informasi dari warga, sebelum kejadian nahas itu, korban sudah selesai menyembelih satu ekor sapi dan satu ekor domba. Namun, saat korban akan menyembelih domba yang kedua, tiba-tiba tubuh korban ambruk di atas domba. 

Sejumlah warga yang ikut membantu menyembelih pun kaget melihat korban sudah dalam kondisi lemas dan tak berdaya.

Menurut ketua panitia kurban, Mamun (65), sebelum melakukan penyembelihan, warga sudah melakukan rapat terlebih dulu. Saat itu, korban yang sudah biasa menyembelih hewan kurban bersedia dan menyatakan sudah sembuh dari penyakitnya.

Ketika korban menyembelih hewan kurban pertama, yakni sapi dan yang kedua domba, semua berjalan dengan lancar. Mamun juga terlihat tidak mengalami kendala apapun saat melakukan tugasnya.

Namun, saat menyembelih domba kedua, korban langsung jatuh tersungkur di atas domba yang akan disembelihnya.

“Saat itu sempat ditanya apakah sehat, dan dia menjawab kuat menyembelih hewan kurban,” kata Mamun.

Dia mengungkapkan, saat di lokasi pemotongan hewan kurban, korban terlihat sudah meninggal dunia. 

Namun, untuk memastikan kondisinya, korban langsung dibawa ke RSUD Dokter Soekardjo Kota Tasikmalaya dan dinyatakan sudah meninggal dunia. 

Mamun juga mengatakan, untuk Idul Adha tahun ini, warga Kampung Gunung Dongkol, Kelurahan Setiaratu, Kecamatan Cibereum, menyembelih hewan kurban satu sapi dan tiga domba. Daging hewan kurban itu disalurkan untuk 196 kepala keluarga (KK) warga setempat.

Keluarga Korban Sudah Ikhlas 

Sementara menurut kakak korban, Aan (60), pihak keluarga sudah menerima kejadian yang dialami sang adik sebagai takdir. Semasa hidup, korban memang punya sakit darah tinggi dan lambung. 

Namun, sebelum memotong hewan kurban, korban memang sudah sembuh dan sudah diperiksakan ke dokter.

“Sudah biasa menyembelih domba dan sapi, baik untuk kurban atau untuk acara sukuran atau aqiqahan,” ujar Aaan.

Penyebab korban tewas belum diketahui, namun diduga terkait penyakit yang sudah dideritanya sejak lama. 

Setelah dimandikan dan disalatkan, jenazah korban langsung dimakamkan di tempat permakaman umum (TPU) yang berada tidak jauh dari tempat tinggal korban.


SHARE ARTIKEL