Gara-gara Sering Minum Boba, Remaja ini Tak Bisa Berdiri Hingga Tangan Bengkak

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 28 Jul 2020

Kolase boba dan tangan bengkak - Image from www.indozone.id

Apapun jika berlebihan itu tidak baik 

Pemuda ini sudah kecanduan dengan boba. Bahkan tak ada seharipun tanpa minuman manis favoritnya ini. Hingga suatu ketika, ia dilarikan ke rumah sakit karena tangannya bengkak dan bahkan tak berdiri. Begini penjelasan dokter.

Boba atau milk tea merupakan minuman kekinian yang banyak disukai oleh berbagai kalangan. Tak hanya menarik kalangan anak muda saja, minuman manis ini juga digemari mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Saat ini, bukan suatu hal yang sulit untuk menemukan toko-toko yang menjual minuman manis ini.

Namun, bagi kamu yang menyukainya harus hati-hati ya. Sebab terlalu sering meminum boba dapat membahayakan kesehatan. 

Alami Radang Sendi 

Seperti pengalaman seorang remaja yang dirawat di rumah sakit setelah ia mengalami efek samping akibat minum bubble tea terlalu banyak. 

Remaja yang berusia 18 tahun yang tak disebutkan namanya ini berasal dari Provinsi Guangdong Selatan China.

Ia dibawa ke rumah sakit terdekat setelah merasakan sakit dan peradangan pada persendian tangan dan juga kakinya. 

Remaja tersebut mengaku minimal dalam sehari ia meminum bubble tea satu gelas. Padahal kandung gula dalam satu gelas sangat tinggi. Sebelum ia dirawat oleh dokter ia sempat mengalami gejala gout atau radang sendi.

Dikutip dari laman News.com.au, remaja tersebut tidak bisa menggunakan tangannya untuk beraktivitas dan bahkan sekedar berdiri. Ia mengatakan kakinya seperti berubah menjadi batu karena penumpukkan kristal pada persendiannya. 

Jari-jarinya pun berubah menjadi bengkak dan ukurannya berbeda dari tangan orang normal.

"Ketika pasien tiba, keempat anggota tubuhnya sudah tidak bisa difungsikan," kata rheumatologist Rumah Sakit Zheng Shaoling.

Tangan pasien yang bengkak - Image from indozone.id

Penjelasan Dokter 

Dia menjelaskan bahwa radang sendi muncul dengan gejala termasuk rasa sakit, kemerahan, pembengkakan pada persendirian dan kadar asam urat remaja yang sangat tinggi.

"Kami memberikannya obat anti-inflamasi dan untungnya berhasil mengurangi kadar asam urat," tambahnya.

Sebelumnya, pengalaman serupa juga pernah dialami seorang remaja asal China lainnya juga kecanduan minum boba. Disebutkan ia koma selama lima hari setelah dirinya mengonsumsi boba dalam jumlah banyak. 

Ia sangat menggemari boba, sampai-sampai ia memesan minuman manis ini setiap hari. Bahkan dalam sehari, ia bisa minum 2 gelas boba. Kebiasaan ini terus berjalan hingga sebulan penuh.

Nah pelajaran penting nih bagi para penyuka Boba, boleh-boleh saja sih minum Boba tapi jangan sampai kebablasan ya. Ketahui, minuman manis ini mengandung gula tinggi yang bisa berbaa

SHARE ARTIKEL