4 Keutamaan Shalat Malam, Shalatnya Orang Baik dan Shaleh

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 06 Aug 2020

4 Keutamaan Shalat Malam, Shalatnya Orang Baik dan Shaleh

Ilustrasi shalat malam - Image from m.tribunnews.com

Yuk, tunaikan shalat malam 

Shalat malam ini memang terasa berat jika baru mulai dibiasakan. Namun sungguh bagi siapapun yang melakukannya meski hanya sekali saja, pasti akan merasakan kenikmatan dalam menunaikannya. Berikut adalah 4 keutamaan menunaikan shalat malam.

Sholat malam memiliki kedudukan yang sangat tinggi di hadapan Allah SWT. Rasulullah SAW tak pernah melewatkan waktu malamnya untuk bermunajat sebagai ungkapan rasa syukurnya kepada Allah SWT. 

"Dan pada sebagian malam bershalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS Al-Isra [17]: 79).

Ayat di atas merupakan perintah Allah SWT kepada hamba-Nya yang ingin meraih kesuksesan dan kemuliaan hidup, baik di dunia maupun akhirat. 

Shalat di tengah keheningan malam saat sebagian besar manusia terlelap dalam buaian mimpi indah, memang sangatlah berat dan tak mudah. 

Namun, bagi hamba Allah yang ikhlas dan ingin meraih keridhaan Tuhannya, mereka rela menghidupkan waktu sepertiga malam untuk mengadu kepada Allah SWT dari berbagai persoalan yang menimpanya. 

Terdapat beberapa keutamaan menunaikan salat malam, berikut ini adalah keutamaannya: 

Shalat Sunnah Paling Utama 

Pertama, merupakan shalat yang paling utama setelah shalat fardu. 

Rasulullah SAW bersabda, "Shalat yang paling utama setelah shalat fardu adalah shalat yang dilakukan di keheningan malam." (HR Muslim, Tirmidzi, dan Nasa'i).

Shalatnya Orang Saleh 

Kedua, shalat sunnah juga disebut sebagai shalatnya orang-orang yang baik dan saleh. 

Rasulullah SAW bersabda, "Semoga Allah menjadikan kalian dapat melaksanakan shalat seperti shalat yang dilaksanakan oleh orang-orang yang baik. Mereka melaksanakan shalat pada malam hari dan berpuasa pada siang hari. Mereka tidak termasuk bagian dari penguasa dan orang-orang yang durjana." (HR Bukhari).

Upaya Menghapus Dosa dan Mencegah Penyakit 

Ketiga, shalat malam adalah kebiasaan orang-orang yang saleh dan sarana melebur dosa serta mencegah penyakit. 

"Hendaklah kalian menjalankan shalat malam karena ia merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Ia merupakan sarana mendekatkan diri kepada Tuhan, pelebur kejelekan, pencegah dosa, dan pengusir penyakit." (HR Ath-Thabrani dan Al Hakim).

Kemuliaan Orang yang Beriman 

Keempat, shalat malam ini termasuk dalam kemuliaan orang beriman. 

Rasulullah SAW bersabda, "Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, sesungguhnya kamu akan mati. Cintailah siapa saja yang kamu kehendaki, sesungguhnya kamu akan berpisah dengannya. Dan, berbuatlah sesukamu, sesungguhnya kamu akan mendapat balasan atas perbuatan itu." 

Lalu, ia berkata, "Wahai Muhammad, kemuliaan orang yang beriman terletak pada shalat malam. Kemuliaannya jika terletak pada terlepasnya ia dari ketergantungan terhadap manusia." (HR Ahmad, Ibnu Khuzaimah, dan Baihaqi).

Sungguh begitu besarnya keutamaan menunaikan shalat malam. Namun, untuk bisa melaksanakannya dibutuhkan kemauan kuat dan niat tulus supaya tidak menjadi beban saat menunaikannya. 

Betapa pun beratnya, hendaklah kita mengikuti jejak orang-orang saleh yang selalu menunaikan shalat malam. Dan semoga kita juga termasuk dalam golongan orang-orang baik nan shaleh. Aamiin ya robbal 'alamin.

SHARE ARTIKEL